PENUGASAN KELAS X TKJ 1

Baca dan pelajari

Perkembangan Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia pada Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin

untuk mempelajarinya silahkan gunakan berbagai media baik buku pelajaran, buku sejarah, google, youtube atau sosmed yang lain. Setelah mempelajararinya silahkan simpulkan dan berikan pendapat tentang masa tersebut menurut pola pikir dan pandanganmu, cantumkan di kolom komentar bawah, dengan format :

Nama :
Kelas :
Sumber Belajar : 
Pandangan / Pendapat : 

Contoh

Nama : Ahmad Fathur Rahman
Kelas : X Mekanik Otomotif
Sumber Belajar : Buku IPS Kelas XII
Pandangan / Pendapat : Menurut saya kehidupan politik dan eknomi pada jaman tersebut ada positif negatifnya, dimana dampak yang d timbulkan sangatlah besar bagi kelangsungan hidup pada bidang sandang, pangan dan papan.

Komentar

  1. Nama:Rizky Nathaniel Lukas
    Kelas:X TKJ 1
    Sumber Belajar:Google
    Pandangan/Pendapat:Pendapat saya, di era tersebut banyak sudah perubahan yang terjadi pada negara ini.Setiap tahunnya ada yang berkembang maupun menurun,dan juga baik dan tidaknya sendiri sangat berdampak pada kehidupan di era tersebut,dimana kebutuhan makanan,pakaian,dan kebutuhan pokok lainnya sangat terpengaruh.

    BalasHapus
  2. Nama : RAFINA ARINITA
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber Belajar : (Google) https://blog.ruangguru.com/sejarah-kelas-12-kehidupan-indonesia-di-masa-demokrasi-terpimpin
    Pandangan / Pendapat : Saat masa Demokrasi Liberal dan terpimpin banyak yang terjadi di kondisi kehidupan Bangsa Indonesia. Seperti perubahan dari kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya. karena hal itu semua nya berpengaruh besar bagi kehidupan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  3. NAMA:RO'UF CAHYADI
    KELAS:X TKJ 1
    SUMBER BELAJAR:GOOGLE
    PANDANGAN/PENDAPAT:menurut saya kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin sangat menyusahkan bangsa dan rakyat indonesia karena berbagai macam hal,salah satunya yaitu biaya hidup yang mahal

    BalasHapus
  4. Nama : Devi Yuliana
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber belajar : google
    Pandangan/ pendapat : Pada saat masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin
    Mempunyai kehidupan yang rumit terlebih dengan kehidupan politik dan ekonomi yang sering berganti ganti dari krisis ekonomi dan tidak meratanya pembangunan .

    BalasHapus
  5. Nama : Anggun Fadillah
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber Belajar : google
    Pandangan / Pendapat : Kondisi ekonomi pada saat masa awal Demokrasi liberal dan terpimpin banyak terjadi perubahan, karena hal itu semua berpengaruh besar terhadap negara,maka dari itu untuk mengatasi keadaan ekonomi pada masa ini, sistem ekonomi berjalan dengan sistem komando, di mana alat-alat produksi dan kebutuhan pokok harus dimiliki dan dikuasai negara

    BalasHapus
  6. Nama:Muhamad tegar Surya p
    Kelas: X TKJ 1
    Sumber belajar: Google
    Pandangan/pendapat:kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin membuat menyusahkan bangsa Indonesia sendiri,maka dari ituh kita harus menyelesaikan nya dengan sistem ekonomi berjalan dengan sistem komando yg tepat

    BalasHapus
  7. Nama:Fadia Agustina
    Kelas: X tkj 1
    Sumber belajar:Google
    Pandangan/pendapat:Meurut saya pada ekonomi masa demokrasi liberal kondisi perekonomian yang buruk menjadi salah satu alasan yang demokrasi terpimpin(1959-1965)gagal diindonesia.sedangkan pada masa demokrasi terpimpin ekonomi adalah keadaan ekonomi dan keuangan indonesia mengalami masa suram
    Pada politik masa demokrasi liberal yaitu NKRI pada saat itu menggunakan UUDS 1950 sampai terbentuknya konstitusi tetap.pada politik masa demokrasi terpimpin yaitu aktivitas partai dibatasi sedangkan kekuasaan presiden sangat mutlak mengakibatkan penataan kehidupan politik menyimpang dari tujuan awal yaitu demokratisasi menjadi sentralisasi

    BalasHapus
  8. Nama: landhep arsa pryangga
    Kelas: XTKJ1
    Sumber belajar : google
    Pendapat :Menurut saya masa² tersebut bisa dibilang gagal karna perkembangan ekonomi nya menurun dan perkembangan politik juga kurang effisien

    BalasHapus
  9. Nama:salsabila
    Kelas: Xtkj¹
    Sumber belajar: GOOGLE
    pandangan/pendapat:menurut saya pada masa demokrasi liberal dan terpemimpin kehidupan ekonominya sangat rendah atau merosot.

