PENUGASAN X TKJ 1

Perhatikan...!

1. Lihatlah / tonton Film dokumenter Soekarno
2. Cermati dan pahami
3. Tulis lah sinopsis singkat nya di buku mu dan di tanda tangani oleh orang tua
4. Lakukan komentar pada kolom komentar sebagai bukti kehadiran
5. Format komentar adalah sebagai berikut.

Nama :
Kelas :
Judul Film :
Sinopsis Singkat :
Link Film : (Apabila menggunakan youtube atau layanan internet), apabila menggunakan file yang tersimpan di laptopmu maka Link Film tidak perlu diisi.

Terima kasih, Selamat Belajar....!

Komentar

  1. Nama : Puji Rahayu
    Kelas : X TKJ 1
    Judul Film : Dokumenter Soekarno tentang soekarno Indonesia merdeka
    Sinopsis Singkat :
    SOEKARNO INDONESIA MERDEKA 

    Dulunya bernama Kusno. Tubuhnya kurus dan sering sakit-sakitan. Oleh bapaknya Nama Kusno diganti dengan Sukarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi ksatria layaknya Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak : Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak seperti Komunis. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Dia makin menggugat. Pledoinya yg sangat terkenal indonesia Menggugat menghantarkan dia dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.
    Di kota itu Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal saat itu Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih; Perempuan lebih tua dari Sukarno, yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan dibuang. Inggit harus rela melihat sang suami tercinta jatuh cinta dengan gadis lain. Ditengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya. Berahi politiknya kembali menguat. Belanda takluk oleh Jepang. Sesuatu yg dulu dianggap Raksasa bagi Sukarno, kini lenyap. Kemerdekaan Indonesia seolah diambang mata.
    Sementara itu Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno dimasa muda mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda. Tapi Sukarno punya sudut pandang berbeda.
    'Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk upaya meraih kemerdekaan Indonesia' kata Sukarno. Hatta terpengaruh. Tapi Sjahrir tidak. Bekerjasama dengan Jepang sama saja memposisikan Indonesia menjadi bagian dari Fasisme, musuh Amerika-Inggris-Australia. Sukarno tidak peduli. Dia yakin dengan pilihannya: bekerjasama dengan Jepang untuk Indonesia Merdeka. Bersama Hatta, Sukarno berupaya mewujudkan cita-citanya mewujudkan Indonesia Merdeka. Anak-anak muda pengikut Sjahrir mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator, menjual bangsa sendiri ke tangan Fasis. Tapi Sukarno punya pandangan berbeda.
    Kita semua tahu bahwa pada akhirnya Kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 agustus 1945. Tapi apakah itu kemerdekaan yang diharapkan? Jangan-jangan Kemerdekaan itu semata-mata hadiah dari Jepang? Jangan-jangan apa yang kita peringati setiap tahun itu hanyalah upah bagi Sukarno karena telah bekerja untuk Jepang? Bagaimanakah cara Sukarno mewujudkan kemerdekaan itu? Berapa nyawa yang dikorbankan?
    Diatas kereta kuda, haji Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: 'Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu'Kalimat itu selalu dipegang Sukarno untuk mewujudkan mimpinya .... Indonesia Merdeka! 
    Link Film : https://youtu.be/MKOyqVWbJr4 (1)
    https://youtu.be/MKOyqVWbJr4 (2)

    BalasHapus
  2. Nama : Anggun Fadillah
    Kelas : X TKJ 1
    Judul Film : Soekarno
    Sinopsis Singkat :Film Soekarno merupakan film drama Indonesia karya Hanung Bramantyo. Film ini menceritakan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dengan tokoh utama Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu. Pada waktu kecil, Soekarno bernama Kusno. Karena sering sakit-sakitan, kemudian nama Kusno diganti oleh bapaknya dengan nama Soekarno. Nama ini terinspirasi dari nama tokoh Kurawa yang sesungguhnya berhati mulia yaitu Adipati Karna.
    Pada masa kecil, Soekarno sempat menjalin “cinta monyet” dengan seorang gadis kecil dari Belanda bernama Mien Hessel. Akan tetapi, ayah Mien tidak menyetujui hubungan mereka. Sebab ayah Mien menganggap bahwa Mien dan Soekarno tidak sederajat. Dari sinilah rasa nasionalisme Soekarno tumbuh.
    Beranjak dewasa, Soekarno mulai aktif di bidang politik. Pada umur 24 tahun Soekarno berhasil mengguncang podium. Akan tetapi, Soekarno harus dipenjara. Soekarno telah dituduh menghasut dan memberontak.
    Di Bengkulu, Soekarno istirahat sejenak dari politik. Ia menjadi seorang guru di sebuah madrasah. Pada saat itulah hatinya mulai tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dari Soekarno. Inggit adalah seorang istri yang selalu setia menemani Soekarno.
    Di saat rumah tangga Soekarno diguncang masalah, persoalan politik semakin memanas. Pasukan Belanda yang berada di Bengkulu sempat akan memindahkan Soekarno ke Jawa untuk diasingkan ke Australia. Akan tetapi rencana tersebut gagal, sebab Jepang telah dahulu mendarat di Indonesia. Beberapa petinggi tentara Belanda dieksekusi oleh tentara Jepang.
    Berbeda dengan Belanda, Jepang justru membantu Soekarno untuk dibawa kembali ke Jawa. Tujuan Jepang adalah memanfaatkan Soekarno untuk menarik hati rakyat agar mendukung program 3 A yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Sahabat Asia, Jepang Pelindung Asia.
    Di tengah situasi genting, Soekarno mengalami masalah rumah tangga. Ia ingin menikahi Fatmawati, akan tetapi tidak ingin menceraikan Inggit. Hingga akhirnya, Inggit mengalah dan meminta untuk diceraikan. Soekarno pun menikahi Fatmawati dan tidak lama kemudian ia digembirakan dengan lahirnya putra pertamanya yang diberi nama Guntur.
    Saat Soekarno, Hatta, Syahrir dan beberapa tokoh “tua” masih mempertimbangkan beberapa hal, pada tanggal 15 Agustus 1945, para tokoh “muda” menculik Soekarno, Hatta dan Fatmawati ke Rengasdengklok.
    Hatta dan Sjahrir, bersaing politik dengan Soekarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Akan tetapi Soekarno mempunyai keyakinan, Jika mereka cerdik, mereka juga bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi sayangnya Syahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Syahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Akan tetapi, hal itu tidak membuat keyakinan Soekarno goyah. Hingga pada akhirnya Jepang telah terbukti kalah.
    Di Jakarta, Laksamana Maeda melaksanakan janji samurainya. Ia meminjamkan rumahnya sebagai tempat merumuskan naskah proklamasi yang diputuskan oleh tiga orang untuk menyusun naskah proklamasi yaitu Soekarno, Hatta dan Ahmad Soebardjo.
    Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, di depan rumah Soekarno, Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Upacara dimulai dengan sambutan singkat dari Soekarno yang dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya

    BalasHapus
  3. Nama : Muhammad Imam Fauzi
    Kelas : X TKJ 1
    Sipnosis film soekarno:

    Adegan dimulai dengan latar waktu tahun 1934 saat serdadu marsuse pemerintah Belanda menangkap Soekarno dan beberapa rekan beliau yang sedang berada di rumah ketua PNI(Partai Nasional Indonesia) Jawa Tengah, yaitu dokter Sujudi. Lalu, adegan menjadi kembali ke masa lalu(flashback) Soekarno, di mana Soekarno yang dulu bernama Kusno sakit-sakitan. Ayahnya, Raden Soekemi Sosrodiharjo sampai menjalankan ritual ‘laku tirakat’ yaitu tidur di bawah ranjangnya dengan tujuan penyakit tersebut pindah ke tubuhnya. Ternyata menurut kepercayaan Jawa, nama Kusno tak cocok bagi Soekarno. Dengan upacara Ruwatan, namanya diganti menjadi Soekarno. Nama yang terinspirasi dari tokoh Kurawa berhati mulia, yaitu Adipati Karno. Ayah Soekarno ingin Soekarno menjadi anak yang berjiwa ksatria.
    Cerita terus berjalan dan sampai di masa di mana Soekarno merasakan cinta monyet pada gadis Belanda bernama Mien Hessel. Tapi, ayah Mien Hessel tak suka dan kerap mengusirnya karena dianggap tidak sederajat dengannya. Dari situ, rasa nasionalisme Soekarno tumbuh. Soekarno gemar mengikuti rapat- rapat Sarekat Islam yang dipimpin oleh bapak kostnya yakni Haji Oemar Said(HOS Tjokroaminoto). Soekarno makin tertarik pada ide kebangsaan dan mulai belajar berpidato. Karena itu, ia dan rekannya mendirikan PNI. Namun, beliau ditangkap dengan tuduhan menghasut dan berbalut komunis. Beliau dipenjarakan di Bandung. Saat di Bandung, beliau menulis pledool(pembelaan) yang terkenal dan berjudul “Indonesia Menggugat”. Beliau dijatuhi hukuman 4 tahun namun dibebaskan setelah 2 tahun. Pada usia 24 tahun, beliau sudah berpidato di berbagai tempat. Pada umur yang sama pula, beliau pernah dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda karena meneriakkan kata “Kita Harus Merdeka!” di atas podium Sarekat Islam. Soekarno diasingkan ke Ende lalu dibuang ke Bengkulu.
    Saat di Bengkulu, beliau tak punya podium dan massa. Maka, beliau banting setir menjadi seorang guru relawan di sekolah Muhammadiyah. Beliau jatuh cinta pada muridnya, Fatmawati, padahal beliau sudah beristrikan Inggit Garnasih, istri keduanya setelah menceraikan istri pertamanya, Siti Oetari. Saat dilanda bingung oleh masalah rumah tangga, di luar sana Perang Dunia(PD) II mencapai Asia dengan masuknya Jepang yang membom pangkalan angkatan laut AS, Pearl Harbour, Hawaii.
    Indonesia yang saat itu dikuasai Belanda juga ikut jatuh. Datanglah Jepang ke Indonesia. Jepang sangat baik pada Soekarno. Soekarno dibawa ke Jawa sebagai pemanfaatan misi 3A Jepang. Di film ini, digambarkan bahwa Soekarno menjadi ‘mandor’ yang diabadikan menjadi foto sengaja dibuat Jepang untuk alat propaganda. Padahal, Soekarno sedih melihat rakyat Indonesia yang bekerja sebagai romusha di sana.
    Soekarno menceraikan Inggit dan menikahi Fatmawati. Di luar sana, AS membom Jepang, yaitu di Hiroshima dan Nagasaki, dan Jepang menyerah. Para pemuda yang membajak saluran radio BBC mendengar berita ini, termasuk Sjahrir. Lalu mereka membujuk Soekarno-Hatta untuk mengabaikan janji kemerdekaan dari Jepang yang rencananya digelar pada 24 Agustus 1945. Terjadilah peristiwa Rengasdengklok pada 15 Agustus 1945, saat beberapa golongan tua masih mempertimbangkan beberapa hal. Kemudian setelah Soekarno-Hatta dikembalikan ke Jakarta, terjadilah peristiwa penulisan naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. 3 orang yang menyusun naskah proklamasi, Soekarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo. Sementara yang mengetik adalah Sayuti Melik. Lalu, 17 Agustus 1945 terjadi peristiwa proklamasi, beliau tetap membacakan proklamasi meskipun sedang dalam keadaan puasa dan sakit. Acara berlanjut ke pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Bendera tersebut dijahit Fatmawati pada beberapa malam sebelumnya dan saat sedang mengandung anaknya yang pertama.
    Link youtube : https://youtu.be/oMIbxrWVXPg

    BalasHapus
  4. nama:salsabila
    kelaa :XTKJ¹
    sinopsisi :
    Soekarno adalah seorang remaja yang ingin negaranya merdeka,ia mulai dikenal ketika menjadi anggota Jong Java cabang Surabaya pada tahun 1915.kemudia pada tahun 1926 ia mendirikan algene studio club' di Bandung.soekarno di tangkap oleh Belanda akibat aktivitas Soekarno di pnj, istrinya pun membuat dukungan agar Soekarno dibebaskan ,dan pada saat pengasingan di Bengkulu Soekarno jatuh cinta pada Fatmawati yang berkunjung ke pengasingan Soekarno saat itu.dan inggitpun menyadari bahwa suaminya Soekarno menyukai fatmawati.
    Tahun 1940 Jepang mendatangani kesepakatan tiga negara poros bersama Jerman dan Italia ,secara resmi Jepang masuk ke kubu fasis.tahun 1941 Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika serikat,setelah berhasil lalu Jepang menyerang Belanda Indonesian pada Januari 1942.jepang berhasil masuk tepatnya di Tarakan . kalimatan timur lalu saat Jepang menduduki balik papan Soekarno dibawa keluar dengan Bengkulu oleh Belanda hingga Soekarno dan Fatmawati berpisah hingga saling ngirim surat.suatu saat Inggit menerima surat dari Fatmawati yang sebenarnya ditujukkan pada suaminya Soekarno &akhirnya Inggit memutuskan untuk menceraikan Soekarno padahal Soekarno sendiri tidak inggin menceraikan istrinya itu.lalu Soekarno menikah dengan Fatmawati.
    Pada tahun 1944 Belanda kembali untuk balas dendam pada Jepang ,hal ini membuat Jepang menjanjikan kemerdekaan pada Indonesia.hingga pada tanggal 1 Maret 1945 untuk merealisasikan perjanjian pada Indonesia letnan jenderal Saiki shikikan kumakici Harada mengumumkan dibentuknya BPUPKI .dan Fatmawati yang mengandung anaknya sambil menjahit bendera merah putih Bendera Indonesian .pada sidang BPUPKI terbagi atas dua tahap dari yang pertama pada 29 Maret 1945 sampai 31 Maret 1945 merumuskan dasar negara. Kemudian sidang kedua dilakukan dari 10 juli-14 Juli 1945 merumuskan undang undang dasar yang hasilnya sebagai undangan undangan dasar republik Indonesia tahun 1945.
    Pada 6 Agustus 1945 Amerika serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima ,jepang.sementara itu pada 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan hari yang sama dibentuklah PPKI hari itu Indonesia belum mengetahui apa apa tentang nyerangan Amerika serikat kepada Jepang,kemudian pada 9 Agustus 1945 Amerika serikat kembali menjatuhkan bom di kota Nagasaki Jepang. Suatu hari Soekarno dan Hatta akan dibawa kembali ke Jakarta golongan muda sempat ragu jangan sampai Soekarno dan Hatta tidak memproklamasikan kemerdekaan saat sampai di Jakarta.saat kembali ke Jakarta sempat mangedakan rapat dirumahnya laksanakan muda Maeda.setelah itu Soekarno ,Hatta,Ahmad Soebardjo merumuskan proklamasi dan saat 17 Agustus Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan bahwa Indonesia sudah MERDEKAA.
    link film:https://youtu.be/mZW4zWnSWZI

