PENUGASAN X TKJ 2

Perhatikan...!

1. Lihatlah / tonton Film dokumenter Soekarno
2. Cermati dan pahami
3. Tulis lah sinopsis singkat nya di buku mu dan di tanda tangani oleh orang tua
4. Lakukan komentar pada kolom komentar sebagai bukti kehadiran
5. Format komentar adalah sebagai berikut.

Nama :
Kelas :
Judul Film :
Sinopsis Singkat :
Link Film : (Apabila menggunakan youtube atau layanan internet), apabila menggunakan file yang tersimpan di laptopmu maka Link Film tidak perlu diisi.

Terima kasih, Selamat Belajar....!

Komentar

  1. Nama: Ahmad Baihaqi
    Kelas: X TKJ 2
    Judul film: pidato bung Karno
    Sinopsis singkat:Saudara-saudara sekalian !
    Saya telah minta saudara-saudara hadir disini untuk menjaksikan satu peristiwa maha-penting dalam sedjarah kita.

    Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berdjoang, untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan telah beratus-ratus tahun !

    Gelombangnja aksi kita untuk mentjapai kemerdekaan kita itu ada naiknja dan ada turunnja, tetapi djiwa kita tetap menudju ke arah tjita-tjita.
    Djuga didalam djaman Djepang, usaha kita untuk mentjapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-henti.

    Didalam djaman Djepang ini, tampaknja sadja kita menjandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakekatnja, tetap kita menjusun tenaga kita sendiri, tetap kita pertjaja kepada kekuatan sendiri.
    Sekarang tibalah saatnja kita benar-benar mengambil nasib-bangsa dan nasib-tanah-air didalam tangan kita sendiri. Hanja bangsa jang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnja.

    Maka kami, tadi malam telah mengadakan
    musjawarat dengan pemuka-pemuka rakjat Indonesia, dari seluruh Indonesia. Permusjawaratan itu seia-sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnja untuk menjatakan kemerdekaan kita.

    Saudara-saudara ! Dengan ini kami njatakan kebulatan tekad itu.
    Dengarkanlah proklamasi kami:

    Proklamasi

    Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan
    Kemerdekaan Indonesia.
    Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

    Djakarta, 17 Agustus 1945.
    Atas Nama Bangsa Indonesia,
    SOEKARNO – HATTA.

    Demikianlah saudara-saudara !
    Kita sekarang telah merdeka !
    Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah-air kita dan bangsa kita !
    Mulai saat ini kita menjusun Negara kita ! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, – merdeka kekal dan abadi.

    Insja Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.

    BalasHapus
  2. Nama : Ade Prayoga
    Kelas : X TKJ 2
    Judul film : SOEKARNO
    sinopsis singkat :
    Kisah Perjuangan Bung Karno Meraih Indonesia Merdeka

    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.

    Tak heran, banyak pihak yang tertarik menulis dan mengangkat kisah Soekarno ke layar bioskop.

    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.

    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.


    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.

    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.

    BalasHapus
  3. Nama:Ruan fedriansyah
    Kelas:X tkj 2
    Judul film: Soekarno
    Sinopsis:Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: indonesia merdeka
    Link film:https://youtu.be/bo2dP0LyBlI

    BalasHapus
  4. Nama:Hafidzul qolbu
    Kelas:X TKJ 2
    Judul film:SOEKARNO
    Sinopsis singkat:Indonesia merdeka

    Film ini menceritakan tentang sosok Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Dirilis pada 2013, Soekarno: Indonesia Merdeka tidak hanya menceritakan mengenai Bung Karno sebagai proklamator dan presiden, juga masa-masa sebelum itu, yakni era kolonial.

    Soekarno berjuang sejak masih muda dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada era pergerakan nasional, lalu dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda di Bandung, juga pledoi pembelaannya yang terkenal: "Indonesia Menggugat".

    Pemerintah Hindia Belanda kemudian mengasingkan Soekarno ke Ende (Flores) lalu ke Bengkulu. Selama masa pembuangan ini, Inggit Garnasih selalu setia mendampingi Bung Karno. Nantinya, menjelang kemerdekaan, pasangan ini terpaksa berpisah karena Soekarno jatuh hati kepada Fatmawati.