    BalasHapus
  10. nama : tri anggara
    kelas : x TKJ 1
    sumber : google
    pandangan/pendapat:
    menurut saya kehidupan politik banyak terjadi masalah seperti masalah" sandang dan pangan,keamanan dalam negeri dan pengembalian irian barat.Sedangkan pada ekonomi masa liberal kondisi ekonomi sangat lah terpuruk akibat pemberontakan-pemberontakan yang terjadi.

    BalasHapus
  11. Nama: Afipah Triyana
    Kelas: X Tkj 1
    Sumber belajar: Google
    Pandangan/pendapat: Pada masa demokrasi terpimpin dan demokrasi liber memiliki banyak dampak yang terjadi seperti kabinet Indonesia sering berganti, munculnya krisis ekonomi, sengketa irian barat, dan keamanan dalam negeri.

    BalasHapus
  12. Nama : Dian Nova Safitri
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber belajar : Google
    Pandangan / Pendapat : kondisi politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin sangat terpuruk dan suram akibat pemberontakan-pemberontakan yang terjadi. sehingga keadaan ekonomi dan keuangan yang semakin buruk pada demokrasi terpimpin menjadikan program pemerintah sulit dilaksanakan, untuk menanggulangi keadaan ekonomi tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan. Krisis demokrasi liberal mencapai puncaknya. kondisi inilah yang menyebabkan stabilitas nasional baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan keamanan terganggu.

    BalasHapus
  13. Nama:Fauzan Rama Alfajri
    Kelas: X TKJ 1
    Sumber belajar: Google
    Pandangan/Pendapat:Situasi negara yang kurang stabil dalam bidang politik dan ekonomi menyebabkan terganggu nya perkembangan politik dan munculnya krisis ekonomi

    BalasHapus
  14. Nama : Aura Febrianti
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber belajar : Google
    Pandangan / Pendapat : Menurut saya kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin terdapat masalah yaitu,masalah-masalah sandang dan pangan,keamanan dalam negeri, dan,pengembalian Irian Barat.
    Terjadi Kebijakan-kebijakan politik yang tentunya tidak lepas dari berbagai kecaman karena adanya penyimpangan. Seperti penerapan Soekarno sebagai Presiden Seumur Hidup. Dan juga tidak lupa kondisi ekonomi pada masa awal Demokrasi Terpimpin sangat terpuruk akibat pemberontakan-pemberontakan yang terjadi.

    BalasHapus
  15. Nama: Agung Febrianto
    Kelas: X TKJ 1
    Sumber Belajar: Google
    Pandangan/Pendapat: Pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin, kehidupan politik dan ekonomi di indonesia sedang terpuruk. Persaingan politik untuk saling menjatuhkan, kehidupan ekonomi merosot.

    BalasHapus
  16. Nama:Nastiarsah
    Kelas: X TKJ 1
    Sumber belajar: GOOGLE
    Pandangan/pendapat:kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin membuat menyusahkan bangsa Indonesia sendiri,dan rakyat Indonesia pun menjalani hidup yg rumit maka dari ituh kita harus menyelesaikan nya dengan sistem ekonomi berjalan dengan sistem komando yg tepat

    BalasHapus
  17. Nama:Farhan Annashr Robbill
    Kelas :X TKJ 1
    Sumber belajar: Google
    https://ilprincipe23.wordpress.com › ...
    SEJARAH INDONESIA : Perkembangan Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa ...

    Atas banyak pemberontakan yang trejadi di era kepemimpinan Soekarno dan Soeharto selaku Presiden mengeluarkan sistem ekonomi komando. Yakni alat - alat produksi harus dimiliki oleh negara dengan penawasan dari negara.

    BalasHapus
  18. Nama:Shela
    Kelas:x tkj 1
    Seumber Belajar:Google
    Pandangan/pendapat:pendapat saya demokrasi liberal yaitu NKRI pada saat itu menggunakan UUDS 1950 sampai terbentuknya konstitusi tetap. Dalam UUDS 1950 ditetapkan bahwa sistem demokrasi yang digunakan adalah demokrasi liberal, sedangkan sistem pemerintahannya adalah kabinet parlemente. Dimana kekuasaan pemerintahan tertinggi dipegang oleh perdana menteri, sedangkan presiden hanya berkedudukan sebagai kepala negara.

    BalasHapus
  19. Nama:David Kurniawansyah
    Kelas:X TKJ 1
    Sumber belajar: Google
    Pandangan/pendapat:pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin rakyat Indonesia mengalami masalah sandang dan pangan,maka dari itu kita harus menyelesaikan dengan sistem komando yang tepat dan adil.