    BalasHapus
  5. Nama: Rafina Arinita
    Kelas: X TKJ 1

    Sinopsis:
    IR Soekarno dikenal sebagai Presiden pertama Republik Indonesia serta pahlawan proklamasi, Sukarno, yang dulu disebut Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Ketika ia lahir, Soekarno diberi nama Koesno Soekarno. Ayahnya bernama Raden Soekemi Soekarno dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Selama hidupnya, Soekarno memiliki 3 istri dan mempunyai 8 anak. Salah satu istri dari Soekarna yang bernama Fatmawati memiliki anak yang bernama Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan thunder. Istri Soekarna yang berikut bernama Hartini memiliki anak yang bernama topan dan Bayu, sementara istri Ketiga yang asli dari jepang bernama Naoko Nemota Kartika mempunyai seorang anak yang bernama Ratna Sari Dewi.

    Saat Soekarno masih kecil, Soekarna tinggal di Blitar dengan Orang tuanya hanya beberapa tahun. Selama sekolah dasar sampai wisuda, Soekarno tinggal di Surabaya, di rumah Haji yang bernama Oemar Tokroaminoto, yang sebagai pendiri politikus veteran Syarikat Islam. Kemudian Soekarno melanjutkan pendidikan di Hogere burger SCHOOL (Hoogere Burger School). Setelah lulus pada tahun 1920, Soekarno pindah ke London dan melanjutkan sekolah tinggi Teknik Atau ITB yang sekarang, Atas Keberhasilannya Soekarna Berhasil meraih gelar"Ir" pada 25 Mei tahun 1926.

    Pada 4 juli 1927, Soekarno mendirikan partai Nasionalis Indonesia ( PNI) Dengan tujuan Indonesia merdeka. Pada tahun 1929, Belanda menangkap Soekarno dan memasukkannya kedalam penjara Sukamiskin.

    Ia diklasifikasikan sebagai seorang tahanan yang berbahaya. Bahkan untuk mengisolasi Sukarno agar tidak menerima informasi dari luar, ia menggabungkan dengan tawanan 'elite'. Kelompok perlawanan ini sebagian besar terdiri dari orang-orang Belanda yang terlibat dalam korupsi, penipuan atau penggelapan. Dalam penjara, Soekarno mengobrol dengan mereka yang bersemangat membahas perjuangan untuk kemerdekaan. Seiring Berjalannya waktu, Sukarno menemukan cara yang lebih canggih untuk mengelabui Belanda. Soekarno menggunakan telur yang telah ditusuk dengan jarum dan tanda itu menandakan pesan, Seperti 1 tanda tusuk telur mengartikan berita baik, 2 tusuk telur berarti teman ditanggkap, dan 3 tusukan berarti tidak ada skala besar serangan terhadap aktivis gerakan kemerdekaan.

    Selama Desember 1929 sampai pada tanggal 31 Desember 1931, Sukarno tidak pernah dijenguk oleh kedua orang tua yang tinggal di Blitar. Menurut Ms. Ward, orangtua Soekarno Raden Soekemi Soekarno dan Ida Ayu Nyoman Rai tidak bisa melihat bahwa mereka dalam posisi lemah.

    Selain itu, menurut Ms. Ward, Soekarno terlihat begitu kurus dan hitam. Tapi Bung Karno beralasan, ia sengaja membuat kulitnya menjadi hitam dengan pekerjaan dan keluar di bawah sinar matahari untuk memanaskan tulang. Karena di dalam sel tidak ada sinar matahari.

    Link: https://www.kompasiana.com/kumaladewiazfar/59ec4863f133446e49419592/kisah-singkat-perjuangan-ir-soekarno

    BalasHapus
  6. Nama : PutraNurCahaya
    Kelas : X TKJ 1
    Sinopsis:

    Ketika beliau masih kecil dan sering sakit-sakitan ayahnya mengganti nama yang semula Kusno menjadi Soekarno. Keluarganya berharap dengan mengganti nama menjadi Soekarna, ia dapat menjadi seorang pemimpin atau kasatria bagi seluruh bangsa Indonesia. Pada saat Soekarno remaja, ia menyukai gadis belanda dan ingin meminang gadis tersebut. Namun hasilnya Soekarno ditolak mentah-mentah oleh ayah gadis itu karena Soekarno adalah anak orang peribumi, sehingga membulatkan tekat Soekarno untuk melawan belanda yang kini menjadi seorang pemimpin. Saat berorasi Soekarno berteriak kita harus merdeka sekarang!!akibatnya Soekarno divonis empat tahun penjara karena dianggap sebagai penghasut dan pemberontak, tetapi keberanian Soekarno tidak pernah padam dan istrinya yang bernama Inggit selalu setia menunggu dan menjenguk Soekarno. Indonesia menggugat membuat Ia dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.
    Selepasnya dari penjara Soekarno menjadi guru untuk anak peribumi, saat mengajar ia jatuh hati dengan muridnya yang bernama Fatmawati. Soekarno sering datang ke rumah Fatmawati secara diam-diam, sehingga Fatmawati juga menaruh perasaan yang sama terhadap Soekarno. Soekarno memutuskan untuk menikahi Fatmawati dan meminta izin kepada Inggit istri pertamanya yang selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan, seketika itu Inggit sangat marah karena sudah menganggap Fatmawati itu seperti anaknya sendiri. Soekarno ingin menikah lagi karena Inggit tidak bisa memiliki keturunan. Ditengah carut marutnya hubungan antara Soekarno dengan Inggit pada tahun 1940 Japan dan Italia datang, untuk melakukan penjajahan di wilayah Indonesia. Hatta dan Sahrir, teman politik Soekarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda. Tapi Soekarno mempunyai keyakinan, jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh oleh kata-kata Soekarna namun tidak untuk Sahrir. Kelompok pemuda pengikut Sahrir bahkan mencemooh Soekarna-Hatta sebagai koloborator.
    Soekarno pindah ke Sumatera untuk melindungi diri dari semua itu, dan datanglah tentara Jepang. Tentara Jepang meminta Soekarno untuk bekerja sama agar rakyatnya tidak selalu ditindas, dan Soekarno menyetujuinya. Semua itu dilakukan hanya untuk melindungi rakyatnya. Dari memberikan hasil panen kepada tentara Jepang dan membeli pelacur untuk melayani tentara Jepang, karena anak perawan rakyatnya selalu menjadi korban tentara Jepang maka dari itu Soekarno membeli pelacur.
    Tanggal 9 Juni 1942 Soekarno beserta keluarga dibawa ke Jakarta. Ketika Inggit sedang membersihkan rumah terdapat selembar surat yang sudah dibuang ditempat sampah, ternyata surat itu dari Fatmawati. Akhirnya Inggit ikhlas kalau Soekarno akan menikah lagi, namun Inggit tidak bisa menerima istri ke-duanya maka dari itu Inggit minta diceraikan, lalu menikahlah Soekarno dengan Fatmawati dan dikaruniai anak yang diberi nama Guntur.
    Saat Soekarno bekerja sama dengan Jepang Indonesia kerja paksa (Romusa), penduduk saat itu banyak yang mati dikarenakan perut lapar dan masih disuruh untuk bekerja. Pada tanggal 8 September1944 Soekarno Hatta diberi hadiah yaitu pengibaran bendera merah putih namun hanya pada wilayah tertentu. Jenderal Jepang mengatakan semoga ini awal yang baik untuk mereka (Indonesia). Pada sidang BPUPKI, Soekarno mengatakan dasar negara ada 5 yang diberi nama Pancasila. Ketika Indonesia dijanjikan sebuah kemerdekaan ternyata Hiroshima dan Nagasaki dibom, saat Soekarno diberitahu tentang semua itu ia tidak percaya karena tidak mungkin Jepang mengingkari janjinya, namun semua itu benar.

    BalasHapus
  7. Nama : Dian Nova Safitri
    Kelas : X TKJ 1

    Judul film : Soekarno Indonesia Merdeka

    Sinopsis : Terlahir dengan sebuah nama Kusno, tetapi karena penyebab nama itu jadi ia sering sakit akhirnya diganti oleh ayahnya dengan nama yg baru yaitu Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.
    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya Indonesia Merdeka..

    Link film : https://youtu.be/UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  8. Nama:Landhep Arsa Pryangga
    Kelas:XTKJ1
    Judul: Soekarno; Indonesia merdeka
    Sinopsis:
    Soekarno adalah seorang presiden pertama republik Indonesia, lahir dengan nama Kusno namun ayahnya kerap memanggil dengan sebutan Soekarno. Di umur 24 tahun beliau mengguncang podium dengan berteriak " kita harus merdeka" hingga mendapat kurungan penjara. Soekarno pertama kali menikah dengan seorang wanita bernama Inggit Garnasih, kemudian menikah lagi dengan wanita bernama Fatmawati. Ditengah konflik rumah tangganya Jepang pun datang mengobarkan perang Asia timur raya. Jepang memanglah bengis, tapi Soekarno punya keyakinan jika kita cerdik kita bisa memanfaatkan Jepang utk meraih kemerdekaan. Walau dicemooh para petinggi namun keyakinannya tidak goyah. Hingga pada 17 Agustus tahun 1945 Indonesia dinyatakan merdeka.
    Link yt: https://youtu.be/bo2dP0LyBlI

    BalasHapus
  9. Nama: Ahmad Rizky Febrian
    Kelas: X TKJ 1

    Sinopsis Singkat: Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.

    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya: Indonesia Merdeka!.

    BalasHapus
  10. Nama:Fauzan Rama Alfajri
    Kelas:X TKJ 1

    Sinopsis:

    Lahir dengan nama Kusno, dan karena sering sakit diganti oleh ayahnya dengan nama Soekarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak: Kita Harus Merdeka Sekarang!!! Akibatnya, dia harus dipenjara. Dituduh menghasut dan memberontak. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat, mengantarkannya ke pembuangan di Ende, lalu ke Bengkulu.
    Di Bengkulu, Sukarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang lebih tua 12 tahun dan selalu menjadi perisai baginya ketika di penjara maupun dalam pengasingan. Kini, Inggit harus rela melihat sang suami jatuh cinta. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Berahi politik Soekarno kembali bergelora.

    Hatta dan Sjahrir, rival politik Sukarno, mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dibanding Belanda. Tapi Sukarno punya keyakinan, Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan. Hatta terpengaruh, tetapi Sjahrir tidak. Kelompok pemuda progresif pengikut Sjahrir bahkan mencemooh Sukarno-Hatta sebagai kolaborator. Keyakinan Sukarno tak goyah.

    Sekarang, kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Di atas kereta kuda, Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto berwejang kepada Sukarno muda: Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tetapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu. Kalimat ini selalu dipegang Sukarno sampai dia mewujudkan mimpinya Indonesia Merdeka!

    BalasHapus
  11. Nama:Rizky Nathaniel Lukas
    Kelas:X TKJ 1
    Judul Film:Soekarno 2013

    Sinopsis Singkat:

    Film ini menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo. Nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi nama Soekarno, karena pada saat memakai nama Kusno, Beliau sering sakit-sakitan. Sehingga ke dua orang tuanya mengganti nama menjadi Soekarno, dan diharapkan dapat mempunyai sifat kesatria layaknya Adipati Karno.
    Setelah beranjak dewasa, Bung Karno mulai sadar bahwa negaranya sedang dijajah. Hasil tanaman dan rempah-rempah yang sangat melimpah, separuhnya harus diserahkan kepada Belanda. Dari penindasan tersebut, Bung Karno mulai berpikir dan belajar berpidato untuk disampaikan ke khalayak orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Bung Karno pun giat berlatih pidato, dan sampai puncaknya, Bung Karno berpidato di depan orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Karena pidato Bung Karno menyudutkan pihak Belanda, akhirnya Bung Karno dipenjara selama dua tahun dan diasingkan ke ND, lalu ke Bengkulu. Setelah diasingkan dan di Bebaskan, semangat Bung Karno malah semakin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia.

    Link Film:http://103.194.171.205/soekarno-2013/

    BalasHapus
  12. Nama:Nastiarsah
    Kelas:XTKJ1
    Judul: Soekarno; Indonesia merdeka
    Sinopsis:
    Soekarno adalah seorang presiden pertama republik Indonesia, lahir dengan nama Kusno namun ayahnya kerap memanggil dengan sebutan Soekarno. Di umur 24 tahun beliau mengguncang podium dengan berteriak " kita harus merdeka" hingga mendapat kurungan penjara. Soekarno pertama kali menikah dengan seorang wanita bernama Inggit Garnasih, kemudian menikah lagi dengan wanita bernama Fatmawati. Ditengah konflik rumah tangganya Jepang pun datang mengobarkan perang Asia timur raya. Jepang memanglah bengis, tapi Soekarno punya keyakinan jika kita cerdik kita bisa memanfaatkan Jepang utk meraih kemerdekaan. Walau dicemooh para petinggi namun keyakinannya tidak goyah. Hingga pada 17 Agustus tahun 1945 Indonesia dinyatakan merdeka.
    Link yt: https://youtu.be/bo2dP0LyBlI

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama: Cindy Ambarwati
    Kelas: X TKJ 1

    "Dekumenter Ir.Soekarno"
    Ir.soekarno lahir di zaman penjajahan belanda 6 juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970. Ayah soekarno adalah seorang guru sedangkan ibunya adalah keturunan brahmana kasta tertinggi menurut adat setempat. Bung karno semula diberi nama kusno namun karena dia sering sakit yang ayah kemudian mengganti namanya menjadi soekarno. sejak kecil soekarno sudah me mimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya, sampai ia dewasa ketika usia 24 tahun soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato. soekarno juga membentuk partai nasional sehingga dia dianggap pemberontak dan harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke bengkulu. meski begitu soekarno tetap tegar menghadapi nasib karena mendapat kekuatan dari sang istri inggit garnasih. namun rumah tangganya sedikit guncang ketika soekarno mulai menambatkan hati pada gadis bengkulu yaitu fatmawati. Di tengah situasi genting soekarno ingin menikahi fatmawati tetapi tidak ingin menceraikan inggit. Hingga akhirnya inggit mengalah meminta cerai dan soekarno pun menikahi fatmawati dan melahirkan seorang putra yang bernama guntur.

    Tekad soekarno untuk memerdekakan bangsa Indonesia memang sangat kuat karena ia tak rela melihat rakyat Indonesia tertindas di bawah pemerintahan Jepang ataupun Belanda. Pemerasan, kekerasan, penganiayaan hampir terjadi di setiap detik, menit, maupun jam. Soekarno berusaha membangun partai-partai nasional untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan melawan bala tentara Jepang hingga tercapainya kemerdekaan Indonesia.

    Soekarno pernah terdesak saat sudah sampai di ambang penyerahan Jepang terhadap sekutu oleh golongan muda yang menginginkan kemerdekaan dilaksanakan secepatnya dengan menculik Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh jepang,tetapi golongan tua (Ahmad Soebardjo) terus berusaha meyakinkan golongan muda (sultan Syahrir) untuk membebaskan Soekarno-hatta dan menjanjikan kemerdekaan pada esok hari yakni pada 17 Agustus 1945.

    Setelah soekarno-hatta bebas segeralah mereka ke Jakarta dan merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang di ketik oleh Sayuti Melik, bertanda tangan soekarno-hatta atas nama bangsa Indonesia yang dilakukan di kediaman Laksamana Maeda di jalan Pegangsaan timur no.56. dan pada akhirnya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadilah pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 a.m WIB yang disaksikan langsung di depan rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  15. Nama:Fadia agustina
    Kelas:x tkj 1
    Judul film:kisah perjuangan bung karno meraih indonesia merdeka
    Sinopsis:Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.

    Tak heran, banyak pihak yang tertarik menulis dan mengangkat kisah Soekarno ke layar bioskop.

    Termasuk film garapan Hanung Bramantyo berjudul " Soekarno " yang tayang di penghujung tahun 2013.


    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.

    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.


    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.

    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.
    Link:https://youtu.be/UuhB8EZhPxg

    BalasHapus
  16. Nama : Devi Yuliana
    Kelas : X Tkj 1
    Sinopsis:
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.

    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.
    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.

    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.
    Meski begitu, Soekarno tetap tegar menghadapi nasib karena mendapat kekuatan dari sang istri, Inggit Garnasih yang diperankan Maudy Koesnaedi yang setia menemani dalam keadaan apapun.

    Namun, rumah tangganya sedikit goncang ketika Soekarno mulai menambatkan hati pada gadis Bengkulu, Fatmawati
    Hal tersebut nyatanya tidak memadamkan semangat Soekarno untuk mencapai kemerdekaan.

    Usahanya semakin menemui titik terang ketika Soekarno bertemu Hatta yang dan bekerja sama untuk memerdekakan Indonesia.


    BalasHapus
  17. NAMA:Ro'uf Cahyadi
    KELAS:X TKJ 1
    JUDUL FILM:dokumenter soekarno sampai akhir khayat
    SINOPSIS:Beliau dikenal sebagai founding fathers bangsa Indonesia. Julukan founding fathers ini diberikan kepada 68 orang tokoh Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaannya dari penjajah dan berperan aktif dalam pembentukan formasi negara Indonesia setelah kemerdekaannya.

    Perjalanan hidup seorang Soekarno tidaklah mudah. Beliau dengan gigih membela Bangsa Indonesia agar terbebas dari kekangan para penjajah. Inilah biografi Soekarno singkat yang wajib Anda ketahui sebagai Warga Negara Indonesia, seperti salah satu quotes yang mengatakan “Jas Merah” atau “jangan sekali-kali melupakan sejarah”

    LINK:https://www.youtube.com/watch?v=FbMPSBFCV6U

    BalasHapus
  18. Nama: Abdullah sahid
    Kelas: x TKJ 1
    Sinopsis:
    Kisah ini menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo. Nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi nama Soekarno, karena pada saat memakai nama Kusno, Beliau sering sakit-sakitan. Sehingga ke dua orang tuanya mengganti nama menjadi Soekarno, dan diharapkan dapat mempunyai sifat kesatria layaknya Adipati Karno.
    Setelah beranjak dewasa, Bung Karno mulai sadar bahwa negaranya sedang dijajah. Hasil tanaman dan rempah-rempah yang sangat melimpah, separuhnya harus diserahkan kepada Belanda. Dari penindasan tersebut, Bung Karno mulai berpikir dan belajar berpidato untuk disampaikan ke khalayak orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Bung Karno pun giat berlatih pidato, dan sampai puncaknya, Bung Karno berpidato di depan orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Karena pidato Bung Karno menyudutkan pihak Belanda, akhirnya Bung Karno dipenjara selama dua tahun dan diasingkan ke ND, lalu ke Bengkulu. Setelah diasingkan dan di Bebaskan, semangat Bung Karno malah semakin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia.
    Bung Karno menikah dengan seorang wanita yang bernama Inggit Ganarsih, yang usianya 12 tahun lebih muda Bung Karno. Tetapi selama pernikahannya, Inggit dan Bung Karno belum juga dikaruniai seorang anak. Seiring bergulirnya waktu, Bung Karno bertemu dengan seorang wanita cantik yaitu bernama Fatmawati. Setelah bercerai dengan Istrinya, Bung Karno melamar Fatmawati dan menikahinya. Bersama Fatmawati, Bung Karno dikaruniai seorang anak yang bernama Guntur Soekarno Poetra.
    Pada masa itu, penjajah Jepang masuk ke wilayah Indonesia, memukul mundur para penjajah Belanda. Terjadilah sistem kerja paksa, yaitu membuat jalan Anyer sampai Penarukan. Peristiwa ini, banyak orang Indonesia yang meninggal dunia. Karena meraka bekerja tanpa henti dan tidak diberi makan. Akhirnya, Jepang berbelas kasihan kepada rakyat Indonesia. Sebab, rakyat Indonesia sudah banyak membantu pihak Jepang, dan Jepang menjajnikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Dua hari Sebelum pembacaan teks Proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh PUTRA ke Rengasdengklok. Akan tetapi, pada tanggal 16 Agustus 1945, Jepang mengijinkan Ir. Soekarno untuk memproklamairkan kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta, yang sekarang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

    BalasHapus
  19. Nama:Muhamad tegar surya permana
    Kelas: x tkj 1

    film tentang dokumenter soekarno yang menceritakan tentang perjuangan Sang Proklamator Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Ir. Soekarno atau lebih akrab dipanggil Bung Karno lahir di Blitar, pada tanggal 6 Juni 1901. Nama kecil dari Bung Karno yaitu Kusno Sosrodihardjo. Nama Kusno Sosrodihardjo diganti menjadi nama Soekarno, karena pada saat memakai nama Kusno, Beliau sering sakit-sakitan. Sehingga ke dua orang tuanya mengganti nama menjadi Soekarno, dan diharapkan dapat mempunyai sifat kesatria layaknya Adipati Karno.
    Setelah beranjak dewasa, Bung Karno mulai sadar bahwa negaranya sedang dijajah. Hasil tanaman dan rempah-rempah yang sangat melimpah, separuhnya harus diserahkan kepada Belanda. Dari penindasan tersebut, Bung Karno mulai berpikir dan belajar berpidato untuk disampaikan ke khalayak orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Bung Karno pun giat berlatih pidato, dan sampai puncaknya, Bung Karno berpidato di depan orang banyak dengan tujuan melawan penjajahan Belanda. Karena pidato Bung Karno menyudutkan pihak Belanda, akhirnya Bung Karno dipenjara selama dua tahun dan diasingkan ke ND, lalu ke Bengkulu. Setelah diasingkan dan di Bebaskan, semangat Bung Karno malah semakin menggelora untuk membebaskan penderitaan rakyat Indonesia.

    Link Film:http://103.194.171.205/soekarno-2013/

    BalasHapus
  20. Nama:David Kurniawansyah
    Kelas:X TKJ 1
    judul film :kemerdekaan Indonesia tahun 1945-1949
    sinopsis singkat: Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno,
    Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno.
    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya,
    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato,
    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.
    link film : https://youtu.be/1GWjiF9BQTM

    BalasHapus
  21. Nama: Afipah Triyana
    Kelas: X Tkj 1
    Judul film: Sejarah Singkat Ir. Soekarno
    Sinopsis film singkat:
    Soekarno dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1901 si jln. Lawang sengketeng yang sekarang bernama jln. Pahlawan Bagian Utara kota Surabaya. Nama kecil dia Kusno Sosrodihardjo lalu diganti menjadi Soekarno. Soekarno adalah presiden pertama di negara Indonesia. Tanggal 1 Juni 1945 Soekarno mengucapkan pidato dihadapan sidang BPUPKI yang menawarkan lima prinsip dasar bagi Indonesia merdeka yang kemudian kita kenal sebagai Pancasila usul Soekarno ini secara aklamasi di trima oleh sidang sehingga tanggal 1 Juni di peringati sebagai hari lahirnya Pancasila.
    Tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno membacakan proklamasi di depan rumahnya di Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta.
    Pada tanggal 21 Juli 1970 Soekarno wafat dalam usia 69 tahun akibat komplikasi penyakit yang di deritanya. Pemakaman Soekarno di Blitar. Menunjukkan rasa kecintaanya para rakyat kepada pemimpinya sepanjang jalan sampai di tempat peristirahatan terakhir rakyat berdiri membisu menundukkan kepala sampai meneteskan air mata. Soekarno adalah pemimpin yang Flamboyan di cintai rakyatnya.
    Link film: https://youtu.be/ccbXE3Yp4i8

    BalasHapus
  22. Nama: Agung Febrianto
    Kelas: X TKJ 1
    Judul film: Soekarno(2013)

    Sinopsis singkat:
    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno.Namun karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno yang diperankan Ario Bayu.

    Lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya berpidato.Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.

    Meski begitu, Soekarno tetap tegar menghadapi nasib karena mendapat kekuatan dari sang istri, Inggit Garnasih yang diperankan Maudy Koesnaedi yang setia menemani dalam keadaan apapun.
    Namun, rumah tangganya sedikit goncang ketika Soekarno mulai menambatkan hati pada gadis Bengkulu, Fatmawati yang diperankan Tika Bravani.Hal tersebut nyatanya tidak memadamkan semangat Soekarno untuk mencapai kemerdekaan.

    Link: https://kupang.tribunnews.com/2019/08/17/sinopsis-film-soekarno-karya-hanung-bramantyo-kisah-perjuangan-bung-karno-meraih-indonesia-merdeka

    BalasHapus
  23. Nama :Farhan Annashr Robbill
    Kelas:X TKJ 1

    SOEKARNO adalah seorang proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia yang dilahirkan di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901.Soekarno sering di panggil bung Karno,sudah sejak kecil Soekarno berlatih pidato untuk melawan penjajahan Belanda yang selalu mengambil sebagian hak Indonesia atau rempah-rempah nya.
    Saat Soekarno pidato di depan rakyat Indonesia yang juga di kawal beberapa pasukan Belanda ia menentang pemerintah Belanda untuk mundur dan tidak lagi menjajah Belanda,tetapi ia malah di tangkap oleh Belanda dan di asingkan di Bengkulu.
    Di saat Soekarno di dalam jeruji besi ia pun tidak diam saja, Soekarno menulis pidato untuk memproklamatorkan di depan pemerintah Belanda.setelah Soekarno di bebaskan, semangat Soekarno dan bung Hatta pun semakin menggelora.

    BalasHapus
  24. Nama: Bagas Septiansyah
    Kls : X TKJ 1
    Judul film :Dokumenter Film Soekarno
    Sinopsis singkat :Soekarno di layar Anda adalah sebuah rekaan, sebuah konsep, sebuah kekaguman, dan keterpesonaan Hanung Bramantyo terhadap seorang tokoh besar. Ini sebuah film cerita; bukan film dokumenter, apalagi buku teks sejarah. Pada akhirnya film ini adalah sebuah adaptasi; serangkaian imajinasi seorang sineas yang ditumpahkan untuk tontonan hiburan.

    Ads by Kiosked
    Bahwa sosok yang diperankan Ario Bayu itu diciptakan berdasarkan seorang tokoh besar peletak batu negeri ini, orator ulung, agitator massa, Presiden Indonesia pertama yang kelak juga dikenal sebagai pencinta keindahan (perempuan), sekaligus politikus yang akhirnya terasing di masa wafatnya, itu yang kemudian menjadi persoalan. Seberapa jauh seorang kreator memiliki lisensi untuk mengunggah imajinasinya? Dan seberapa jauh mereka yang merasa "memiliki" dan "mengenal dekat" sosok ini berhak mengklaim "itu bukan orang yang saya kenal"?

    Pertama-tama Soekarno (belakangan sang Presiden menggunakan ejaan baru menjadi Sukarno) adalah milik publik. Itu tak bisa dihapus dan tak bisa diralat. Terlepas dari kecerewetan kita terhadap berbagai detail dalam film ini, kita tetap harus mengakui ini adalah bayangan sang sutradara terhadap tokoh yang dikaguminya itu.



    Hidup Soekarno sejak lahir hingga wafat tidak hanya panjang dan berliku untuk diceritakan hanya dalam satu film sepanjang dua jam. Terlalu banyak peristiwa besar, Belanda, Jepang, Belanda lagi, lantas pengalaman luar biasa membangun negeri yang sangat Bhinneka Tunggal Ika ini. Tidak aneh jika Hanung memilih sebuah fokus: Soekarno kecil hingga kemerdekaan Indonesia. Pilihan yang pragmatis, tapi ternyata tetap mengandung banyak tantangan: dari segi plot, tata artistik, musik, serta yang paling penting dan bakal (atau sudah) disorot dengan tajam adalah soal akurasi sejarah. Dalam setiap film (Indonesia) yang mengambil setting masa lalu, pasti akan ada anakronisme: sesuatu (barang, kostum, atau gerak tingkah laku) yang menjadi milik periode lain dan tak seharusnya menjadi bagian dari adegan itu.


    Anakronisme dalam sebuah film berlatar belakang sejarah adalah sesuatu yang membuat mata penonton gatal-gatal, dan tentu Hanung tahu penonton tidak hanya terdiri atas sejarawan, tapi juga penonton awam seperti saya.

    Soekarno kecil, yang nama aslinya Kusno (diperankan Emir Mahira), jatuh cinta pada seorang noni Belanda. Lantas ayah sang noni dengan murka mengusir Kusno. Dari sini Kusno berpidato sendirian dengan suara menggelegar mencurahkan isi hatinya soal anti-kolonialisme di dalam kamar. Meski sejarah menyatakan betapa Soekarno seorang pembaca buku yang tekun dan mengasah intelektualitasnya dari berbagai buku filsafat yang dibacanya setiap saat, adegan awal soal cinta monyet ini menjadi problem, seolah-olah bangkitnya anti-kolonial dan anti-imperialis Soekarno berasal dari soal noni Belanda.

    Hanung kemudian melompat ke masa muda Kusno yang sudah berubah nama menjadi Soekarno yang menjadi lebih menarik. Pada usia 24 tahun, Soekarno berdiri di atas podium mengaduk emosi massa. "Kita harus merdeka!" Dan segala kata, gerak, dan ucapan Soekarno pun menjadi sihir yang luar biasa. Dia ditangkap. Dipenjara. Pleidoinya yang kelak dikenal sebagai Indonesia Menggugat lantas menyebabkan dia dibuang ke Ende dan ke Bengkulu.

    Ini semua digarap dengan efektif: penggerakan massa, penangkapan Soekarno, pembelaan dengan suara yang lantang, kemudian diberikan serangkaian gambar yang memperlihatkan dia sejenak dibuang ke Ende, lalu ke Bengkulu. Bagian dari hidup Soekarno yang sebetulnya panjang harus disingkat menjadi hanya beberapa menit dengan bantuan teks informasi di layar adalah pilihan Hanung, karena dia merasa peristiwa di Bengkulu lebih menarik diuraikan secara detail. Mengapa? Sebab, di Bengkulu, Soekarno yang sudah beristri Inggit Ganarsih itu bertemu dengan seorang gadis manis bernama Fatima (kelak dikenal sebagai Fatmawati).
    Link youtube :https://youtu.be/xP6NO6Dj0fk

    BalasHapus
  25. Nama : Adelia Putri Indriani
    Kelas : X TKJ 1

    Judul Film : Kemerdekaan Indonesia tahun 1945-1949

    Sinopsis Singkat:
    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno merupakan pahlawan sekaligus tokoh paling inspiratif di negeri ini.
    Film Soekarno ini berfokus pada masa-masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,
    Film Soekarno bermula dari awal kelahiran Bung Karno yang semula diberi nama Kusno. Namun, karena sering dihinggapi penyakit, sang ayah kemudian mengganti namanya menjadi Soekarno.

    Beliau lahir di zaman penjajahan Belanda, sejak kecil Soekarno sudah memimpikan untuk menjadi seseorang yang memerdekakan bangsanya.
    Mimpi tersebut ia bawa sampai dewasa ketika di usia 24 tahun, Soekarno mampu memikat hati masyarakat lewat kepandaiannya dalam berpidato.
    Karena dianggap pemberontak, Soekarno harus mendekam di jeruji besi, bahkan diasingkan ke Bengkulu.

    Link Film : https://youtu.be/1GWjiF9BQTM

    BalasHapus
  26. Nama:Shela
    Kelas :x tkj 1
    Ir. Soekarno (Sukarno) (lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 - 1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya - berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan darat - menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan Ir. Soekarno dari lahir sampai wafat + silsilah keluarga besar dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen. Setelah pertanggung jawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Presiden Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS di tahun yang sama dan mengangkat Soeharto sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia. Masa kecil Ir. Soekarno dari lahir sampai wafat + silsilah keluarga besar Rumah masa kecil Bung KarnoSoekarno dilahirkan dari seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai. Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Singaraja, Bali. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam. Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Kusno Sosrodihardjo oleh orangtuanya. Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama "Karna" menjadi "Karno" karena dalam bahasa Jawa huruf "a" berubah menjadi "o" sedangkan awalan "su" memiliki arti "baik". Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, seorang kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan ke Hoogere Burger School (H.B.S.) di sana sambil mengaji di tempat Tjokroaminoto. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa). Tamat H.B.S. tahun 1920, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung, dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij. Keluarga Soekarno Ir. Soekarno dari lahir sampai wafat + silsilah keluarga besar Kiprah politik Masa pergerakan nasional Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemene Studie Club di Bandung. Organisasi ini menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1927. Aktivitas Soekarno di PNI menyebabkannya ditangkap Belanda pada bulan Desember 1929, dan memunculkan pledoinya yang fenomenal: Indonesia Menggugat, hingga dibebaskan kembali pada tanggal 31 Desember 1931.