    BalasHapus
  5. NAMA:Ageng Samudro
    Kelas:X TKJ 2
    judul film:pidato presiden pertama RI ir.suekarno DI PBB
    sinopsis singkat:keterlibatan Amerika terungkap ketika seorang pilotnya tertembak jatuh,Amerika lalu menghentikan dukungan dan berakhirlah pemberontakan itu ,intervensi barat telah ketahuan ,merasa di khianati oleh super power nasionalisme presiden Soekarno terhadap negrinya semakin kuat ,dan ia menjadi lebih berani di panggung internasional ,Sukarno memanfaatkan PBB untuk memprotes keterlibatan barat di wilayahnya
    Isi pidato tersebut:saya benci imperialisme!,saya menentang kolonialisme!!,dan saya curiga terhadap cara cara terakhir mereka,kami bertekad ,bangsa kami dan dunia keseluruhan .
    Tidak lama kemudian Inggris membentuk pemerintahan baru Malaysia di perbatasan Indonesia ,Sukarno tidak di ajak berunding ,karena marah ia meluncurkan kampanye militer melawan kekuatan Inggris untuk menghancurkan Malaysia ,ahli propaganda Inggris Norman reddaway di kirim ke singapur untuk memimpin perang propaganda.
    Link:https://youtu.be/mC8KM2dVxJc

    BalasHapus
  6. Nama:Badrudin
    Kelas:X TKJ 2
    JUDUL FILM:Soekarno Indonesia Merdeka
    Sinopsis singkat:Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

    Film ini menceritakan tentang sosok Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Dirilis pada 2013, Soekarno: Indonesia Merdeka tidak hanya menceritakan mengenai Bung Karno sebagai proklamator dan presiden, juga masa-masa sebelum itu, yakni era kolonial.

    Soekarno berjuang sejak masih muda dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada era pergerakan nasional, lalu dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda di Bandung, juga pledoi pembelaannya yang terkenal: "Indonesia Menggugat".

    Pemerintah Hindia Belanda kemudian mengasingkan Soekarno ke Ende (Flores) lalu ke Bengkulu. Selama masa pembuangan ini, Inggit Garnasih selalu setia mendampingi Bung Karno. Nantinya, menjelang kemerdekaan, pasangan ini terpaksa berpisah karena Soekarno jatuh hati kepada Fatmawati.

    Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    BalasHapus
  7. Nama: Arya Duta Pratama
    Kelas: X TKJ 2
    Nama Film: Soekarno
    Sinopsis singkat:
    menceritakan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dengan tokoh utama Soekarno. Pada waktu kecil, Soekarno bernama Kusno. Karena sering sakit-sakitan, kemudian nama Kusno diganti oleh bapaknya dengan nama Soekarno. Nama ini terinspirasi dari nama tokoh Kurawa yang sesungguhnya berhati mulia yaitu Adipati Karna.

    Pada masa kecil, Soekarno sempat menjalin “cinta monyet” dengan seorang gadis kecil dari Belanda bernama Mien Hessel. Akan tetapi, ayah Mien tidak menyetujui hubungan mereka. Sebab  ayah Mien menganggap bahwa Mien dan Soekarno tidak sederajat. Dari  sinilah rasa nasionalisme Soekarno tumbuh.

    Beranjak dewasa, Soekarno mulai aktif di bidang politik. Pada umur 24 tahun Soekarno berhasil mengguncang podium. Akan tetapi, Soekarno harus dipenjara. Soekarno telah dituduh menghasut dan memberontak.

    Di Bengkulu, Soekarno istirahat sejenak dari politik. Ia menjadi seorang guru di sebuah madrasah. Pada saat itulah hatinya mulai tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dari Soekarno. Inggit adalah seorang istri yang selalu setia menemani Soekarno.

    Di saat rumah tangga Soekarno diguncang masalah, persoalan politik semakin memanas. Pasukan Belanda yang berada di Bengkulu sempat akan memindahkan Soekarno ke Jawa untuk diasingkan ke Australia. Akan tetapi rencana tersebut gagal, sebab Jepang telah dahulu mendarat di Indonesia. Beberapa petinggi tentara Belanda dieksekusi oleh tentara Jepang.

    Berbeda dengan Belanda, Jepang justru membantu Soekarno untuk dibawa kembali ke Jawa. Tujuan Jepang adalah memanfaatkan Soekarno untuk menarik hati rakyat agar mendukung program 3 A yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Sahabat Asia, Jepang Pelindung Asia.

    Di tengah situasi genting, Soekarno mengalami masalah rumah tangga. Ia ingin menikahi Fatmawati, akan tetapi tidak ingin menceraikan Inggit. Hingga akhirnya, Inggit mengalah dan meminta untuk diceraikan. Soekarno pun menikahi Fatmawati dan tidak lama kemudian ia digembirakan dengan lahirnya putra pertamanya yang diberi nama Guntur.

    Saat Soekarno, Hatta, Syahrir dan beberapa tokoh “tua” masih mempertimbangkan beberapa hal, pada tanggal 15 Agustus 1945, para tokoh “muda” menculik Soekarno, Hatta dan Fatmawati ke Rengasdengklok.

    Hatta dan Sjahrir, bersaing politik dengan Soekarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Akan tetapi Soekarno mempunyai keyakinan, Jika mereka cerdik, mereka juga bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi sayangnya Syahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Syahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Akan tetapi, hal itu tidak membuat keyakinan Soekarno goyah. Hingga pada akhirnya Jepang telah terbukti kalah.

    Di Jakarta, Laksamana Maeda melaksanakan janji samurainya. Ia meminjamkan rumahnya sebagai tempat merumuskan naskah proklamasi yang diputuskan oleh tiga orang untuk menyusun naskah proklamasi yaitu Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo.

    Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, di depan rumah Soekarno, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Upacara dimulai dengan sambutan singkat dari Soekarno yang dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

    BalasHapus
  8. Nama : M.Dimasrfs
    Kelas : X TKJ2
    Judul film : soekarno indonesia merdeka
    Sinopsis :
    Film ini menceritakan tentang sosok Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Dirilis pada 2013, Soekarno: Indonesia Merdeka tidak hanya menceritakan mengenai Bung Karno sebagai proklamator dan presiden, juga masa-masa sebelum itu, yakni era kolonial.

    Soekarno berjuang sejak masih muda dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada era pergerakan nasional, lalu dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda di Bandung, juga pledoi pembelaannya yang terkenal: "Indonesia Menggugat".

    Pemerintah Hindia Belanda kemudian mengasingkan Soekarno ke Ende (Flores) lalu ke Bengkulu. Selama masa pembuangan ini, Inggit Garnasih selalu setia mendampingi Bung Karno. Nantinya, menjelang kemerdekaan, pasangan ini terpaksa berpisah karena Soekarno jatuh hati kepada Fatmawati.
    Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, di depan rumah Soekarno, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Upacara dimulai dengan sambutan singkat dari Soekarno yang dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.


    BalasHapus
  9. Nama: Santi Ayu Purnamawati
    Kelas: X TKJ 2
    Judul Film: Soekarno:Indonesia merdeka
    Sinopsis Singkat: Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!
    Link Film: https://m.youtube.com/watch?v=UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  10. Nama : tria wahyuningishih
    Kelas : x tkj 2
    Judulnya: sejarah bung karno dan indonesia
    Kesimpulan:
    Dulunya bernama kusno, karena sering sakit sakitan oleh bapaknya nama kusno di ganti dengan soekarno, di umur 24 tahun soekarno berteriak "kita harus merdeka"sekarang akibatnya dia di oenjara, di tuduh menghasut dan memberontak seperti komunis hatinya tertambat pada gadis muda yang bernama fatmawati padahal saat itu soekarno masih menjadi suami inggitgarnasih perempuan lebih tua dari soekarno yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan di buang.
    Murid indonesia yang bersekolah dengan mayoritas orang belanda. Beliau tinggal bersama ckro aminoto rumahnya berjara 2 kilometer dari sekolah ckro aminoto adalah ketua serikat islam soekarno mengenal mengenal pemimpin pemimpin pergerakan nasional. Kesadaran soekarno muda seokarno menegaskan beliau adalah soerang sosialis bukan seorang komunis

    BalasHapus
  11. Nama :muhammad bilham zulfahmi
    Kelas :x tkj 2
    Nama film :SOEKARNO
    Sinopsis singkat :soekarno sang proklamator

    Kisah ini menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo.

    Nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi nama Soekarno, karena pada saat memakai nama Kusno, Beliau sering sakit-sakitan. Sehingga ke dua orang tuanya mengganti nama menjadi Soekarno, dan diharapkan dapat mempunyai sifat kesatria layaknya Adipati Karno.