    BalasHapus
  20. Nama: Cindy Ambarwati
    Kelas: X TKJ 1

    Sumber belajar: Google
    Kesimpulan hasil belajar:
    Masa demokrasi Liberal di Indonesia berlaku pada tahun 1949- 1959, ditandai dengan tumbuh suburnya partai politik dan berlakunya kabinet parlementer. Demokrasi Liberal di Indonesia ditandai oleh prestasi politik dan kemelut politik. Prestasi politik berupa pemberlakuan system multipartai dan penyelenggaraan pemilu yang demokratis. Namun, banyaknya partai politik membuat keributan antar partai yang memicu menurunnya perekonomian bangsa. Sedangkan Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi di mana seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara. Demokrasi ini terjadi pada 1959-1965. Pada masa ini terjadi kolaborasi antara kepemimpinan PKI dan kaum borjuis nasional, namun kolaborasi tersebut gagal sehingga menyebabkan Pendapatan ekspor Indonesia menurun, cadangan devisa menurun, inflasi terus menaik dan korupsi kaum birokrat dan militer menjadi wabah sehingga situasi politik Indonesia menjadi sangat labil dan memicu banyaknya demonstrasi di seluruh Indonesia, terutama dari kalangan buruh, petani, dan mahasiswa.

    BalasHapus
  21. Nama : PutraNurCahaya
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber belajar : Google
    Pandangan/pendapat :
    Perkembangan pada masa demokrasi Liberal dan Demokrasi terpimpin perbedaannya jauh lebih baik pada masa demokrasi terpimpin, namun pada kedua masa tersebut perekonomian masih sangat buruk

    BalasHapus
  22. Nama:M haical amir R
    Kls:X tkj 1
    Sumber belajar:google
    Pandangan/pendapat :
    menurut saya pada masa demokrasi liberal dan terpemimpin kehidupan ekonominya sangat rendah atau merosot.

    BalasHapus
  23. Nama: Abdullah sahid
    Kelas: X TKJ 1

    Pandangan/pendapat menurut saya kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin sangat menyusahkan bangsa dan rakyat indonesia karena berbagai kehidkehidupan ekonominya sangat rendah atau merosot

    BalasHapus
  24. Nama: Ahmad Rizky Febrian
    Kelas: X TKJ 1
    Sumber belajar : Google

    Pandangan/Pendapat: Menurut saya, sistem Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin tidak membuat perkembangan Politik dan ekonomi di Indonesia semakin baik.Justru membuat banyak permasalahan yang muncul mulai dari Politik hingga Ekonomi yang ada di Indonesia.Dan banyaknya Pemberontakan massal.Maka dari itu sistem tersebut sudah tidak dipakai lagi,karena banyaknya masyarakat yang mengalami keterpurukan karena masalah ekonomi.

    BalasHapus
  25. Nama : Adelia Putri Indriani
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber : Google
    Pandangan/pendapat :
    Menurut saya, kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin memiliki beberapa masalah, diantaranya :
    Terjadinya masalah tentang sandang dan pangan, keamanan dalam negeri, dan pengembalian Irian Barat.

    Kebijakan-kebijakan politik yang terdapat dalam infografis tentunya tidak lepas dari berbagai kecaman karena terjadinya penyimpangan.
    Sedangkan kondisi ekonomi pada masa awal Demokrasi Terpimpin sangat terpuruk akibat adanya pemberontakan-pemberontakan yang terjadi.

    BalasHapus
  26. Nama: Wandika Anata Chaniago
    Kls: X TKJ 1
    Sumber:Google
    Pandangan /pendapat:menurut saya kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberial dan demokrasi terpimpin kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sangat menurun ditambah dengan adanya wabah penyakit dan psbb yg berlaku di setiap daerah menyebabkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaannya

    BalasHapus
  27. Nama: Arif Gustiana
    Kelas: X Tkj 1
    Sumber Google
    Simpulan:
    Menurut saya Di era tersebut Sudah banyak sekali terjadi perubahan setiap tahun nya pasti ada perkembangan ada penurun pada negara ini dan itu sangat berdampak pada kehidupan manusia seperti kebutuhan dan ekonomi masih banyak lagi

    BalasHapus
  28. Nama : Muhammad imam fauzi
    Kelas : X TKJ 1
    Sumber : Google
    Pandangan/Pendapat : Menurut saya, kehidupan politik dan ekonomi pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpin.
    Pada masa demokrasi terpimpin dan demokrasi liberal memiliki banyak dampak yang terjadi seperti perubahan dari kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya. karena hal itu semua nya berpengaruh besar bagi kehidupan bangsa Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar