SUMPAH PEMUDA DAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA



A. Latar Belakang
Hasrat untuk meraih kemajuan bangsa Indonesia muncul ketika banyak pemuda telah mengecap bangku sekolah, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, munculnya surat kabar telah memupuk kesadaran berbangsa dari seluruh lapisan masyarakat bumiputra. Kesadaran ini makin tampak dengan banyaknya organisasi kaum muda, yang mengarahkan tujuannya untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang merdeka.
Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar. Hal ini tampak jelas terutama setelah dilaksanakan Politik Etis di Indonesia. Dibukanya program edukasi telah membuka jalan lahirnya kaum muda terpelajar yang kemudian menggerakkan kesadaran kebangsaan sehingga melahirkan gerakan kebangkitan nasional di Indonesia. Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.
Setelah berhasil menggelorakan Sumpah Pemuda, hampir setiap momen perubahan dan pembaharuan di Indonesia tidak pernah lepas dari peran pemuda. Sebut saja peristiwa Proklamasi Indonesia, penumpasan G30S/PKI dan lahirnya Orde Baru serta gerakan reformasi tahun 1998, kaum muda tampil sebagai penggerak dan pelopor. Peranan mereka dapat menentukan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tetapi sayang dalam kehidupan dewasa ini nilai-nilai kepeloporan kaum muda terpelajar itu tidak sepenuhnya dapat dipahami dan diteladani oleh para remaja, pemuda, dan juga kaum terpelajar, kecuali sebagian kecil. Marilah kita perhatikan gejala dan kehidupan yang nampak pada remaja dan masyarakat kita di berbagai daerah dewasa ini. Munculnya perilaku anarkis di kalangan remaja, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, dan rapuhnya rasa nasionalisme. Tidak sedikit di antara remaja kita yang lebih gandrung dengan budaya dan produk luar negeri ketimbang mencintai budaya dan produk negeri sendiri, juga munculnya rasa etnosentrisme hampir dapat kita jumpai di berbagai daerah.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang mulai rusak-rusakan. Penolakan terhadap seorang pemimpin karena tidak berasal dari suku bangsa yang sama, atau karena perbedaan keyakinan, masih merupakan hal yang sering kali dapat kita lihat dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Hal ini sebagai indikator rendahnya semangat nasionalisme dan jati diri keindonesiaan di lingkungan masyarakat kita.
Sehubungan dengan problem kehidupan remaja dan masyarakat yang mulai melemah semangat keindonesiaannya, penting untuk merevitalisasi nilai-nilai kepeloporan para pemuda yang telah menggelorakan nasionalisme serta prinsip persatuan dan kesatuan bangsa.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas di dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana latar belakang terjadinya Sumpah Pemuda?
2.    Apa yang menjadikan Sumpah Pemuda sebagai tonggak persatuan dan kesatuan?
3.    Bagaimana proses penguatan jati diri keindonesiaan?


PEMBAHASAN
A. Latar Belakang Sumpah Pemuda
Adanya pendidikan/sekolah-sekolah kaum pribumi akan memunculkan kaum terpelajar. Kaum muda terpelajar inilah kemudian memelopori lahirnya kebangkitan nasional di Indonesia. Hal ini juga dipacu oleh adanya surat kabar-surat kabar yang sudah terbit saat itu sehingga mempercepat berkembangnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia. Dengan demikian, berkembanglah masa pergerakan kebangsaan, suatu periode yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa.
Dalam periode pergerakan kebangsaan ini telah terjadi peristiwa yang sangat penting dan monumental, yakni peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini dapat dikatakan sebagai klimaks dari sebuah perjuangan untuk mempersatukan seluruh bangsa menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia. Pada uraian ini kita akan belajar tentang makna nilai-nilai Sumpah Pemuda bagi kehidupan berbangsa, terutama dalam rangka memperkukuh jati diri keindonesiaan.

1. Politik Etis sebagai Pintu Pembuka Pendidikan Modern
Awal abad ke-20, politik kolonial memasuki babak baru, yaitu era Politik Etis, yang dipimpin oleh Menteri Jajahan Alexander W.F. Idenburg yang kemudian menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1909-1916). Ada tiga program Politik Etis, yaitu irigasi, edukasi, dan transmigrasi. Adanya Politik Etis membawa pengaruh besar terhadap perubahan arah kebijakan politik negeri Belanda atas negeri jajahan. Pada era itu pula muncul simbol baru yaitu “kemajuan”. Dunia mulai bergerak dan berbagai kehidupan pun mulai mengalami perubahan.
Pembangunan infrastruktur mulai diperhatikan dengan adanya jalur kereta api Jawa-Madura. Di Batavia lambang kemajuan ditunjukkan dengan adanya trem listrik yang mulai beroperasi pada awal masa itu. Dalam bidang pertanian pemerintah kolonial memberikan perhatiannya pada bidang pemenuhan kebutuhan pangan dengan membangun irigasi. Di samping itu, pemerintah juga melakukan emigrasi sebagai tenaga kerja murah di perkebunan-perkebunan daerah di Sumatera.
Zaman kemajuan ditandai dengan adanya surat-surat R.A. Kartini kepada sahabatnya Ny. R.M. Abendanon di Belanda, yang merupakan inspirasi bagi kaum etis pada saat itu. Semangat era etis adalah kemajuan menuju modernitas. Perluasan pendidikan gaya barat sebagai model pendidikan modern merupakan tanda resmi dari bentuk Politik Etis itu. Pendidikan itu hanya saja menghasilkan tenaga kerja yang diperlukan oleh negara, tetapi juga pada sektor swasta Belanda.
Adanya pendidikan gaya Barat itu membuka peluang bagi mobilitas sosial masyarakat di tanah Hindia/Indonesia. Pengaruh pendidikan Barat itu pula yang kemudian memunculkan sekelompok kecil intelektual bumiputra yang memunculkan kesadaran, bahwa rakyat bumiputra harus mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain untuk mencapai kemajuan. Golongan intelektual bumiputra itu disebut “priyayi baru” yang sebagian besar adalah guru dan jurnalis di kota-kota. Pendidikan dan pers itu pula menjadi sarana untuk menyalurkan ide-ide dan pemikiran mereka yang ingin membawa kemajuan, dan pembebasan bangsa dari segala bentuk penindasan dari kolonialisme Belanda. Mereka tidak memandang Jawa, Sunda, Minangkabau, Ambon, atau apa pun karena mereka adalah bumiputra.

2. Pers Membawa Kemajuan
Pada awal abad ke-20, para priyayi baru menuangkan gagasannya melalui pers (media cetak) mengenai isu-isu perubahan. Isu-isu yang dipopulerkan, yaitu terkait dengan peningkatan status sosial rakyat bumiputra dan peningkatan kehidupan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Kata kemajuan menjadi populer pada saat itu. Kemajuan saat itu diartikan dengan pendidikan, pencerahan, peradaban, modernisasi, dan kesuksesan hidup. Pers merupakan sarana berpartisipasi dalam gerakan emansipasi, kemajuan, dan pergerakan nasional. Pada dekade itu ditandai dengan jumlah penerbitan surat kabar berbahasa Melayu yang mengalami peningkatan. Orang-orang pertama yang aktif dalam dunia pers saat itu adalah orang Indo seperti H.C.O. Clockener Brousson dari Bintang Hindia, E.F. Wigger dari Bintang Baru, dan G. Francis dari Pemberitaan Betawi.
Pada abad itu penerbit Tionghoa mulai bermunculan. Para penerbit Tionghoa itulah yang menjadikan pertumbuhan surat kabar berkembang pesat. Dalam perkembangannya kaum bumiputra juga mengambil bagian. Mereka pada mulanya magang pada jurnalis Indo dan Tionghoa, kemudian peran mereka meningkat sebagai redaktur surat kabar orang Indo dan Tionghoa. Bermula dari itulah para bumiputra itu mendirikan sendiri penerbitan surat kabar mereka. Penerbit bumiputra pertama di Batavia yang muncul pada pertengahan abad ke-20 adalah R.M. Tirtoadisuryo, F.D.J. Pangemanan, dan R.M. Tumenggung Kusuma Utaya, sebagai redaktur Ilmoe Tani, Kabar Perniagaan, dan Pewarta Prijaji.
Di Surakarta R. Dirdjoatmojo menyunting Djawi Kanda yang diterbitkan oleh Albert Rusche & Co., di Yogyakarta Dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai redaktur jurnal berbahasa Jawa, Retnodhoemillah diterbitkan oleh Firma H. Buning. Bermunculannya media cetak itu segera diikuti dengan munculnya sejumlah jurnalis bumiputra lainnya. Mereka adalah R. Tirtodanudja dan R. Mohammad Jusuf. Keduanya adalah redaktur Sinar Djawa, yang diterbitkan Honh Thaij & Co. Djojosudiro, redaktur Tjahaja Timoer yang diterbitkan di Malang oleh Kwee Khaij Khee.
Di Bandung Abdul Muis sebagai redaktur Pewarta Hindia yang diterbitkan oleh G. Kolff & Co. Para jurnalis bumiputra itulah yang memberikan wawasan dan ”embrio kebangsaan” melalui artikel, komentar-komentar mereka dalam surat pembaca, dan mengungkapkan solidaritas diantara mereka dan para pembaca yang sebagian besar adalah kaum muda terpelajar. Misalnya Pewarta Prijaji yang disunting oleh R.M.T. Kusumo Utoyo seorang Bupati Ngawi, yang menyerukan persatuan di kalangan priyayi. Mereka juga mendapatkan dukungan dari simpatisan dan pelanggan dengan 15 cabang di Jawa, Madura, dan Sumatera.
Sementara itu pergerakan kebudayaan “cetak” mulai masuk di beberapa kota kolonial lain, seperti Surabaya, Padang, dan Semarang. Kebudayaan cetak mempermudah kaum terdidik untuk memperoleh informasi. Pada tahun 1901, sebuah majalah bulanan Insulinde diterbitkan atas kerja sama para terpelajar di Kota Padang dengan guru-guru Belanda di sekolah raja (Kweekschool) Bukittinggi, terutama van Ophuysen, ahli bahasa Melayu. Ketua redaksi majalah itu adalah Dja Endar Muda, seorang wartawan keturunan Tapanuli yang juga telah menerbitkan surat kabar Pertja Barat dan majalah bulanan berbahasa Batak, Tapian Nauli. Majalah Insulinde itu disebarkan ke seluruh Sumatera dan Jawa. Majalah itulah yang pertama memperkenalkan slogan “Kemajuan” dan “Zaman Maju”.
Beberapa surat kabar yang kemudian membawa kemajuan bagi kalangan pribumi yaitu Medan Prijaji (1909-1917) dan juga terbitan wanita pertama yang terbit berkala yaitu Poetri Hindia (1908-1913). Seorang editornya yang dikenal yaitu R.M. Tirtoadisuryo memuat tentang tulisannya, bahwa untuk memperbaiki status dagang “pedagang bangsa Islam”, perlu ada organisasi yang anggota-anggotanya terdiri atas para pedagang sehingga “orang kecil tidak bisa dikalahkan karena mereka bersatu”. Ia kemudian dikenal sebagai pendiri Sarekat Dagang Islamijah atau lebih dikenal dengan Sarekat Dagang Islam (SDI)
.
3. Bangkitnya Nasionalisme
Keberadaan kaum muda terpelajar sangat cocok dan responsif terhadap berkembangnya paham-paham baru, apalagi paham yang ikut menggelorakan kemerdekaan. Pada saat itu di Eropa sedang tumbuh subur paham-paham yang terkait dengan kemajuan, kebebasan, kemerdekaan sebagai dampak dari Revolusi Perancis. Paham-paham itu misalnya liberalisme, nasionalisme, sosialisme.
Pada awal abad ke-20, paham nasionalisme memasuki wilayah Indonesia. Perlu diingat bahwa dengan pelaksanaan Politik Etis telah mendorong lahirnya kaum muda terpelajar. Pemikiran mereka semakin rasional, wawasannya semakin luas dan terbuka sehingga memperlancar berkembangnya paham-paham baru di Indonesia. Paham baru itu misalnya nasionalisme. Paham ini telah mendorong lahirnya kesadaran nasional, kesadaran hidup dalam suatu bangsa, Bangsa Indonesia. Kesadaran ini kemudian mendorong untuk merubah dan menyempurnakan strategi perjuangan bangsa yang selama ini telah dilakukan.
Di samping didorong oleh pelaksanaan Politik Etis sebagai pembuka munculnya kaum terpelajar, peran pers/media cetak, dan paham-paham baru, secara eksternal, munculnya kesadaran nasional itu juga dipicu oleh beberapa peristiwa dunia. Misalnya adanya Gerakan Turki Muda, Revolusi Cina, Gerakan Nasional di India dan Filipina.
Sekalipun didorong oleh banyak faktor, kesadaran berbangsa dan kebangkitan nasional yang muncul di Indonesia tidak lepas dari bentuk antitesis terhadap penjajahan dan kekuasaan kolonialisme dan imperialisme Belanda. Kesadaran bersama muncul bahwa untuk melakukan perang melawan kolonialisme dan imperialisme, bentuk dan strateginya harus sudah berubah. Bentuk diplomasi dan melalui berbagai organisasi pergerakan dipandang lebih tepat. Dipelopori oleh kaum terpelajar kemudian lahirlah berbagai organisasi pergerakan nasional. Organisasi pergerakan itu ada yang bercorak sosio-kultural, politik, keagamaan tetapi juga yang sekuler, kedaerahan tetapi ada juga yang nasionalis, ada dari kelompok pemuda tetapi juga ada kelompok perempuan. Dalam strategi ada yang kooperatif dan ada juga non-kooperatif.

B. Sumpah Pemuda sebagai Tonggak Persatuan dan Kesatuan
1. Federasi dan “Front Sawo Matang”
Asas perjuangan PI tidak hanya menginspirasi para muda terpelajar, tetapi juga tokoh-tokoh organisasi pada umumnya. Sebagai contoh Ir. Sukarno. Ia belum juga puas dengan keadaan dan perkembangan organisasi-organisasi yang ada, termasuk PNI sebagai organisasi yang ia pimpin. Perkembangan PNI memang sangat pesat tetapi belum mampu membangun jaringan dan kerja sama dengan organisasi-organisasi yang lain. Oleh karena itu, Ir. Sukarno ingin membentuk wadah yang merupakan gabungan dari berbagai organisasi. Sukarno pernah membentuk Konsentrasi Radikal pada tahun 1922. Konsentrasi Radikal dimaksudkan merupakan wadah penyatuan para nasionalis dan partai-partai yang diwakilinya.
Gagasan tentang persatuan dan kerja sama antarorganisasi itu sudah lama didengungkan oleh PI. Bahkan “persatuan” menjadi salah satu asas perjuangan PI. Tahun 1926 Moh. Hatta dengan tegas menyatakan perlunya diciptakan “blok nasional” yang terdiri atas partai-partai politik (organisasi-organisasi pergerakan), baik yang berbasis komunis maupun yang nasionalis, (baik yang agamis maupun yang sekuler), guna menghadapi penjajahan pemerintah Hindia Belanda. Namun sayangnya pada tahun 1926 dan awal tahun 1927, PKI dengan ambisinya melakukan gerakan sendiri melawan kekuasaan Belanda dan akhirnya dapat dihancurkan oleh Belanda.
Dengan peristiwa itu, maka tokoh-tokoh pergerakan nasionalis semakin bersemangat untuk membentuk kekuatan bersama. Apalagi kondisi politik saat itu yang diwarnai dengan sikap keras dan kejam pemerintah kolonial terhadap organisasi-organisasi pergerakan. Oleh karena itu, sangat diperlukan kerja sama antara berbagai organisasi pergerakan yang ada. Kebetulan juga pada tahun 1927 telah terbit beberapa surat kabar yang memuat tulisan tentang perlunya mengatasi berbagai perbedaan untuk membangun kerja sama yang lebih kokoh.

2. Cita-cita Persatuan
Pada tanggal 15 November 1925 dilaksanakan pertemuan organisasi-organisasi pemuda. Hadir dalam pertemuan itu antara lain perwakilan dari Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Celebes, Pelajar-pelajar Minahasa, Sekar Rukun. Dalam pertemuan ini antara lain dibahas tentang rencana kongres pemuda. Kemudian setelah pertemuan ini juga dibentuk sebuah komite dipimpin oleh Tabrani. Komite ini diberi tanggung jawab untuk menyelenggarakan kongres pemuda.
Setelah dilakukan berbagai persiapan maka pada 30 April-2 Mei 1926, diadakannya rapat besar pemuda di Jakarta, yang kemudian dikenal dengan Kongres Pemuda Pertama. Kongres itu diketuai oleh M. Tabrani. Tujuan kongres itu adalah untuk mencapai perkumpulan pemuda yang tunggal, yaitu membentuk suatu badan sentral. Keberadaan badan sentral ini dimaksudkan untuk memantapkan paham persatuan kebangsaan dan mempererat hubungan antara semua perkumpulan pemuda kebangsaan.
Gagasan-gagasan persatuan dibicarakan dan juga dipaparkan oleh para tokoh dalam kongres itu. Sumarto misalnya, tampil sebagai pembicara dengan topik “Gagasan Persatuan Indonesia”. Bahder Djohan tampil dengan topik “Kedudukan Wanita dalam Masyarakat Indonesia”. Nona Adam yang menyampaikan gagasannya tentang “Kedudukan Kaum Wanita”. Djaksodipoero berbicara tentang “Rapak Lumuh”. Paul Pinontoan berbicara tentang “Tugas Agama di dalam Pergerakan Nasional”. Muhammad Yamin berbicara tentang “Kemungkinan Perkembangan Bahasa-Bahasa dan Kesusasteraan Indonesia di Masa Mendatang”.
Gagasan yang disampaikan oleh Yamin dalam kongres itu merupakan pengulangan dari pidatonya yang disampaikan dalam Lustrum I Jong Sumatranen Bond. Saat itu pidato Yamin mendapat komentar dari Prof. Dr. Hooykes, bahwa kelak Muh. Yamin menjadi pelopor bagi usaha penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar dan pergaulan di Indonesia. Dengan demikian, penggunaan bahasa Belanda dapat semakin terdesak
.
3. Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
a. Kongres Pemuda I
Dalam Kongres Pemuda I telah muncul kesadaran dan kesepahaman tentang perlunya bahasa kesatuan. Pada saat kongres ini telah diusulkan untuk memutuskan bahasa kesatuan yang pilihannya antara Bahasa Jawa atau Bahasa Melayu. Setelah dipilih satu di antara dua bahasa itu akhirnya dipilih Bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan yang disebut dengan Bahasa Indonesia. Jadi pada akhir Kongres Pemuda I itu sudah disepakati dan diputuskan bahwa bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia. Hanya pada waktu M. Tabrani mengusulkan dan kemudian memutuskan agar Ikrar Pemuda yang mengakui Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dibicarakan lagi pada Kongres Pemuda berikutnya. Inilah hasil penting dari Kongres Pemuda I.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Kongres Pemuda I telah melahirkan keputusan yang mendasar yakni mengakui dan menerima tentang cita-cita persatuan Indonesia dan bahasa Indonesia disepakati sebagai perekatnya. Perlu diketahui bahwa usul mengenai bahasa Indonesia itu sebenarnya datang dari M. Tabrani. Semula Muh. Yamin agak keberatan, namun setelah berdiskusi dengan Sanusi Pane dan Adinegoro, disepakati yang diusulkan sebagai bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia yang intinya berasal dari bahasa Melayu yang akan diperkaya oleh bahasa-bahasa lainnya.

b. Kongres Pemuda II
Memasuki tahun 1927 perjuangan pemuda mengalami percepatan yang luar biasa. Setiap ide persatuan untuk membebaskan Indonesia ditangkap dengan segera, baik oleh kelompok pemuda bahkan juga kelompok tua. Gerakan semangat dan gelora perjuangan para pemuda ini semakin meningkat untuk merapatkan barisan perjuangan di tanah Hindia, karena didukung oleh bergabungnya tokoh-tokoh dan para pelajar dari Perhimpunan Indonesia yang baru saja kembali ke tanah air. Di antara mereka adalah Sartono, Moh. Nazif, dan Mononutu. Selama dua tahun itulah para pemuda mengadakan pertemuan secara intensif di Indonesische Clubgebouw.
Pada tanggal 28 Desember 1927, Jong Indonesia menyelenggarakan kongres di Bandung. Dalam kongres ini Ir. Sukarno memberikan ceramah yang dapat menambah semangat para pemuda. Dalam kongres ini juga menetapkan nama Jong Indonesia diganti dengan Pemuda Indonesia.
Selanjutnya untuk merealisasikan gagasan fusi semua organisasi itu, PPPI segera mengambil langkah-langkah. Diadakanlah pertemuan untuk membentuk panitia yang dikenal sebagai Panitia Kongres Pemuda II. Panitia ini akan bertanggung jawab terhadap serangkaian acara seperti rapat-rapat terbuka dan ceramah-ceramah yang menganjurkan dan menguatkan semangat persatuan. Pada bulan Juni 1928, panitia kongres dibentuk. Terpilih sebagai Ketua Kongres Pemuda II adalah Soegoendo Djojopoespito dari PPPI.
Kongres Pemuda II ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Yang diundang dalam kongres ini adalah semua organisasi pemuda dan mahasiswa, serta berbagai organisasi dan partai yang sudah ada. Tampak hadir beberapa tokoh pemuda ataupun tokoh senior, seperti: Soegoendo Djojopoespito, Djoko Marsaid, Muh. Yamin, Amir Syarifuddin, Sartono, Kartokusumo, Abdulrahman, Sunario, Kartosuwiryo, S. Mangunsarkoro, Nonan Purnomowulan, Siti Sundari, Muh. Roem, Wongsonegoro, Kasmansingodimedjo, dan A.K. Gani. Kongres itu juga dihadiri perwakilan dari Volksraad dan juga dari pemerintah Hindia Belanda. Diperkirakan yang hadir lebih dari 750 orang.

4. Nilai-nilai Penting Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda dipandang sebagai pengakuan fundamental dari sebuah bangsa yang masih dalam tahap pembentukan. Ia terbentuk melalui kurun yang waktu panjang. Tujuh tahun setelah terbentuknya Budi Utomo, pemuda Indonesia mulai bangkit meskipun masih dalam tahapan loyalitas kepulauan. Perubahan pesat dan radikal dari organisasi-organisasi pemuda itu mendorong mereka untuk menciptakan persatuan yang lebih luas. Dengan demikian, jelas nilai yang utama dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah nilai persatuan. Persatuan yang diilhami oleh asas perjuangan Perhimpunan Indonesia ini sudah lama diperjuangkan oleh para pemuda.
Para pemuda dengan memahami sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia, telah melahirkan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya persatuan. Kiranya dapat cermati bagaimana ratusan tahun bangsa kita berjuang untuk membebaskan diri dari kekuasaan penjajahan. Aceh berjuang, Banten, Mataram, Makassar, Maluku, tetapi gagal karena mereka berjuang di daerahnya sendiri-sendiri. Selanjutnya Patimura, Pangeran Hidayatullah, Pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Cut Nyak Dien juga kandas tidak mampu mengusir penjajah karena tidak ada saling membantu di antara mereka. Mereka belum mampu menjalin persatuan di antara mereka.
Begitu juga di era modern BU, SI, Indische Partij, PSI, PKI, PNI belum berhasil membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah. Setiap organisasi masih cenderung berjuang dengan organisasinya sendiri. Oleh karena itu, berbagai organisasi pemuda berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan persatuan di antara anak bangsa, minimal di kalangan pemuda. Lahirnya Indonesia Muda diharapkan dapat menggerakkan seluruh komponen bangsa untuk menciptakan Indonesia Raya, membebaskan diri dari penjajahan, dan akhirnya tercapai kemerdekaan.
Nilai berikutnya, adalah kemandirian, jati diri, kedaulatan atau penguatan nasionalisme. Secara tidak langsung dengan peristiwa Sumpah Pemuda, para pemuda telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia, penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme. Hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa Indonesia. Pernyataan satu nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia ini menunjukkan adanya kesadaran yang amat tinggi tentang jati diri dan semangat kebangsaan kita semua sebagai orang Indonesia. Di dalam jati diri dan ruh kebangsaan itu tentu mengandung kemandirian, kalau bangsa ini mandiri berarti berdaulat, berdaulat berarti tidak dijajah orang lain, itulah kemerdekaan.
Di balik peristiwa Sumpah Pemuda, juga terkandung nilai demokrasi. Setelah Sumpah Pemuda diikrarkan, persatuan diwujudkan maka langkah-langkah perjuangan pun dilaksanakan. Dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Raya, satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa perlu ada program-program kebersamaan, saling menghargai, dan rembug bareng di antara komponen bangsa untuk memajukan bangsa. Setelah maju dapat mandiri dan berdaulat. Bahkan dalam strategi politik para pemuda juga mengembangkan sikap saling menghargai baik yang mengambil langkah kooperasi maupun non-kooperasi. Mereka dalam berjuang tidak lagi dengan fisik dan kekerasan tetapi dengan bermusyawarah, berdemokrasi misalnya melalui Volksraad
.
C. Penguatan Jati Diri Keindonesiaan
1. Politik untuk Kesejahteraan dan Kejayaan
Perlu dipahami bahwa dengan berkembangnya organisasi di kalangan pemuda juga diikuti oleh berkembangnya organisasi wanita atau perempuan di Indonesia. Pada tahun 1912 berdiri organisasi perempuan yang pertama yakni Putri Mardika di Jakarta. Organisasi itu bertujuan untuk membantu bimbingan dan penerangan pada gadis bumiputera dalam menuntut pelajaran dan mengemukakan pendapat di muka umum, serta memperbaiki hidup wanita sebagai manusia yang mulia. Berbagai aktivitas dilakukan oleh organisasi itu, terutama memberikan beasiswa untuk menunjang pendidikan dan menerbitkan majalah wanita Putri Mardika.
Beberapa tokoh yang pernah duduk dalam kepengurusan Putri Mardika, yaitu Sabaruddin, R.A. Sutinah, Joyo Pranoto, Rr. Rukmini, dan Sadikun Tondokusumo. Kartini Fonds, didirikan atas usaha Ny. C. Th. Van Deventer, seorang penasihat Politik Etis. Perkumpulan itu didirikan pada 1912 dengan tujuan untuk mendirikan sekolah Kartini. Setelah itu, muncul dan berkembang organisasi perempuan di berbagai daerah, juga organisasi-organisasi perempuan sebagai bagian dari organisasi yang sudah ada, seperti organisasi wanita di Muhammadiyah, organisasi wanita di Taman Siswa, organisasi perempuan di BU, dan begitu seterusnya.
Berkembangnya berbagai organisasi wanita tersebut mendorong pergerakan wanita untuk lebih berperan untuk meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan. Wanita yang mengenyam pendidikan juga semakin banyak. Dengan demikian, wawasan mereka juga semakin berkembang untuk memberi dukungan terhadap organisasi-organisasi pergerakan pada umumnya.
Diadakannya Kongres Pemuda II yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda tersebut nampaknya ikut menyemangati perjuangan organisasi pergerakan perempuan di Indonesia. Seide dengan pelaksanaan Kongres Pemuda II itu kemudian organisasi-organisasi wanita yang telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia itu mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928, di Pendopo Joyodipuro, yang dipimpin oleh Ny. R.A. Sukanto. Kongres itu diprakarsai oleh Ny. Sukoto, Nyi Hajar Dewantara, dan Nn. Suyatin. Kongres itu bertujuan untuk menjalin persatuan di antara perkumpulan wanita, dan memajukan wanita. Dalam Kongres Perempuan Indonesia I itu dihadiri oleh 30 organisasi wanita. Kongres Perempuan Indonesia I itu merupakan bagian penting bagi Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia. Untuk mengenang sejarah kongres perempuan maka setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia.
Pada perkembangan selanjutnya organisasi itu berubah nama sebagai Perserikatan Perhimpunan Istri Indonesia (PPPI). Perjuangan organisasi itu semakin kuat dengan didirikannya Isteri Sedar dan Isteri Indonesia. Isteri Sedar didirikan oleh Suwarni Pringgodigdo (1930), di Bandung. Organisasi itu bertujuan meningkatkan kesadaran wanita Indonesia untuk memperkukuh cita-cita Indonesia Merdeka. Organisasi ini sejalan dengan PNI, yang menolak poligami. Selanjutnya Istri Indonesia didirikan 1932. Organisasi itu didirikan berdasarkan nasionalisme dan demokrasi.
Tujuan Istri Indonesia adalah mencapai Indonesia Raya dan bersikap kooperatif terhadap pemerintah Belanda. Tokoh-tokoh organisasi itu adalah Ny. Sunaryo Mangunpuspito dan Maria Ulfah Santoso. Kongres Perempuan I dan juga semakin meningkatnya gerakan organisasi wanita telah ikut mendorong bagi kemajuan perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kejayaan. Kejayaan ini dalam rangka menuju cita-cita kemerdekaan.

2. Pemuda yang Berpolitik
Pada mulanya perkumpulan Indonesia Muda tidak diperbolehkan terlibat dalam politik. Tekanan pemerintah terhadap larangan berpolitik mendorong anggota Indonesia Muda untuk mendirikan perkumpulan lain, bahkan tersebar di berbagai organisasi politik atau golongan yang ada. Pada 1931, orang-orang PNI Baru di Malang mendirikan Suluh Pemuda Indonesia yang bercorak Marhaen. Partindo di Yogyakarta mendirikan Persatuan Pemuda Rakyat Indonesia (Perpri).
Dari perkumpulan Islam misalnya, berdiri JIB bagian keputrian, Pemuda Muslim Indonesia, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Perserikatan Ulama, Pemuda Persatuan Islam, dan Anshor NU. Dari pemuda Kristen misalnya, lahir Persatuan Pergerakan Pemuda Kristen, sementara pemuda Katolik melahirkan Mudo Katholik dari partai politik Suluh Pemuda Indonesia, barisan Pemuda Gerindo, Jajasan Obor Pasundan. Perkumpulan lainnya seperti, Taman Siswa, Persatuan Pemuda Teknik, Persatuan Putri Cirebon, Kebangunan Sulawesi, dan Minangkabau. Di dalam organisasi ini para pemuda dapat bersentuhan dengan kegiatan politik sesuai dengan dinamika organisasi induknya.
Dalam gerakannya para pemuda juga melakukan kegiatan kepanduan. Kepanduan itu berasal dari kepanduan Jong Java, Pemuda Sumatera, dan organisasi pemuda lainnya. Di samping itu juga berdiri kepanduan berdasarkan kebangsaan dan keagamaan, seperti Natipy, Hizbul Wathon, Siap, dan Kepanduan Rakyat Indonesia.
Kepanduan itu mengambil asas dari kepanduan dunia, yang berisi tentang memberikan pelajaran dalam bentuk segala permainan dan kecakapan pandu, untuk meningkatkan kesehatan para pemuda. Dalam kegiatan kepanduan ini para pemuda dengan payung kegiatan kesehatan bisa dikaitkan dengan pembinaan disiplin seperti baris-berbaris. Dari kegiatan ini dapat ditumbuhkan semangat termasuk kemudian semangat patriotisme dan nasionalisme, atau cinta tanah air seperti yang dikembangkan di lingkungan Hizbul Wathon.

3. Nasionalisme yang Revolusioner
Sebagai seorang terpelajar Sukarno, muncul sebagai seorang pemuda cerdas yang memimpin pergerakan nasional baru. Ia mendirikan partai dengan nama Partai Nasional Indonesia (4 Juli 1927). Partai itu bersifat revolusioner, sebelumnya partai itu bernama Algeemene Studie Club. Sukarno memimpin partai itu hingga Desember 1929. Jumlah anggotanya hingga saat itu mencapai 1.000 orang.
Sukarno juga turut serta memprakarsai berdirinya Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) pada 1927. Pada 28 Oktober 1928 organisasi ini ikut menyatakan ikrar tentang tanah air yang satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia. Pernyataan Sumpah Pemuda itu membawa dampak luas pada masyarakat untuk menumbuhkan nasionalisme yang kuat. Di daerah-daerah munculnya nasionalisme yang digerakkan oleh tradisi dan agama. Mereka terinspirasi oleh para pemimpin pergerakan nasional yang ada di Jakarta.

4. Volksraad sebagai Wahana Perjuangan
Pada akhir tahun 1929, pimpinan PNI ditangkap. Untuk melanjutkan perjuangan maka dibentuklah fraksi baru dalam volksraad yang bernama Fraksi Nasional, pada Januari 1930 di Jakarta. Fraksi itu diketuai oleh Muhammad Husni Thamrin yang beranggotakan sepuluh orang yang berasal dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Tujuan organisasi itu adalah menjamin kemerdekaan Indonesia dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
Penangkapan pimpinan PNI menjadi pembicaraan di kalangan Fraksi Nasional. Mereka mengecam tindakan pemerintah terhadap ketidakadilan yang diterapkan terhadap gerakan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Atas usulan Fraksi Nasional itu volksraad meninjau ulang kebijakan pemerintah kolonial. Pemerintah kemudian mengusulkan perkara yang dituduhkan kepada para pemimpin ke pengadilan tinggi, bukan pengadilan negeri. Akan tetapi permintaan itu ditolak, karena masalah itu menyangkut masalah perbuatan pidana, bukan masalah pelanggaran politik. Jelaslah bahwa gerakan yang dilakukan oleh kaum pergerakan dianggap sebagai kejahatan yang mengganggu keamanan bukan sebagai gerakan politik.
Fraksi Nasional juga menolak usulan pemerintah untuk memperkuat pertahanan yang dapat menghabiskan biaya yang besar. Ini berarti menambah kesengsaraan rakyat karena situasi ekonomi saat itu sedang mengalami depresi. Menurut Fraksi Nasional lebih baik biaya itu digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sementara pengawasan dalam bidang politik semakin diperketat dengan adanya bermacam-macam larangan, seperti larangan berkumpul, pembredelan surat kabar, dan propaganda. Fraksi Nasional juga mendorong anggotanya untuk lebih berperan dalam Volksraad. Para nasionalis di Volksraad diminta untuk bersikap non-kooperasi.

5. Tamatnya Kemaharajaan Belanda
Ratusan tahun sudah Belanda membangun kemaharajaan di Kepulauan Indonesia, di tanah Hindia Belanda. Secara interen pejuang dan para pemuda yang kemudian berpolitik untuk mewujudkan persatuan guna melawan penjajahan. Roda kebangsaan digerakkan untuk melawan ganasnya roda kolonialisme dan imperialisme. Tetapi tampaknya roda kolonialisme dan imperialisme itu masih cukup kokoh. Tetapi para pejuang dan intelek muda kita tidak pernah putus asa. Roda kebangsaan terus digerakkan di berbagai penjuru yang dipandang memungkinkan untuk mendapatkan kebebasan termasuk melalui Volksraad.
Kebijakan politik etis telah diterapkan sebagai pengaman dari sebuah pertanggungjawaban pemerintah kolonial terhadap negeri jajahan yang rakyatnya sudah lama dibuat menderita. Pintu pendidikan dan politik bagi kaum bumiputera, dibuka untuk memberi kesempatan para pejuang kita untuk mengekspresikan strategi perjuangannya secara lebih demokratis, berbeda dari perjuangan masa-masa sebelumnya. Tetapi semua ini tidak dapat berjalan cepat sebagaimana harapan para pejuang pergerakan kebangsaan.
Kekuatan kolonialisme dan imperialisme Belanda tampak masih mampu mengontrol para pejuang kita. Masuknya bumiputera sebagai anggota Volksraad bukan berarti kaum bumiputera diberi hak penuh untuk menyuarakan pendapatnya. Namun setidaknya Volksraad sudah memberikan peluang para wakil Hindia, yang membukakan wawasan mereka perlunya persatuan untuk melakukan gerakan nasional dalam melawan dominasi kolonialisme dan imperialisme Belanda.
Di tengah-tengah roda pergerakan kebangsaan bergesekan dan beradu dengan roda kolonialisme dan imperialisme, Tuhan Yang Maha Kuasa, telah membuat skenario baru, yakni berkobarnya Perang Dunia II. Perang itu pun dengan cepat menjalar ke Indonesia yang ditandai dengan datangnya tentara Jepang yang kemudian ikut menyudahi kemaharajaan Belanda di Indonesia.


PENUTUP
A. Kesimpulan
Berbagai kebijakan kolonial yang melahirkan kemiskinan dan penderitaan rakyat telah mendapat kritik keras dari politikus dan intelektual Belanda C.H. van Deventer. Kritik itu mendapat perhatian dari pemerintah Belanda. Kemudian dibuatlah kebijakan meningkatkan kesejahteraan rakyat yang dikenal dengan Politik Etis. Politik etis ini meliputi bidang pendidikan, irigasi/pertanian, dan emigrasi/transmigrasi.
Bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum muda terpelajar. Mereka adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan. Sarana komunikasi dan transportasi adalah hal penting yang menghubungkan para kaum terpelajar untuk membentuk suatu ideologi kebangsaan. Berkembangnya pers atau media cetak telah menggerakkan ide-ide kemajuan, sehingga lebih memacu berkembangnya ideologi dan pergerakan kebangsaan.
Pada perkembangan fase kebangkitan nasional, mulai berkembang berbagai organisasi pergerakan yang mengusung ideologi kemajuan dan kebangsaan bahkan juga politik untuk pembebasan rakyat dari penjajahan. Berbagai organisasi yang berkembang di era kebangkitan nasional baik yang bercorak keagamaan atau yang sekuler, bercorak kedaerahan ataupun yang bersifat nasional, yang kooperatif ataupun yang non-kooperatif, yang pemuda maupun yang wanita, tampaknya belum mampu menciptakan persatuan yang kokoh untuk sama-sama melawan penjajah. Mereka masih memikirkan bagaimana organisasinya berkembang. Hal ini menjadi pemikiran serius dari kalangan pemuda untuk mewujudkan gerakan persatuan dan kesatuan di antara berbagai organisasi.
Sumpah Pemuda sebagai klimaks agenda dalam Kongres Pemuda II, 28-10-1928 dengan ikrarnya satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting yang historis-monumental dalam dinamika perjuangan bangsa menuju cita-cita persatuan Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama.
B. Saran
Belajar sejarah tentang Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat penting, agar kita mendapat pengetahuan dan pemahaman, bahwa tegaknya kehidupan bangsa Indonesia harus dilandasi persatuan dan kesatuan. Nilai persatuan dan kesatuan sebagai nilai dasar dari Sumpah Pemuda harus terus digelorakan untuk memperkukuh jati diri keindonesiaan.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Taufik dan A.B. Lapian. 2012. Indonesia Dalam Arus Sejarah jilid 5 (Masa Pergerakan Kebangsaan). Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Adam, Ahmat. 2003. Sejarah Awal Pers dan Kebangkitan Kesadaran Keindonesiaan. Jakarta: Hasta Mitra.
Adam, Cindy. 1984. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.
Kahin, George Mc. Turnan. 2013. Nasionalisme & Revolusi Indonesia. Depok: Komunitas Bambu.
Kartodirdjo, Sartono. 2005. Sejak Indische sampai Indonesia. Jakarta: Kompas.
Komandoko, Gamal. 2008. Boedi Oetomo: Awal Bangkitnya Kesadaran Bangsa. Yogyakarta: Medpress.
Miert, Hans van. 2003. Dengan Semangat Berkobar: Nasionalisme dan Gerakan Pemuda di Indonesia (1918-1930). Jakarta: Hasta Mitra.
Nagazumi, Akira. 1989. Bangkitnya Nasionalisme Indonesia: Budi Utomo (1908-1918). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Nasution. 1995. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Noer, Deliar. 1985. Gerakan Modern Islam di Indonesia (1900-1942). Jakarta: LP3ES.
Simbolon, Parakiti T. 2007. Menjadi Indonesia. Jakarta: Kompas.
Suhartono. 1994. Sejarah Pergerakan Nasional dari Budi Utomo sampai Proklamasi (1908-1945). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Komentar

  1. Nama: Muhamad Irvan
    Kelas: X TKJ 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulannya kaum mudah harus mempunyai jiwa patriotisme agar jika Indonesia di tekan oleh Negara lain yang akan berdiri pertama untuk menolong Indonesia ada kaum mudah

      Hapus
  2. Assalamualaikum Bu
    Nama:Fauzan Rama Alfajri
    Keas:X TKJ 1
    Kesimpulannya itu
    Jadi,pada perkembangan fase kebangkitan Nasional mulai tumbuh berbagai organisasi yang mengusung ideologi kemajuan dan kebangsaan bahkan juga politik untuk pembebasan rakyat dari penjajah,organisasi-organisasi ini berkembang dengan berbagai corak dan sifat nya tersendiri ada yang memiliki corak keagamaan,kedaerahan juga bersifat nasional,kooperatif dan juga non-kooperatif. Tetapi dengan adanya organisasi organisasi ini belom mampu menciptakan persatuan yang kokoh dan kuat untuk bersatu melawan penjajah karena mereka masih memikirkan organisasi nya masing masing,hal ini menjadi pemikiran serius dari kalangan pemuda untuk mewujudkan gerakan persatuan dan kesatuan di antara berbagai organisasi.
    Cukup sekian saja Bu terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  3. Nama: Wandika Anata Chaniago
    Kls: X TKJ 1
    Segala sesuatu yang kita nikmati keberadaannya kita terima begitu saja tanpa membayangkan betapa sulitnya meraihadalah bagaimana mempertahankan apa yang telah ada dan jauh lebih penting lagi mengembangkannya. Untuk mengemban misi itu, kesatuan dan persatuan amat dibutuhkan mengingat begitu banyaknya rintangan-rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  4. Nama:Fadia agustina
    Kelas: x tkj 1
    Kesimpulan:Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    Nama:Yudhi Kurnia
    Kelas:X TKJ 2
    Kesimpulannya Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.dan keadaan Indonesia sekarang kita sebagai kaum muda harus mempertahankan keamanan dan kedaulatan bangsa Indonesia agar bisa bertahan walaupun banyak ancaman dari luar
    Sekian terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  6. Nama : Devi Yuliana
    Kelas : X Tkj 1
    Kesimpulan: kita sebagai pemuda yang telah berada di era modern adalah semangat menjadi pemuda yang rela berkorban bukti pemuda itu pemersatu bangsa untuk menguatkan bangsa Indonesia

    BalasHapus
  7. Nama:Ryan Fedriansyah
    Kelas: X tkj 2
    Kesimpulan: anak muda mempunyai peranan penting untuk perubahan bangsa hingga saat ini,menurut materi yang saya baca juga sumpah pemuda merupakan awal mula bangkitnya bangsa indonesia untuk melawan bentuk bentuk penjajahan lewat sumpah pemuda juga merupakan awl dari persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
    Sekian terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  8. →Nama :m.bilham zulfahmi
    →Kelas:(xtkj2)

    →kesimpulan hasil belajar saya :

    ~Jadi kesimpulan sumpah pemuda ;
    1.mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    2. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia

    ~dan Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama.

    -terimakasih

    BalasHapus
  9. Nama :m.bilham zulfahmi
    Kelas:(xtkj2)

    ~Kesimpulan ke 2
    Dan Kaum muda yaitu kita harus mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.dan keadaan Indonesia sekarang kita sebagai kaum muda harus bisa mempertahankan keamanan dan kedaulatan bangsa Indonesia agar bisa bertahan walaupun banyak ancaman baik dari dalam maupun luar negara
    ~Sekian terimakasih

    BalasHapus
  10. Nama:Egalita laylani. H.
    Kelas:x tkj 2
    Kesimpulan :kesimpulan dari yang saya baca adalah politik etis dibentuk karena bertujuan untuk mensejahterakan rakyat melalui bidang pendidikan,irigasi dan transmigrasi. Pada bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum pemuda agar terpelajar dan bisa menghasilkan ide ide atau gagasan untuk kemajuan bangsa indonesia. Setelah itu ada perkembangan pers/media cetak yang bisa membantu mengembangkan pergerakan bangsa tetapi para pemuda maupun wanita masih belum bisa menciptakan persatuan akhirnya ikrar sumpah pemuda yang bisa memberikan nilai nilai dan jati diri atau semangat terhadap bangsa ini. Maka dari itu mari kita mulai untuk mencintai negeri ini, menghargai karya bangsa ini dan menjaga persatuan dan kesatuannya ��

    BalasHapus
  11. Nama:Badrudin
    Kelas:X TKJ 2
    Kesimpulan:Masyarakat masih membutuhkan pemuda-pemudi yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, memiliki kesetiakawanan sosial dan semangat nasionalisme yang tinggi dalam pembangunan nasional. Pemuda diharapkan mampu bertanggung jawab dalam membina kesatuan dan persatuan NKRI, serta mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam pancasila agar terciptanya kedamaian, kesejahteraan umum, serta kerukunan antar bangsa. Bangun pemuda-pemudi Indonesia. Tanamkan semangat yang berkobar di dadamu. Bersatulah membangun Negara tercinta. Seperti isi sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 “satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa”. Semoga Negara kita ini tetap bersatu seperti slogan budaya bangsa yang tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika. Berkarya lah pemuda-pemudi Indonesia, Majukan Negara Kita, Jadilah Soekarno dan Moh Hatta berikutnya yang memiliki semangat juang tinggi dalam membangun bangsa

    BalasHapus
  12. Nama:Anggun Fadillah
    Kelas:X TKJ 1
    Kesimpulan:pemuda mempunyai peranan untuk mendorong semangat persatuan kebangsaan dan mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan,oleh karena itu kesatuan dan persatuan amat dibutuhkan mengingat begitu banyaknya rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

    BalasHapus
  13. Nama. Tegar Setiadi
    Kelas. X TKJ 1

    Kesimpulan

    pergerakan kebangsaan telah terjadi peristiwa yang sangat penting dan monumental, yakni peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini dapat dikatakan sebagai klimaks dari sebuah perjuangan untuk mempersatukan seluruh bangsa menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia.
    Sumpah Pemuda sebagai klimaks agenda dalam Kongres Pemuda II, 28-10-1928 dengan ikrarnya satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting yang historis-monumental dalam dinamika perjuangan bangsa menuju cita-cita persatuan Indonesia.

    BalasHapus
  14. Nama:Santi Ayu Purnamawati
    Kelas: X TKJ 2
    Kesimpulan: begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya.

    BalasHapus
  15. Nama:Afipah Triyana
    Kelas:X Tkj 1
    Kesimpulan:
    Pemuda adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan. Pemuda juga sebagai penerus bangsa dan dalam sumpah pemuda nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Karena pemuda di Indonesia adalah penerus bangsa dan pewujud cita cita bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  16. NAMA: AURA FEBRIANTI
    KELAS: X TKJ 1
    kesimpulan:

    Adanya hasrat untuk meraih kemajuan bangsa Indonesia muncul ketika banyak pemuda telah mengecap bangku sekolah, baik dalam maupun luar negeri. Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Di bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum muda terpelajar. Mereka adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan.

    BalasHapus
  17. Nama: Ahmad Baihaqi
    Kelas:X TKJ 2
    Kesimpulan: pahlawan kita sudah berjuang melawan penjajah oleh sebab itu kita sebagai pemuda Indonesia harus mempunyai daya juang yang tinggi dan harus mempunyai rasa nasionalisme dan patriotisme supaya kita tidak di jajah lagi oleh bangsa lain,kita sebagai pemuda harus terus belajar supaya kita bisa merubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
  18. Nama : Puji Rahayu
    Kelas : X TKJ 1

    Sumpah pemuda mempertegas jati diri bangsa indonesia adalah karena di dalamnya terdapat 3 alinea yang berisikan sumpah yaitu mencintai tanah air, berbangsa indonesia, dan berbahasa indonesia. Rakyat indonesia terikat ke dalam sumpah yang mempertegas jati diri bangsa indonesia.

    ~Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.
    ~Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  19. Nama : Dian Nova Safitri
    Kelas : X TKJ 1
    Kesimpulan : Maka, tanggung jawab generasi saat ini adalah bagaimana mempertahankan apa yang telah ada dan jauh lebih penting lagi mengembangkannya untuk mengembangkan misi itu, kesatuan dan persatuan amat dibutuhkan mengingat begitu banyaknya rintangan-rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

    Cara pertama adalah, bangkitkan mereka dengan cara encouraging ideas atau mendorong mereka menyampaikan ide-ide kreatif dan inovatif-nya. Karena generasi milenial sangat loyal terhadap kepentingan mereka.

    kedua adalah membangkitkan jiwa nasionalisme seluruh pemuda indonesia dengan menghidupkan kembali kegiatan yang sifatnya membaur satu sama lain agar terjalin nya silaturahmi mengadakan kegiatan yang bersifat kebersamaan.

    Ketiga adalah juga meningkatkan edukasi dalam pembelajaran sumpah pemuda baik dalam lingkungan sekolah, masyarakat.

    Lebih baiknya jika pelajar memaknai Sumpah Pemuda dengan segenap hatinya agar pelajar merasa bangga dan cinta terhadap bangsa Indonesia, bukan sebagai bangsa lain..

    BalasHapus
  20. Nama : tria wahyuningsih
    Kelas: x tkj 2
    Kesimpulan:
    Karena sumpah pemuda hendaknya bisa di jadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa

    BalasHapus
  21. Nama :Muhammad Imam Fauzi
    Kelas : x tkj 1
    Kesimpupan :Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama.

    BalasHapus
  22. Ardana putra pamungkas19 Maret 2020 pukul 21.32

    Nama : Ardana putra pamungkas
    Kelas : X TKJ 2

    Kesimpulan : Anak muda mempunyai peranan penting untuk perubahan bangsa hingga saat ini dan Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. sumpah pemuda juga merupakan awal mula bangkitnya bangsa indonesia untuk melawan bentuk bentuk penjajahan lewat sumpah pemuda juga merupakan awal dari persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

    BalasHapus
  23. NAMA:Ro'uf cahyadi
    KELAS:X TKJ 1

    KESIMPULAN:sumpah pemuda sebagai tonggak persatuan dan kesatuan,dari semua perbedaan yang ada di indonesia yang dipersatukan oleh sumpah pemuda,dan cita cita rakyat indonesia adalah persatuan dan kesatuan yang utuh,melalui sumpah pemuda semua itu akan terjadi.

    BalasHapus
  24. Nama:fajar nuralif
    Kelas: X tkj 2
    Kesimpulan:
    Dengan mengamalkan nilai nilai yang terdapat dalam sumpah pemuda kita sebagai anak muda dapat memajukan negara kita yaitu indonesia menjadi negara yang lebih maju dari pada negara lain...dan menjadi pemuda dan pemudih indonesia yang berani dalam memperjuangkan kebenaran.

    BalasHapus
  25. Nama: Ahmad Rizky Febrian
    Kelas: X TKJ 1
    Kesimpulan: Dengan adanya peristiwa sumpah pemuda seharusnya generasi milenial mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini supaya bangsa Indonesia tidak dijajah lagi oleh bangsa lain. sebab pemuda-pemudi dahulu,mereka dijajah dengan berbagai macam tantangan dan rintangan oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  26. Nama : Bagas Septiansyah
    Kelas : X TKJ 1
    Kesimpulan : 1. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia
    Maka dari itu kita sebagai pemuda memiliki peranan yang sangat penting bagi negara Indonesia ini.dan melanjutkan cita cita dari negara kita yang tercinta ini.

    BalasHapus
  27. Nama:shela
    Kelas:x TKJ 1
    Kesimpulan:kaum muda terpelajar mempunyai peran penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan bangsa,hal ini tampak jelas terutama dalam dilaksanakan politik etis di Indonesia dan di bukannya program edukasi membuka jalan lahir nya kamu muda terpelajar dan menggerakkan kesadaran kaum pemuda dalam gerakan kebangkitan nasional Indonesia

    BalasHapus
  28. Nama:Reynanda kosa S
    Kelas:X TKJ 1
    Kesimpulan:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.anak muda mempunyai peranan penting untuk perubahan bangsa hingga saat ini dan Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka

    BalasHapus
  29. Nama: NILFAH FAUZIAH
    Kelas: X TKJ 2
    Kesimpulan:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang sangat penting bagi kemajuan dalam kehidupan berbangsa.mengetahui pokok pikiran pembangunan bangsa Indonesia yaitu sejarah sumpah pemuda dan kaitannya dengan proklamasi,peran pemuda sangat penting dalam pembangunan bangsa Indonesia sumpah pemuda sebagai bahan menambah wawasan begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan mewujudkan cita-cita merdeka, kita sebagai generasi pemuda-pemudi Indonesia mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan dan menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat.

    BalasHapus
  30. Nama:Hafidzul Qolbu
    Kelas:X TKJ2
    Kesimpulan: anak muda mempunyai peranan penting untuk perubahan bangsa hingga saat ini, menurut materi yg telah saya baca sumpah pemuda adalah pemersatu para pemuda Indonesia didalam sejarah dahulu yg bangkit untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah, lewat sumpah pemuda tercipta kesatuan kerjasama dan persatuan antar bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  31. Nama: Cindy Ambarwati
    Kelas: X TKJ 1

    Kesimpulan:
    -pelaksanaan Politik Etis telah melahirkan kaum muda yang terpelajar
    -peran pers/media cetak mempercepat tersebarnya semangat nasionalisme melalui surat kabar dan inspirasi-inspirasi
    - paham-paham baru dapat mengakibatkan kemajuan yang cukup pesat melalui peningkatan kehidupan di bidang sosial,ekonomi, bydaya, dan politik.
    melalui point" tersebut secara tak sadar mengakibatkan munculnya kesadaran nasional di dalam jati diri kaum muda,jatidiri yang berikar ingin memajukan bangsa dari keterpurukan. Puncak kesadaran tersebut adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang memiliki tiga pilar didalamnya yakni: bertanah air Indonesia, berbangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia.Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Melalui semangat sumpah pemuda tersebut Indonesia mulai membentuk organisasinya sendiri, karena belum seluruhnya sadar akan pentingnya persatuan maka mereka masih dalam keadaan mempertahankan organisasi nya masing-masing. Namun Soekarno bertindak untuk menyadarkan organisasi di Indonesia tersebut akan pentingny persatuan untuk kemajuan bangsa, akhirnya satu demi satu organisasi saling berkerja sama dan membantu satu sama lain untuk membangun kedaulatan bangsa. Jadi, intinya untuk mencapai suatu tujuan yang sama kita harus bekerjasama tanpa harus membeda-bedakan sesuatu hal. Kita dapat meneladani semangat juang para pemuda saat itu untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya menjadi pemuda-pemudi yang berguna untuk bangsa dan negara.

    BalasHapus
  32. Nama: salsabila
    Kelas:X TKJ¹
    kesimpulan :
    Sumpah pemuda ialah inspirasi bagi kaum pelajar ,kita sebagai kaum pelajar harus memperjuangkan Indonesia untuk mempersatukan bangsa menuju cita cita kemerdekaan indonesia .dengan harus mempelajari nilai nilai sumpah pemuda ,untuk mempersatukan bangsa kita dengan cara membuka pendidikan modern ,memajukan pers atau media cetak dan membangkitkan nasionalisme .

    BalasHapus
  33. Nama:ladhep arsa pryangga
    Kls :XTKJ1
    Kesimpulan: pemuda mempunyai harsrat yang lebih tinggi makanya semagatnya selalu membara . Sumpah pemuda itu adalah janji pemuda untuk mengakui pemuda cinta tanah air, pemuda berbangsa indonesia dan pemuda menjunjung bahasa indonesia . Sumpah pemuda di buat agar pemuda² lebih semangat

    BalasHapus
  34. Nama:isnaini putri dewi
    Kelas:X.bc 2


    Kesimpulan:Karena sumpah pemuda hendaknya bisa di jadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda indonesia sekarang untuk mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini supaya bangsa Indonesia tidak dijajah lagi oleh bangsa lain. membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa.

    BalasHapus
  35. Nama: Rizki Fadilah Putri
    Kelas:X BC²
    Kesimpulan: Pada bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum pemuda agar terpelajar dan bisa menghasilkan ide ide atau gagasan untuk kemajuan bangsa indonesia.Setelah itu ada perkembangan pers/media cetak yang bisa membantu mengembangkan pergerakan bangsa tetapi para pemuda maupun wanita masih belum bisa menciptakan persatuan akhirnya ikrar sumpah pemuda yang bisa memberikan nilai nilai dan jati diri atau semangat terhadap bangsa ini.

    BalasHapus
  36. Nama: Ferdian nael aliansyah
    Kelas:X BROADCAST 2

    Kesimpulan.karena sumpah pemuda bisa menjadi inspirasi bagi pemuda-pemudi Indonesia,dan pada pendidikan membawa wawasan bagi para pemuda agar bisa jadi pelajar yang mempunyai ide dan kreatif agar membawa Indonesia menjadi lebih baik dan dan menciptakan persatuan dan kebersamaan

    BalasHapus
  37. NAMA: Anita anggraeni
    KELAS: X bc 2

    Kesimpulan:
    sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dimana sebelum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan

    BalasHapus
  38. Nama : Desi Oktavia R
    Kelas : X BC 2
    Pemuda adalah penerus bangsa yang baru dengan membawa ide-ide dalam kesadaran bangsanya.pemuda indonesia harus bisa membawa negaranya maju dan selalu mengingat nilai-nilai sumpah pemuda dari nilai persatuan dan nilai demokrasi yang merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya,dengan menunjukan identitas sebagai negara kesatuan.Maka dari itu pemuda indonesia harus bisa menggapai semua cita cita yang diinginkan negara.

    BalasHapus
  39. Nama:Wafika Azizah Sari
    Kelas:X BC 2
    Kesimpulan:bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.Dimana sebelum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah.Dengan adanya sumpah pemuda,maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini,jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    Penguatan nyata jati diri  keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian,yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya.Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke.Ketiga adalah jati diri keindonesiaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  40. Nama:Zanuar iskandae
    Kelas:X broadcasting 2
    Kesimpulan:Masyarakat masih membutuhkan pemuda-pemudi yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, memiliki kesetiakawanan sosial dan semangat nasionalisme yang tinggi dalam pembangunan nasional. Pemuda diharapkan mampu bertanggung jawab dalam membina kesatuan dan persatuan NKRI, serta mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam pancasila agar terciptanya kedamaian, kesejahteraan umum, serta kerukunan antar bangsa. Bangun pemuda-pemudi Indonesia. Tanamkan semangat yang berkobar di dadamu. Bersatulah membangun Negara tercinta. Seperti isi sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 “satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa”. Semoga Negara kita ini tetap bersatu seperti slogan budaya bangsa yang tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika. Berkarya lah pemuda-pemudi Indonesia, Majukan Negara Kita, Jadilah Soekarno dan Moh Hatta berikutnya yang memiliki semangat juang tinggi dalam membangun bangsa

    BalasHapus
  41. Nama : Azzura Syaufani
    Kelas : X BC 2
    Kesimpulan : Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional

    BalasHapus
  42. Nama:muhammad farhan ramadhan
    Kelas:X TKj 2
    Kesimpulan:dari apa yang sudah saya baca bahwa sumpah pemuda sangat penting bagi kita generasi milenial saat ini karena anak muda kita saat ini sangat berperan penting untuk kemajuan bangsa dengan mengamalkan janji janji sumpah pemuda dan juga memiliki semangat yang membara fan rela berkorban dan juga pada politik etis yang salah satunya meliputi pendidikan dan disitu kita bisa mengerti bahwa pendidikan juga sangat penting bagi kita generasi muda sekarang karena bagaimana pun juga kita adalah generasi bangsa yang jangan mudah dibodohi oleh bangsa lain

    BalasHapus
  43. Nama:Muhammad Damar Saputra
    Kelas:X TKJ 1
    Kesimpulan:Kita sebagai pemuda pemudi Indonesia yang memiliki nilai nasionalisme harus bisa membangun sebuah usaha yang baru untuk kemajuan bangsa,dan harus membangkitkan semangat semangat baru mempererat tali kesatuan Dan persatuan republik Indonesia

    BalasHapus
  44. Nama : Syaeba Azzahra
    Kelas : X- Broadcasting 2
    Kesimpulan :
    Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  45. Nama: Audi Natali setiawan
    Kelas : x broadcasting 2
    Kesimpulann:
    Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia.
    Melalui Kongers Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 telah digelorakan semangat persatuan dan kesatuan yang sangat pentingnya artinya untuk perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, dengan secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia merdeka sebagai tujuan para pemuda.
    Berkembang pula nasionalisme modern yang dipelopori Sukarno.
    Dalam perkembangannya muncul organisasi-organisasi baru yang bersikap kooperatif. Oleh sebab itu, bermacam-macam bentuk strategi organisasi-organisasi pergerakan nasional dalam menghadapi kekuasaan kolonial dilakukan dengan kooperasi dan non-kooperasi.
    Parindra adalah organisasi yang berbentuk nasional dan mempunyai strategi perjuangan dengan aksi politik.

    BalasHapus
  46. Nama: Nadia Naiia Rachmawati
    Kelas: X Broadcasting 2
    Kesimpulan: Sumpah pemuda bisa mempersatukan bangsa indonesia dan menciptakan generasi muda yang baru dan kreatif agar mendapatkan berbagai ide ide yang berkualitas

    BalasHapus
  47. Nama:putraku afgreki rahman
    Kls: X tkj 2
    Kesimpulan:pemuda mempunyai peranan untuk mendorong semangat persatuan kebangsaan dan mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan

    BalasHapus
  48. Nama;Rendanu Eka P
    Kelas:X TKJ 2

    membangkitkan jiwa nasionalisme seluruh pemuda indonesia dengan menghidupkan kembali kegiatan yang sifatnya membaur satu sama lain agar terjalin nya silaturahmi mengadakan kegiatan yang bersifat kebersamaan.
    perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum
    Nama: Arya Duta Pratama
    Kelas : X TKJ 2

    Kesimpulan:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar. Dengan demikian, berkembanglah masa pergerakan kebangsaan, suatu periode yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa.

    Sekian Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  50. Nama: Heni putri setiani
    Kelas: X Broadcasting 2

    Kesimpulan: Karena sumpah pemuda hendaknya bisa di jadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda indonesia sekarang untuk mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini supaya bangsa Indonesia tidak dijajah lagi oleh bangsa lain. membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa.

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum wr.wb

    Nama : RADEN RORO MEISYA ATHALIA.H
    Kelas : X BROADCASTING 2

    •Kesimpulan ;

    Sebagai kaum muda yg terpelajar, kita harus mempunyai rasa nasionalisme yg tinggi dan responsif yg cepat terhadap perkembangan hal hal baru. Nasionalisme masuk ke Indonesia pada abad ke 20-an, Dan pada saat itu politik Etis telah mendukung lahirnya kaum muda terpelajar. Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda yg terpelajar harus mempunyai pemikiran yang rasional dan mempunyai wawasan yang luas serta terbuka terhadap perkembangan nasional. Dan meningkatkan nilai2 sumpah pemuda Sehingga dapat mendorong lahirnya kesadaran nasional dalam hidup berbangsa dan bernegara .

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  52. Nama:Cyntia anggraeni
    Kelas: x BC2
    kesimpulan saya mengenai sumpah pemuda : Sumpah Pemuda ini memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa pula nilai-nilai Sumpah Pemuda antara lain:

    Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.Maka Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri.

    BalasHapus
  53. Nama:muhammad zilka firmansyah
    Kelas:X TKJ2
    Kesimpulan:sumpah pemuda mampu mempersatukan grakyat indonesia yang beragam suku,budaya,bahasa,daerah,sebab sebelum adanya deklarasi sumpah pemuda,perjuangan rakyat indonesia bersifat kedaerahan atau secara sendiri-sendiri,oleh karena itu dibuatlah sumpah pemuda,dan perjuangan pin berkembang,bangsa indonesia bersatu menjadi kesatuan yang tetap yang tidak mudah dipengaruhi bangsa asing yang ingin merusak bangsa

    BalasHapus
  54. Nama : Ade Prayoga
    Kelas : X TKJ 2
    Kesimpulan :
    adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu".

    BalasHapus
  55. Nama : Desinta
    Kelas: X TKJ 2
    Kesimpulan:
    Sumpah pemuda merupakan peristiwa yang sangat penting dalam perjuangan bangsa indonesia menuju kemerdekaan. Untuk kita sebagai kaum muda terpelajar harus mempunyai peranan penting untuk menuju cita-cita indonesia merdeka yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan. Jadi,kesimpulan sumpah pemuda yaitu mempunyai nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju kemerdekaan seperti memiliki semangat kebangsaan yang sangat penting bagi perjuangan rakyat indonesia.

    BalasHapus
  56. Nama : Intan Nur'aini
    Kelas : X Broadcasting 2


    Kesimpulan: Sumpah pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia. Karena sumpah pemuda hendaknya bisa dijadikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini supaya bangsa Indonesia tidak di jajah lagi oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  57. Nama:Fathir alfiqri
    Kelas:X tkj 2

    Kesimpulan:sumpah pemuda sangatlah penting bagi indonesia karena dengan adanya sumpah pemuda rakyat indonesia memiliki semangat yang lebih dan lebih membangun jati diri bangsa indonesia.kita sebagai pelajar harus memiliki cita cita untuk bangsa indonesia agar bangsa ini menjadi lebih baik lagi dan lebih maju.

    BalasHapus
  58. Nama : Rafina Arinita
    Kelas: X Tkj 1

    Dapat disimpulkan bahwasan nya Sumpah Pemuda adalah hal utama dalam sejarah pergerakan Para pemuda untuk menuju kemerdekaan Indonesia. Sumpah ini dianggap sebagai penyemangat untuk menyatukan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda adalah hasil dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia atau sekarang (Jakarta). Hasil Keputusan ini menegaskan cita-cita akan berdiri nya: tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan menjadi suatu asas bagi setiap perkumpulan masyarakat Indonesia. Sumpah Pemuda ini merupakan suatu hasrat yg di utarakan oleh para pemuda Indonesia dengan tujuan untuk memerdekakan negara Indonesia. Terima Kasih.

    BalasHapus
  59. Nama:putra cikal Ardian
    Kelas:X TKJ 2
    kesimpulan:Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi Nasional.

    BalasHapus
  60. Nama:Sherly Aulia Andheani
    Kelas: X Broadcasting 2
    Kesimpulan:bahwa sumpah pemuda itu penting bagi jati diri bangsa Indonesia karena bisa dijadikan generasi muda untuk bersaing di era global supaya kita tidak akan di jajah lagi dengan negara negara lain.

    BalasHapus
  61. Nama : Amanda nur pratiwi
    Kelas : 10 tkj 2
    Kesimpulan : Peran pemuda sangat penting untuk generasi penerus bangsa, kita sebagai pemuda bisa meneladani sikap kerja keras dan rasa nasionalisme para tokoh pejuang sumpah pemuda, sebagai pemuda kita juga harus memiliki tujuan agar indonesia lebih maju lagi dan untuk memerdekakan indonesia.
    Terimakasih

    BalasHapus
  62. Nama : MDimasrfs
    KELAS : X TKJ2

    Kesimpulan : bahwa sumpah pemuda sangatlah penting bagi kehidupan dengan adanya sumpah pemuda rakyat indonesia dapat mempunyai rasa dan jiwa nasionalis yang tinggi untuk memerdekakan bangsa indonesia dan juga sumpah pemuda merupakan bagian dari pembelajaran bagi rakyat indonesia bahwa begitu hebat nya para pahlawan kita yang sudah merelakan darah, jiwa raga, dan bahkan nyawanya untuk memerdekakan bangsa indonesia yang masih kita rasakan sampai saat ini

    BalasHapus
  63. Nama:Tohru Al-ilmi
    Kelas: X Tkj 2

    Kesimpulan:Sumpah pemuda merupakan peristiwa penting bagi negara indonesia.begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya.

    BalasHapus
  64. Nama:farida naryantika
    Kelas: X TKJ 2

    Kesimpulan:Sumpah pemuda bagi kaum pelajar memanglah sangat dibutuhkan dan dikembangkan secara baik, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk menggapai cita cita.
    Hingga munculah perilaku anarkis yang dialami oleh remaja. Mulai dari tawuran, penyalahgunaan narkoba dan rapuhnya rasa nasionalisme.
    Sering kali kita mendengar para remaja suka menyalah gunakan bahasa Indonesia sehingga menjadi rusak,
    Dibalik peristiwa sumpah pemuda pun terdapat juga nilai demokrasi.
    Pada masa kolonial Belanda rakyat menderita kemiskinan secara kritis.
    Sumpah pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928.
    Dan setiap tanggal 28 Oktober 1928 selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

    BalasHapus
  65. Nama:Rizky Nathaniel Lukas
    Kelas:X TKJ 1

    Kesimpulannya adalah Sumpah Pemuda sangat berperan penting bagi bangsa Indonesia,terutama bagi pemuda pemuda indonesia yang masih perlu bimbingan,sumpah pemuda juga berperan penting untuk membangkitkan jati diri bangsa indonesia,membangkitkan cita cita bangsa,membangkitkan persatuan bangsa agar bangsa kita terus maju.bangsa kita tidak harus takut lagi dengan bangsa lain yang ingin menjajah negeri kita,dengan bersatu kita akan menang melawan mereka yang ingin menjatuhkan bangsa kita,berkat sumpah pemuda.

    BalasHapus
  66. Nama:Siti nurfadiah
    Kelas:X BC 2
    Kesimpulan:sumpah pemuda ini merupakan hal utama dalam sejarah pergerakan para pemuda untuk menuju kemerdekaan indonesia.jati diri indonesia juga sebagai satu kesatuan merupakan suatu hal yang tak bisa di tawar meskipun bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap satu bahasa nasional kita yaitu bahasa indonesia.

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum
    Nama: Adam Ridiansyah Yusuf
    Kelas: X BC 2
    .
    Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab. Maka, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri

    BalasHapus
  68. Nama:arilimanjaya
    Kelas:x broadcasting 2
    Kesimpulannya:sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan nya.

    BalasHapus
  69. Nama:RIO FAHREZY
    Kelas: X TKJ 2
    KESIMPULAN DARI SUMPAH PEMUDA ADALAH

    Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

    BalasHapus
  70. Nama: Agung Febrianto
    Kelas: X TKJ 1

    Kesimpulan: Sumpah pemuda adalah pemersatu para pemuda pemudi dalam pergerakan dan perjuangan bangsa indonesia. Sumpah pemuda memiliki nilai nilai bagi kehidupan berbangsa, terutama untuk jati diri keindonesiaan. Sumpah pemuda juga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Berkat sumpah pemuda juga banyak organisasi organisasi pemuda terpelajar, hal ini memperkuat cita cita persatuan kebangsaan indonesia.

    BalasHapus
  71. Nama:Andika Rianto
    Kelas:x broadcasting²
    Kesimpulan:
    Makna Sumpah Pemuda:Makna yang tertuang dalam sumpah pemuda begitu sangat mendalam karena berisikan sebuah cita – cita, dimana saat itu agar mempersatukan semua rakyat dalam bangsa yang satu ialah bangsa Indonesia. Berdasarkan sumpah pemuda, segenap pemuda – pemudi diajak agar saling menjaga tanah air Indonesia dengan hal apapun.

    BalasHapus
  72. Nama: Fauzan Anshori rachman
    Kelas:x tkj2
    Kesimpulan sumpah pemuda adalah
    Pemersatu para pemuda,satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia.bertujuan agar para pemuda memiliki jiwa patriotisme

    BalasHapus
  73. Nama:ageng samudro
    Kls:X TKJ 2
    KESIMPULAN:Dibukanya program edukasi telah membuka jalan lahirnya kaum muda terpelajar yang kemudian menggerakkan kesadaran kebangsaan sehingga melahirkan gerakan kebangkitan nasional di Indonesia. Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  74. Nama aditya alamsyah
    Kelas X tkj2

    Kesimpulan nya:Bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum muda terpelajar. Mereka adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan. Sarana komunikasi dan transportasi adalah hal penting yang menghubungkan para kaum terpelajar untuk membentuk suatu ideologi kebangsaan. Berkembangnya pers atau media cetak telah menggerakkan ide-ide kemajuan, sehingga lebih memacu berkembangnya ideologi dan pergerakan kebangsaan.

    BalasHapus
  75. Nama:chandra setiawan
    Kelas:X TKJ 2
    Kesimpulan:
    sumpah pemuda hendaknya bisa di jadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa

    BalasHapus
  76. Nama :Ferian Haikel Umam
    Kelas:X TKJ 2
    Kesimpulannya:
    Kesimpulannya : kesimpulan yg bisa saya ambil sebagai pelajar atau kaum muda terpelajar. Kita adalah generasi baru yg membawa ide² pada kesadaran bangsa, sebagai generasi baru kita harus melajutkan perjuangan pemuda2 pada masa itu dengan cara mengamalkan sumpah pemuda, mena'ati peraturan yg ada dan lain sebagainya.. Makna yg terkandung dalam sumpah pemuda yaitu sangat mencintai tanah air indonesia rela berkorban untuk mempertahan kedaulatan bangsa..

    BalasHapus
  77. Nama: Devita Rahmaya
    Kelas: X TKJ 2
    Kesimpulan:
    Begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya.

    BalasHapus
  78. Nama: Ilsyah Ryan Nazril
    kelas: X broadcasting 2
    kesimpulan:
    Sumpah Pemuda mempunyai nilai-nilai strategis yang mendukung ke arah kesatuan dan persatuan bangsa seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Kalau sekarang nilai-nilai itu sepertinya terabaikan dalam berbangsa, itu adalah kesalahan transformasi nilai. Maka, yang kita butuhkan di masa depan adalah sejarah sebagai pembelajaran moral untuk kepentingan kebangsaan. Masa lalu sebagai pengalaman adalah guru dan darinya kita dapat berefleksi dan memperoleh banyak nilai yang terkandung di dalamnya.

    BalasHapus
  79. Nama:Lisnawati

    Kelas:X Broadcasting 2

    Kesimpulan:
    Pemuda pemudi meraih kemajuan Bangsa Indonesia muncul ketika banyak Pemuda telah mengecap bangku Sekolah, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, munculnya surat kabar telah memupuk kesadaran berbangsa dari seluruh lapisan masyarakat bumiputra. Kesadaran ini makin tampak dengan banyaknya organisasi kaum muda, yang mengarahkan tujuannya untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang merdeka.
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar.
    Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  80. NAMA:MUHAMAD TEGAR SURYA PERMANA
    KELAS:X TKJ1

    KESIMPULAN HARI SUMPAH PEMUDA

    adalah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.karna para pemuda adalah tonggak utama dalam sejarah indonesia,yang bertujuan supaya pemuda memiliki rasa patriotisme dan cinta tanah air

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Nama: PutraNurCahaya
    Kelas:X TKJ 1

    Kesimpulan:
    Segala sesuatu yang kita nikmati keberadaannya kita terima begitu saja tanpa membayangkan betapa sulitnya meraih, antara lain bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, kemerdekaan, dan pembangunan-pembangunan yang kita nikmati saat ini. Maka, tanggung jawab generasi saat ini adalah bagaimana mempertahankan apa yang telah ada dan jauh lebih penting lagi mengembangkannya. Untuk mengemban misi itu, kesatuan dan persatuan amat dibutuhkan mengingat begitu banyaknya rintangan-rintangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  83. Nama : Muhammad Agustya Maldi
    Kelas : X TKJ 2
    Kesimpulan : Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat penting, agar kita mendapat pengetahuan dan pemahaman, bahwa tegaknya kehidupan bangsa Indonesia harus dilandasi persatuan dan kesatuan. Nilai persatuan dan kesatuan sebagai nilai dasar dari Sumpah Pemuda harus terus digelorakan untuk memperkukuh jati diri keindonesiaan.dan pemuda berperan penting dalam mengisi kemerdekaan dan sebagai calon penerus bangsa ini

    BalasHapus
  84. Nama : Diya Amelia
    Kelas : X.BC2
    Kesimpulan : Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia.
    Melalui Kongers Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 telah digelorakan semangat persatuan dan kesatuan yang sangat pentingnya artinya untuk perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, dengan secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia merdeka sebagai tujuan para pemuda.

    BalasHapus
  85. Nama: Adelia Putri Indriani
    Kelas: X TKJ 1

    Kesimpulan:
    Sumpah pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dan momentual. Peristiwa ini adalah klimaks dari sebuah perjuangan yang dilakukan untuk mempersatukan seluruh bangsa menuju cita-cita Indonesia.
    Sumpah pemuda juga dikatakan sebagai tonggak persatuan dan kesatuan.

    Nilai yang paling penting dalam sumpah pemuda adalah persatuan, jati diri, semangat kebangsaan dan demokrasi. Setelah itu, nilai kemandirian, kedaulatan atau penguatan nasionalisme.
    Nilai persatuan, jati diri, semangat kebangsaan, dan demokrasi sangat penting karena pejuang rakyat Indonesia pada masa berikutnya akan menunjukan identitas ke-Indonesiaan secara nyata. Indonesia Merdeka adalah tujuan utama mereka.

    BalasHapus
  86. Nama:Farhan annashr robbill
    Kelas:X TKJ 1

    KESIMPULAN
    sumpah pemuda adalah suatu sumpah dari pemuda pemudi bangsa Indonesia untuk rela berkorban demi negara demi mendamaikan negara kita sendiri ,sumpah pemuda memiliki semangat yang tinggi pada pemuda pemudi dan menjadikan jati diri yang teguh pendirian terhadap bangsa Indonesia untuk membela negara.
    Pembentukan sumpah pemuda melalui kongres Pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan di iringi semangat nya para pemuda pemudi menjadikan sumpah pemuda sebagai sejarah Indonesia yang bertujuan pemuda pemudi memiliki sikap cinta tanah air dan rela berkorban demi Indonesia

    BalasHapus
  87. NAMA: NINDIA PUTRI
    KELAS: X BROADCASTING 2

    Kesimpulan:
    Jadi, kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Menggelorakan sumpah pemuda agar dapat dipahami dan diteladani oleh para remaja, pemuda dan juga kaum terpelajar. Serta mempercepat berkembangnya semangat nasionalisme dikalangan bangsa indonesia.

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Nama: PENI Kelas: X Broadcasting 2 Kesimpulan: kita sebagai kaum muda harus semangat menjadi warga negara indonesia harus rela berkorban dan pantang menyerah.kita harus bisa menjadi generasi penerus bangsa yg lebih baik dan membawa negara ini menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  90. Nama: Wulan tiara aulia
    Kelas : X Bc2

    Kesimpulan : kita sebagai kaum muda yang terpelajar kejadian peristiwa sumpah pemuda di jadikan sebagai pemersatu bangsa.Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati

    BalasHapus
  91. Nama:icha dwi sapira
    Kelas:XBc2

    Kesimpulan : Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia.
    Melalui Kongers Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 telah digelorakan semangat persatuan dan kesatuan yang sangat pentingnya artinya untuk perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, dengan secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia merdeka sebagai tujuan para pemuda.

    BalasHapus
  92. Nama:Putri Anggraeni
    Kelas:XBC2

    Kesimpulan:Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.
    Para pemuda dengan memahami sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia, telah melahirkan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya persatuan. Kiranya dapat cermati bagaimana ratusan tahun bangsa kita berjuang untuk membebaskan diri dari kekuasaan penjajahan.