    Setelah beranjak dewasa, Bung Karno mulai sadar bahwa negaranya sedang dijajah. Hasil tanaman dan rempah-rempah yang sangat melimpah, separuhnya harus diserahkan kepada Belanda. Dari penindasan tersebut, Bung Karno mulai berpikir dan belajar berpidato untuk disampaikan ke khalayak orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Bung Karno pun giat berlatih pidato, dan sampai puncaknya, Bung Karno berpidato di depan orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Karena pidato Bung Karno menyudutkan pihak Belanda, akhirnya Bung Karno dipenjara selama dua tahun dan diasingkan ke ND, lalu ke Bengkulu. Setelah diasingkan dan di Bebaskan, semangat Bung Karno malah semakin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia.
    Bung Karno menikah dengan seorang wanita yang bernama Inggit Ganarsih, yang usianya 12 tahun lebih muda Bung Karno. Tetapi selama pernikahannya, Inggit dan Bung Karno belum juga dikaruniai seorang anak. Seiring bergulirnya waktu, Bung Karno bertemu dengan seorang wanita cantik yaitu bernama Fatmawati. Setelah bercerai dengan Istrinya, Bung Karno melamar Fatmawati dan menikahinya. Bersama Fatmawati, Bung Karno dikaruniai seorang anak yang bernama Guntur Soekarno Poetra.
    Pada masa itu, penjajah Jepang masuk ke wilayah Indonesia, memukul mundur para penjajah Belanda. Terjadilah sistem kerja paksa, yaitu membuat jalan Anyer sampai Penarukan. Peristiwa ini, banyak orang Indonesia yang meninggal dunia. Karena meraka bekerja tanpa henti dan tidak diberi makan. Akhirnya, Jepang berbelas kasihan kepada rakyat Indonesia. Sebab, rakyat Indonesia sudah banyak membantu pihak Jepang, dan Jepang menjajnikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Dua hari Sebelum pembacaan teks Proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh PUTRA ke Rengasdengklok. Akan tetapi, pada tanggal 16 Agustus 1945, Jepang mengijinkan Ir. Soekarno untuk memproklamairkan kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta, yang sekarang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

    BalasHapus
  12. Nama: NILFAH FAUZIAH
    Kelas: X TKJ 2
    Judul film:[film Dokumenter]Kudeta Soekarno
    Sinopsis singkat:
    Soekarno lahir di tahun 1901 dijawa,pulau paling utama di Indonesia.ia tumbuh di masa penjajahan Belanda yang merendahkan martabat.
    Soekarno adalah seorang nasionalis sejati...
    Yang memimpin gerakan kemerdekaan Indonesia.ia menjadi presiden republik Indonesia tahun 1949.
    Ambisinya menyatukan negeri ini dari keragaman budaya,bangsa dan agama.
    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa,soekarno mampu memikat hati masyarakat Lewat kepandaiannya berpidato.
    Soekarno mendirikan partai Nasional Indonesia,lalu dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda,karena dianggap pemberontak.pemerintah Hindia Belanda kemudian mengasingkan Soekarno ke Bengkulu,soekarno harus mendekam di jeruji besi.
    Link: https://youtu.be/iijqNlMi6hg

    BalasHapus
  13. Nama:EGALITA.L.H
    kelas:X TKJ 2
    judul film:SEJARAH BUNG KARNO & INDONESIA
    sinopsis film singkat:soekarno adalah proklamator indonesia ia adalah presiden pertama negara indonesia. Nama kecil dia Kusno Sosrodihardjo lalu diganti menjadi Soekarno. Dari kecil dia berhrap menjadi seorang pahlawan dan saat dia menginjak dewasa ia sadar bahwa negaranya sedang di jajah, lalu bung karno mulai berfikir dan belajar berpidato untuk melawan penjajah belanda. Karena Pidatonya itu ia sempat di penjara namun setelah bebas semangat bung karno makin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat indonesia. Beberapa tahun kemudian penjajah Jepang datang ke Indonesia dan memberlakukan kerja paksa dan banyak memakan korban. Bung karno tidak tinggal diam dan bertekad untuk segera memproklamasikan kemerdekaan indonesia bersama bung hatta dan para pemuda pemuda indonesia.
    Link film:https://youtu.be/ccbXE3Yp4i8

    BalasHapus
  14. nama:muhammad farhan ramadhan
    kelas: X TKJ 2
    sinopsis:Film ini menceritakan tentang sosok Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Dirilis pada 2013, Soekarno: Indonesia Merdeka tidak hanya menceritakan mengenai Bung Karno sebagai proklamator dan presiden, juga masa-masa sebelum itu, yakni era kolonial.
    dahulu ia lahir dengan nama kusno dan diganti menjadi seokarno karena sering sakit sakitan.

    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Beranjak dewasa, Soekarno mulai aktif di bidang politik. Pada umur 24 tahun Soekarno berhasil mengguncang podium. Akan tetapi, Soekarno harus dipenjara. Soekarno telah dituduh menghasut dan memberontak.
    Beranjak dewasa, Soekarno mulai aktif di bidang politik. Pada umur 24 tahun Soekarno berhasil mengguncang podium. Akan tetapi, Soekarno harus dipenjara. Soekarno telah dituduh menghasut dan memberontak.
    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: indonesia merdeka
    Link film:https://youtu.be/bo2dP0LyBlI

    BalasHapus
  15. Nama:fathir alfiqri
    Kelas:x tkj 2
    Judul film:soekarno
    Sinopsis:Siapa yang tidak mengenal Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. Setiap pelajar pasti mengenyam pendidikan sejarah apapun bentuknya. Bapak proklamator bangsa kita ini sangat disegani dan dikenal di tanah air bahkan seluruh dunia. Sepak terjangnya sebagai Presiden pertama kita dan kepiawaiannya dalam dunia politik Internasional menjadi semangat untuk masyarakat Asia lainnya yang terjajah di masa lalu untuk merdeka. Kemerdekaan Indonesia menjadi inspirasi negara negara Asia-Afrika untuk membebaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme.

    Ceritanya sendiri seperti ‘buku sejarah’. Penggambaran mengenai kehidupan Soekarno terkait dengan masa perjuangan pra-kemerdekaan Indonesia. Adegan dimulai dengan situasi di tahun 1934 saat serdadu marsose pemerintah kolonial Belanda Dutch East Indies menangkap Soekarno dan beberapa rekannya yang tengah berada di rumah Ketua PNI (Partai Nasional Indonesia) Jawa Tengah, dokter Sujudi. Adegan lantas flash-back ke masa kecil Soekarno, dimana saat itu ia yang masih bernama Kusno sakit-sakitan. Ayahnya Raden Soekemi Sosrodihardjo sampai menjalankan ‘laku tirakat’, tidur di bawah ranjang anak lelakinya. Tujuannya adalah agar penyakit itu ‘pindah’ ke tubuhnya. Akhirnya menurut kepercayaan Jawa, nama Kusno dipandang tidak cocok bagi anak itu. Dengan upacara ‘ruwatan’, maka ia pun diganti namanya menjadi Soekarno. Nama ini terinspirasi dari nama tokoh Kurawa yang sesungguhnya berhati mulia, Adipati Karna.
    Link film :https://youtu.be/bo2dP0LyBlI

    BalasHapus
  16. Nama : Amanda nur pratiwi
    Kelas: X Tkj 2

    Judul film : Soekarno & Indonesia

    Sinopsis : Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!

    Link Film: https://m.youtube.com/watch?v=UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  17. Nama:putra cikal Ardian
    Kelas:X TKJ 2
    Judul film: Indonesia merdeka
    Sinopsis singkat:Kita harus segera merebut kekuasaan ! tukas Sukarni berapi-api. Kami sudah siap mempertaruhkan jiwa kami... ! seru mereka bersahutan. Wikana malah berani mengancam Soekarno dengan pernyataan; ... Jika Bung Karno tidak mengeluarkan pengumuman pada malam ini juga, akan berakibat terjadinya suatu pertumpahan darah dan pembunuhan besar-besaran esok hari .

    Mendengar kata-kata ancaman seperti itu, Soekarno naik darah dan berdiri menuju Wikana sambil berkata: Ini batang leherku, seretlah saya ke pojok itu dan potonglah leherku malam ini juga! Kamu tidak usah menunggu esok hari !.saudara-saudara! Dengan ini kami menyatakan kebulatan  tekad itu. Dengarkanlah Proklamasi kami: PROKLAMASI; Kami  bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia . Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta , 17 Agustus 1945. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno/Hatta.   Demikianlah saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi  yang mengikat tanah air kita dan bangsa  kita! Mulai saat  ini kita menyusun  Negara  kita! Negara Merdeka.  Negara Republik Indonesia  merdeka, kekal, dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu. (Koesnodiprojo, 1951).
    Link:https://youtu.be/UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  18. Nama : Ferian Haikel Umam
    Kelas : X TKJ 2
    Judul film : soekarno

    Sinopsis singkat
    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.
    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.
    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.
    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.
    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.
    Meski begitu, Soekarno tetap tegar menghadapi nasib karena mendapat kekuatan dari sang istri, Inggit Garnasih yang diperankan Maudy Koesnaedi yang setia menemani dalam keadaan apapun.
    Namun, rumah tangganya sedikit goncang ketika Soekarno mulai menambatkan hati pada gadis Bengkulu, Fatmawati yang diperankan Tika Bravani.
    Hal tersebut nyatanya tidak memadamkan semangat Soekarno untuk mencapai kemerdekaan.
    Ad
    Usahanya semakin menemui titik terang ketika Soekarno bertemu Hatta yang diperankan Lukman Sardi dan bekerja sama untuk memerdekakan Indonesia.


    BalasHapus
  19. Nama: Devita Rahmaya
    Kelas: x TKJ 2
    Judul Film:
    Soekarno:Indonesia merdeka
    Sinopsis Singkat: Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!
    Link Film: https://m.youtube.com/watch?v=UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  20. Nama:fajar nuralif
    Kelas:X TKJ 2
    Judul film:Soekarno

    Sinopsis singkat

    Kisah ini menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo. Nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi nama Soekarno, karena pada saat memakai nama Kusno, Beliau sering sakit-sakitan. Sehingga ke dua orang tuanya mengganti nama menjadi Soekarno, dan diharapkan dapat mempunyai sifat kesatria layaknya Adipati Karno.
    Setelah beranjak dewasa, Bung Karno mulai sadar bahwa negaranya sedang dijajah. Hasil tanaman dan rempah-rempah yang sangat melimpah, separuhnya harus diserahkan kepada Belanda. Dari penindasan tersebut, Bung Karno mulai berpikir dan belajar berpidato untuk disampaikan ke khalayak orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Bung Karno pun giat berlatih pidato, dan sampai puncaknya, Bung Karno berpidato di depan orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Karena pidato Bung Karno menyudutkan pihak Belanda, akhirnya Bung Karno dipenjara selama dua tahun dan diasingkan ke ND, lalu ke Bengkulu. Setelah diasingkan dan di Bebaskan, semangat Bung Karno malah semakin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia.
    Bung Karno menikah dengan seorang wanita yang bernama Inggit Ganarsih, yang usianya 12 tahun lebih muda Bung Karno. Tetapi selama pernikahannya, Inggit dan Bung Karno belum juga dikaruniai seorang anak. Seiring bergulirnya waktu, Bung Karno bertemu dengan seorang wanita cantik yaitu bernama Fatmawati. Setelah bercerai dengan Istrinya, Bung Karno melamar Fatmawati dan menikahinya. Bersama Fatmawati, Bung Karno dikaruniai seorang anak yang bernama Guntur Soekarno Poetra.
    Pada masa itu, penjajah Jepang masuk ke wilayah Indonesia, memukul mundur para penjajah Belanda. Terjadilah sistem kerja paksa, yaitu membuat jalan Anyer sampai Penarukan. Peristiwa ini, banyak orang Indonesia yang meninggal dunia. Karena meraka bekerja tanpa henti dan tidak diberi makan. Akhirnya, Jepang berbelas kasihan kepada rakyat Indonesia. Sebab, rakyat Indonesia sudah banyak membantu pihak Jepang, dan Jepang menjajnikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Dua hari Sebelum pembacaan teks Proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh PUTRA ke Rengasdengklok. Akan tetapi, pada tanggal 16 Agustus 1945, Jepang mengijinkan Ir. Soekarno untuk memproklamairkan kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta, yang sekarang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

    BalasHapus
  21. Nama : Desinta
    Kelas: X TKJ 2
    Judul film: Soekarno
    Sinopsis:
    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno,
    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno.
    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya,
    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato,
    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.
    link film : https://youtu.be/1GWjiF9BQTM

    BalasHapus
  22. Nama:farida naryantika
    Kelas:x Tkj 2
    Judul Film: Soekarno:Indonesia merdeka
    Sinopsis Singkat: Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!
    Link Film: https://m.youtube.com/watch?v=UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama : RIO FAHREZY
    Kelas : X TKJ 2
    Judul Film : Ir.Soekarno
    Sinopsis singkat :
    Kisah ini menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo. nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka.