    BalasHapus
  27. Nama : Aura Febrianti
    Kelas : X TKJ 1
    Judul film : SOEKARNO ( film documenter )
    Sinopsi singkat :

    Dia adalah soekarno seorang remaja yang ingin negaranya merdeka. Ia mulai dikenal ketika menjadi anggota jong ava cabang Surabaya pada tahun 1915. Kemudian pada tahun 1926 ia mendirikan ASC di bandung. Organisasi ini merupakan cikal bakal partai nasional Indonesia yang kemudian didirikan pada tahun 1927. Aktivitas soekarno di PNJ membuatnya ditangkap bahkan di asingkan. Tahun 1940 jepang mendatangani kesepakatan tiga Negara poros bersama jerman dan italia. Secara resmi jepang masuk ke kubu fasis yang bersebrangan dengan amerika,inggris,Australia dan belanda. Tahun 1941,jepang menyerang pangkalan angkatan laut amerika serikat di pearl harbor,hawai. Setelah berhasil menduduki cina,Filipina, dan singapura. Jepang menyerang indonesi pada januari 1942. Lalu saat jepang menduduki Balikpapan soekarno di bawa keluar dari Bengkulu oleh belanda. Pada tahun 1944,Belanda kemali untuk melakukan pembalasan dendam kepada jepang. Hal ini membuat jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia. Hingga pada tanggal 1 maret 1945 dibentuknya BPUPKI. Kemudian siding BPUPKI kedua dilaksanakan dari 10 juli sampai 14 juli 1945. Yang hasilnya sekarang disebut UUD 1945. Pada 6 agustus 1945 amerika serikat menjatuhkan bom atom di kota hirosima jepang. Sementara itu pada 7 agustus 1945 BPUPKI dibubarkan lalu dibentuk ppki. Sat soekarno kembali kejakarta. Soekarno hatta dan ahmad soebarjo merumuskan proklamasi.

    Link film : https://youtu.be/mZW4zWnSWZI

    BalasHapus
  28. Nama:M Damar Saputra
    Kelas:X TKJ 1
    Judul film: Dokumenter Soekarno
    Sinopsi Singkat:
    Film dokumenter ini akan berkisah tentang peristiwa dari bagian penting dalam perjuangan Soekarno yang terjadi sekitar tahun 1934-1938 di Ende, NTT. Di tempat itu, tepatnya dibawah pohon sukun di pinggir pantai, Soekarno menyusun jati diri bangsa Indonesia yang kita kenal saat ini dengan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

    Di Ende, ia memulai perjuangannya dengan mementaskan kisah perjuangan dan ramalan kejayaan Indonesia di masa mendatang pada salah satu karyanya yang berjudul Doktor Setan dan 1945.

    Pada acara rilis tersebut hadir pula Kartika sebagai perwakilan keluarga besar Soekarno, perwakilan dari Yayasan Bung Karno, perwakilan Yayasan Inggit Garnasih, Peter A. Rohi selaku perwakilan Soekarno Institute, Peter Kasenda, dan Agnes Poesbasari Toto Suryawan Soekarno Putra, dan serta berbagai pihak lainnya.

    Rencananya film ini akan dibintangi oleh Baim Wong sebagai Soekarno dan Ria Irawan sebagai Inggit Garnasih. Untuk mendukung proses shooting, PT. Cahaya Kristal Media Utama sebagai tim pelaksana dan Viva Westi sebagai sutradara.

    BalasHapus
  29. Nama:Arif Gustiana
    Kelas: X Tkj 1
    Sinopsis:
    Dulunya bernama Kusno, karena sakit-sakitan, oleh bapaknya nama Kusno diganti dengan Soekarno. 

    Di umur 24 tahun Soekarno berteriak, "Kita harus merdeka sekarang!".

    Akibatnya dia dipenjara, dituduh menghasut dan memberontak seperti Komunis.

    Dia makin menggugat, pledoinya “Indonesia Menggugat” di pengadilan membuat dia dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.

    Di kota terakhir ini Soekarno istirahat dari politik.

    Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati.

    Padahal saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan lebih tua dari Soekarno, yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan dibuang.

    Inggit harus rela melihat sang suami tercinta jatuh cinta dengan gadis lain.

    Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya.

    Berahi politiknya kembali menguat, kemerdekaan Indonesia seolah di ambang mata.

    Hatta dan Sjahrir, rekan politik Soekarno di masa muda mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda.

    Soekarno punya sudut pandang berbeda, "Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk upaya meraih kemerdekaan Indonesia" kata Soekarno.

    Hatta terpengaruh, tapi Sjahrir tidak.

    Bekerjasama dengan Jepang sama saja memosisikan Indonesia menjadi bagian dari Fasisme.

    Soekarno tidak peduli, dia yakin dengan pilihannya, bekerjasama dengan Jepang untuk Indonesia Merdeka.

    Bersama Hatta, Soekarno berupaya mewujudkan cita-citanya mewujudkan Indonesia Merdeka.

    BalasHapus
  30. nama : tri anggara
    kelas : x tkj 1
    sinopsis :
    Dulunya bernama Kusno, karena sakit-sakitan, oleh bapaknya nama Kusno diganti dengan Soekarno.

    Di umur 24 tahun Soekarno berteriak, "Kita harus merdeka sekarang!".

    Akibatnya dia dipenjara, dituduh menghasut dan memberontak seperti Komunis.

    Dia makin menggugat, pledoinya “Indonesia Menggugat” di pengadilan membuat dia dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.

    Di kota terakhir ini Soekarno istirahat dari politik.

    Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati.

    Padahal saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan lebih tua dari Soekarno, yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan dibuang.

    Inggit harus rela melihat sang suami tercinta jatuh cinta dengan gadis lain.

    Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya.

    Berahi politiknya kembali menguat, kemerdekaan Indonesia seolah di ambang mata.

    Hatta dan Sjahrir, rekan politik Soekarno di masa muda mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda.

    Soekarno punya sudut pandang berbeda, "Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk upaya meraih kemerdekaan Indonesia" kata Soekarno.

    Hatta terpengaruh, tapi Sjahrir tidak.

    Bekerjasama dengan Jepang sama saja memosisikan Indonesia menjadi bagian dari Fasisme.

    Soekarno tidak peduli, dia yakin dengan pilihannya, bekerjasama dengan Jepang untuk Indonesia Merdeka.

    Bersama Hatta, Soekarno berupaya mewujudkan cita-citanya mewujudkan Indonesia Merdeka.

    BalasHapus

Posting Komentar