    Link Film : https://youtu.be/eP66pvW06vg

    BalasHapus
  25. Nama:Tohru Al-ilmi
    Kelas:X TKJ 2
    Judul film: soekarno indonesia merdeka
    Sinopsis singkat:
    Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!

    BalasHapus
  26. Nama aditya alamsyah
    Kelas X tkj2.
    Judul flim:soekarno
    Sinopsi singkat:
    Pada masa kecil, Soekarno sempat menjalin “cinta monyet” dengan seorang gadis kecil dari Belanda bernama Mien Hessel. Akan tetapi, ayah Mien tidak menyetujui hubungan mereka. Sebab ayah Mien menganggap bahwa Mien dan Soekarno tidak sederajat. Dari sinilah rasa nasionalisme Soekarno tumbuh.
    Beranjak dewasa, Soekarno mulai aktif di bidang politik. Pada umur 24 tahun Soekarno berhasil mengguncang podium. Akan tetapi, Soekarno harus dipenjara. Soekarno telah dituduh menghasut dan memberontak.
    Di Bengkulu, Soekarno istirahat sejenak dari politik. Ia menjadi seorang guru di sebuah madrasah. Pada saat itulah hatinya mulai tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dari Soekarno. Inggit adalah seorang istri yang selalu setia menemani Soekarno.
    Di saat rumah tangga Soekarno diguncang masalah, persoalan politik semakin memanas. Pasukan Belanda yang berada di Bengkulu sempat akan memindahkan Soekarno ke Jawa untuk diasingkan ke Australia. Akan tetapi rencana tersebut gagal, sebab Jepang telah dahulu mendarat di Indonesia. Beberapa petinggi tentara Belanda dieksekusi oleh tentara Jepang.
    Berbeda dengan Belanda, Jepang justru membantu Soekarno untuk dibawa kembali ke Jawa. Tujuan Jepang adalah memanfaatkan Soekarno untuk menarik hati rakyat agar mendukung program 3 A yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Sahabat Asia, Jepang Pelindung Asia.
    Di tengah situasi genting, Soekarno mengalami masalah rumah tangga. Ia ingin menikahi Fatmawati, akan tetapi tidak ingin menceraikan Inggit. Hingga akhirnya, Inggit mengalah dan meminta untuk diceraikan. Soekarno pun menikahi Fatmawati dan tidak lama kemudian ia digembirakan dengan lahirnya putra pertamanya yang diberi nama Guntur.
    Saat Soekarno, Hatta, Syahrir dan beberapa tokoh “tua” masih mempertimbangkan beberapa hal, pada tanggal 15 Agustus 1945, para tokoh “muda” menculik Soekarno, Hatta dan Fatmawati ke Rengasdengklok.
    Hatta dan Sjahrir, bersaing politik dengan Soekarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Akan tetapi Soekarno mempunyai keyakinan, Jika mereka cerdik, mereka juga bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi sayangnya Syahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Syahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Akan tetapi, hal itu tidak membuat keyakinan Soekarno goyah. Hingga pada akhirnya Jepang telah terbukti kalah.
    Di Jakarta, Laksamana Maeda melaksanakan janji samurainya. Ia meminjamkan rumahnya sebagai tempat merumuskan naskah proklamasi yang diputuskan oleh tiga orang untuk menyusun naskah proklamasi yaitu Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo.
    Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, di depan rumah Soekarno, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Upacara dimulai dengan sambutan singkat dari Soekarno yang dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

    BalasHapus
  27. Ardana putra pamungkas3 April 2020 pukul 01.21

    Nama : Ardana putra pamungkas
    Kelas : X TKJ 2
    Judul Film : Soekarno
    Sinopsis Singkat : Kisah Perjuangan Bung Karno Meraih Indonesia Merdeka

    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.

    Tak heran, banyak pihak yang tertarik menulis dan mengangkat kisah Soekarno ke layar bioskop.

    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.

    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.


    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.

    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.

    BalasHapus
  28. nama : khoirul ardiansyah
    kelas : x-tkj2
    judul film: " KETIKA BUNG DI ENDE"
    sinopsis singkat : Film ini menceritakan tentang kehidupan sang proklamator, sang orator ulung di Indonesia yang diasingkan oleh Belanda di Ende dia adalah BUNG KARNO. Bung Karno di asingkan di Ende Flores tidaklah sendirian melainnya bersamaan dengan Mertua, Istri, Anak dan juga 2 orang pembantunya. Ketika itu istri yang menemani Bung Karno di Ende ialah Inggit Karnasih.
    Meskipun Bung Karno dapat tinggal bersama masyarakat Ende tetapi juga di kawal 24 jam oleh polisi Belanda.
    Setelah beberapa hari tinggal bersama masyarakat Ende Bung Karno pun mengakat seorang anak asli Ende untuk menjadi pembantu bung karno yang akan menemani Bung Karno ketika berjalan-jalan keliling Ende, serta seorang perempuan asli Ende yang di angkat menjadi pembatu rumah tanggal pula.

    Hari demi hari Bung Karno dengan ramah nya menyapa masyarakat Ende meskipun tiada satu pun yang di temui Bung membalas sapaan Bung Karno. Dan dari situ lah gairah Bung hidup kembali.

    Bung karno dan keluarga ketika hidup di Ende harus banyak penyesuaain, sejak dari itu lah Bung Karno kepikiran kalau dia akan mengadakan pengajian rutin di rumah Bung Karno. Pengajian rutin di rumah Bung Karno membuat rumah Bung Karno menjadi ramai lagi dan masyarakat Ende sudah mulai bisa berbaur dengan Bung Karno. Bukan hanya dengan yang beragama islam saja bung karno juga bisa berbaur dengan pendeta atau pastor asli Belanda yang ada di Ende tersebut, dengan kepintaraan dan kecerdasan serta ketulusan Bung untuk membebaskan Indonesia dari pengaruh Imperialisme, Kolonoalisme.

    Setelah dapat mengambil hati rakyat Ende akhirnya Bung Karno membuat kelompok teater atau drama hal ini bertujuan untuk agar komunikasi Bung dengan rakyat Ende semakin dekat. Masyarakat Ende tidak ada

    Tema dari teater yang akan di tampilkan Bung ialah tentang Legenda Danau Kalimutu, dalam teater ini Bung Karno berharap agar masyarakat Ende tidak boleh percaya setan, roh halus dan lain sebagainya sebab masyarakat Ende tidak akan bisa maju jika masih percaya akan hal-hal yang seperti itu.

    Beberapa minggu sebelum pementasan drama Bung Karno meminta izin kepada menir Belanda, tetapi menir Belanda tidak menyetujuinya, dan disinilah terjadi perdebadatan antara Bung Karno dengan menir Belanda, menir Belanda khawatir kalau ada unsur-unsur yang dapat mempengaruhi masyarakat Ende. Perdebatan pun semakin tegang dan Bung pun mau di tangkap namun ketika itu Pastor atau Pendeta datang dan membatu Bung akhir nya pertunjukan teater itu pun bisa di laksanakan aas izin pastor tersebut.
    Beberapa hari setelah pementasan drama selesai Bung Karno pun mendapat kan musibah yaitu meninggalnya mertua nya karena sakit, Bung Karno dan keluarga amat lah sedih. Setelah meninggal nya mertua Bung, Bung pun mulai memikirkan kosep-konsep negara yaitu PANCASILA.

    BalasHapus
  29. Nama : Muhammad Agustya Maldi
    Kelas : X TKJ 2
    Judul film :"perjuangan Bung Karno Meraih kemerdekaan Indonesia"
    Sinopsis:Kisah Perjuangan Bung Karno Meraih Indonesia Merdeka

    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.

    Tak heran, banyak pihak yang tertarik menulis dan mengangkat kisah Soekarno ke layar bioskop.

    Termasuk film garapan Hanung Bramantyo berjudul " Soekarno " yang tayang di penghujung tahun 2013.

    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.

    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.


    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.

    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.

    BalasHapus

Posting Komentar