    BalasHapus
  93. nama :dwi riyanto
    kelas :x broadcasting 1
    kesimpulan:Sumpah pemuda merupakan peristiwa yang sangat penting dalam perjuangan bangsa indonesia menuju kemerdekaan. 
    Momen sumpah pemuda tidak hanya hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa Jadi kesimpulan sumpah pemuda ;
    1.mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    2. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah Seperti isi sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 “satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa”. unsur kebudayaan indonesia.
    sekian terima kasih

    BalasHapus
  94. Nama : syifa fadillah
    Kelas : x broadcasting 1

    Kesimpulan hasil belajar :
    Sumpah pemuda adalah sebuah ikrar dari para pemuda yang dijadikan bukti otentik bahwa pada tangga 28 oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Sekarang ini banyak pemuda yang lupa akan sejarah para pemuda terdahulu. Sehingga banyak pemuda yang mudah terkontaminasi oleh hasutan orang-orang jahat

    BalasHapus
  95. NAMA : Arya Juliyawan
    Kelas : X BC 1


    jadi Kesimpulannya, kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa, Mereka adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan Dan Kita Seharusnya Sebagai Pemuda Yaitu Harus Mempunyai Rasa Nasionalisme ,Dengan rasa Nasionalme  yang tinggi maka persatuan dan kesatuan sebuah Negara semakin kuat, solidaritas social yang tinggi dan bisa mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

    BalasHapus
  96. nama:fadzle izza rizwaan
    kelas: X rpl1
    1. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia

    BalasHapus
  97. Nama : Yuni Nuranisyah
    Kelas: X Broadcasting 1

    kesimpulan :Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  98. Nama: hidayat
    Kelas: X rpl 1
    Kesimpulan: sebagai pemuda indonesia yang berbanga harus bisa membuat persatuan dan menjaga budaya budaya indonesia sebagaimana yang pernah diucapkan dalam sumpah pemuda karena itu kita juga harus meneruskan apa yang telah diperjuangkan pada masa lalu.Dengan seperti itu persatuan indonesia juga akan ikut terjaga dan timbulnya semangat berbangsa

    BalasHapus
  99. Nama : Fasha Riani Putri
    Kelas : x broadcasting 1

    Kesimpulan yang saya dapat adalah:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. sumpah pemuda dengan ikrarnya yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita persatuan negara Indonesia. sumpah pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna. di antara nya yaitu nilai-nilai persatuan, jati diri atau semangat kebangsaan dan demokrasi.

    BalasHapus
  100. Nama: Achmad Hafidh Tarigan
    Kls :xrpl1
    Kesimpulan :kita sebagai kaum muda yang terpelajar kejadian pristiwa sumpah pemuda di jadikan pemersataun bangsa sebagai pemuda indonesia yang berbangsa harus membuat persatuan dan menjadi budaya Indonesia sebagai mana yg harus di ucapkan dalam sumpah pemuda memiliki nilai nilai yang sangat bermakna di antaranya yaitu nilai nilai persatuan jati diri atau semangat kebangsaan dan demokrasi

    BalasHapus
  101. Nama: bunga nusantara
    Kls : x rpl 1
    Kesimpulan : sumpah pemuda memiliki nilai nilai yg sangat bermakna dalam menuju cita cita Indonesia merdeka . Dengan mengamalkan nilai nilai yg terdapat di dalam sumpah pemuda kita sebagai pemuda dapat memajukan negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Kita dapat meneladani semangat juang para pemuda saat itu untuk kita terapkan di dalam kehidupan sehari hari khusus nya pemuda pemudi yg berguna untuk bangsa dan negara

    BalasHapus
  102. Nama: Aditya Rafly F
    Kelas:X.BC1

    Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh bagian rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.Sumpah Pemuda ini merupakan suatu hasrat yg di utarakan oleh para pemuda Indonesia dengan tujuan untuk memerdekakan negara Indonesia.

    BalasHapus
  103. Nama:Ananda Rizki Fadillah
    Kelas:X Broadcast 2
    Kesimpulan :kesimpulan dari yang saya baca adalah politik etis dibentuk karena bertujuan untuk mensejahterakan rakyat melalui bidang pendidikan,irigasi dan transmigrasi. Pada bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum pemuda agar terpelajar dan bisa menghasilkan ide ide atau gagasan untuk kemajuan bangsa indonesia. Setelah itu ada perkembangan pers/media cetak yang bisa membantu mengembangkan pergerakan bangsa tetapi para pemuda maupun wanita masih belum bisa menciptakan persatuan akhirnya ikrar sumpah pemuda yang bisa memberikan nilai nilai dan jati diri atau semangat terhadap bangsa ini. Maka dari itu mari kita mulai untuk mencintai negeri ini, menghargai karya bangsa ini dan menjaga persatuan dan kesatuannya

    BalasHapus
  104. Nama :mella puspita sari
    Kls. :x-rpl-1

    Kesimpulan:kita sebagai pemuda
    indonesia terpelajar menegaskan tiga
    jati diri penting bangsa,dengan memiliki nilai-nilai sangat bermakna untuk menuju indonesia merdeka dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi maka persatuan dan kesatuan negara semakin kuat.

    BalasHapus
  105. Nama:Erin Rosdiana
    Kls : X rpl 1
    Kesimpulan:
    1.Sumpah pemuda ialah salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia, sumpah pemuda ini merupakan peristiwa yang sangat penting karena telah menyatukan seluruh pemuda pemudi dari Sabang sampai Merauke untuk 1 tujuan. 2.pelaksanaan Politik Etis telah melahirkan kaum muda yang terpelajar
    Sekian terimakasih.

    BalasHapus
  106. Nama:Siska audina Fadilah
    Kls x broadcasting 1
    Kesimpulan:
    Sumpah Pemuda, hampir setiap momen
    perubahan dan pembaharuan di Indonesia tidak pernah lepas dari peran pemuda. Sebut saja peristiwa Proklamasi Indonesia, penumpasan G30S/PKI dan lahirnya Orde Baru serta gerakan reformasi tahun 1998, kaum muda tampil sebagai penggerak dan pelopor. Peranan mereka dapat menentukan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

    BalasHapus
  107. Nama:salsabilabrosdiana
    Kelas:rpl 1
    Kesimpulan:
    sumpah pemuda dan penguatan jati diri keIndonesiaan yaitu bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebelum adanya deklarasikan sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  108. nama: mutiara putri azzahra
    kls: X broadcasting 1
    kesimpulan: “Sumpah pemuda itu muncul untuk menentukan jati diri Indonesia itu. Jati diri Indonesia itu, identitas Indonesia yaitu mereka menentukan pada tanggal 28 Oktober yang disebut dengan sumpah pemuda,” Sumpah pemuda bagi kaum pelajar memanglah sangat dibutuhkan dan dikembangkan secara baik, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk menggapai cita cita.

    BalasHapus
  109. nama:azzah fauziyah
    kelas:x rpl 1
    kesimpulan:
    Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  110. Nama: seli fikriyah
    Kelas: X rpl1
    Kesimpulan:
    begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya. Dan menerapkan tiga jati diri kita sebagai pelajar.

    BalasHapus
  111. Nama: seli fikriyah
    Kelas: X rpl1
    Kesimpulan:
    begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya. Dan menerapkan tiga jati diri kita sebagai pelajar.

    BalasHapus
  112. Nama:agus nur hikmah
    Kls:x rpl 1
    Kesimpulan:menjadikan pemuda pemudi indonesia untuk mengingat jasa para pahlawan yg reka berkorban agar pemuda pemudi indonesia bisa menjungjung tinggi bangsa dan negara

    BalasHapus
  113. Nama: Annisa fitriana
    Kelas: x rpl 1

    kaum pemuda terpelajar memiliki rasa nasionalisme yang sangat kuat untuk negara kita yang memiliki ide ide yang bagus memiliki pemikiran rasional

    BalasHapus
  114. Nama:ananda dwi febiyanti
    Kelas:X.RPL.1


    Kesimpulan:Kaum pemuda seperti kita tahu dengan peristiwa pergerakan nasionalis semakin bersemangat untuk memberikan kekuatan dalam kaum pemuda,pemerintah kolonial terhadap organisasi pergerakan .

    BalasHapus
  115. nama: amelia agustin
    kls: x rpl 1
    kesimpulan:
    politik etis melahirkan kaum muda yang terpelajar,kita sebagai kaum pelajar harus menjadikan sumpah pemuda sebagai motivasi untuk menjadi pemuda yang mempunyai tujuan memajukan negara indonesia

    BalasHapus
  116. Nama:Juanda
    Kelas:X BC1

    Kesimpulan:
    Sumpah Sumpah pemuda ialah salah satu saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia, sumpah pemuda ini merupakan peristiwa yang sangat penting karena telah menyatukan seluruh pemuda pemudi dari Sabang sampai Merauke untuk 1 tujuan.

    BalasHapus
  117. Nama :Fino Ramadan
    Kelas :XRPL1
    Kesimpulan:Segala sesuatu yang kita nikmati keberadaannya kita terima begitu saja tanpa membayangkan betapa sulitnya meraih, antara lain bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, kemerdekaan, dan pembangunan-pembangunan yang kita nikmati saat ini. Maka, tanggung jawab generasi saat ini adalah bagaimana mempertahankan apa yang telah ada dan jauh lebih penting lagi mengembangkannya.

    BalasHapus
  118. Nama : Rara Safira
    Kelas : X Broadcasting 1

    Kesimpulan :
    Sumpah pemuda memang jadi momen bersejarah yang punya peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat itu. Tak heran jika banyak yang antusias memperingati hari Sumpah Pemuda di setiap tanggal 28 Oktober.
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.
    Pada alinea pertama terkandung kalimat "Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia". Makna Sumpah Pemuda pada alinea pertama ini menggambarkan bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan kemerdekaan hingga titik darah penghabisan.

    BalasHapus
  119. Nama: vivienoctaviani
    Kelas: Xrpl¹
    Kesimpulan belajar:
    Semangat era etis adalah kemajuan menuju modernitas. Perluasan pendidikan gaya barat sebagai model pendidikan modern merupakan tanda resmi dari bentuk Politik Etis itu. Pendidikan itu hanya saja menghasilkan tenaga kerja yang diperlukan oleh negara, tetapi juga pada sektor swasta Belanda.
    Adanya pendidikan gaya Barat itu membuka peluang bagi mobilitas sosial masyarakat di tanah Hindia/Indonesia. Pengaruh pendidikan Barat itu pula yang kemudian memunculkan sekelompok kecil intelektual bumiputra yang memunculkan kesadaran, bahwa rakyat bumiputra harus mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain untuk mencapai kemajuan.

    BalasHapus
  120. Nama:M.Bintang abiana
    Kelas:x Rpl 1
    Di samping didorong oleh pelaksanaan Politik Etis sebagai pembuka munculnya kaum terpelajar, peran pers/media cetak, dan paham-paham baru, secara eksternal, munculnya kesadaran nasional itu juga dipicu oleh beberapa peristiwa dunia. Misalnya adanya Gerakan Turki Muda, Revolusi Cina, Gerakan Nasional di India dan Filipina.

    BalasHapus
  121. Nama: Muhamad Sidik
    Kelas:X RPL 1
    Kesimpulan:
    Pemuda sangatlah berpengaruh dalam maju mundurnya suatu bangsa, menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepadanilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Dan jadilah pemuda yang terpelajar dan terpendidik.

    BalasHapus
  122. Sebagai generasi muda kita harus mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi seperti para pahlawan kita yang telah mengorbankan harta benda dan nyawanya untuk membebaskan indonesia dari para penjajah. Perlulah kita menghargai perjuangan para pahlawan kita dengan berkarya membangun indonesia menuju peradaban yang modern dan janganlah kita sampai melupakan semboyan “bhinneka Tunggal ika agar kita tidak terpecahkan oleh kerasnya peradaban.

    BalasHapus
  123. Nama:Ali Mahfud Nur
    Kls:X.BC 2

    Menurut saya,Sebagai generasi muda kita harus mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi seperti para pahlawan kita yang telah mengorbankan harta benda dan nyawanya untuk membebaskan Indonesia dari para penjajah. Perlulah kita menghargai perjuangan para pahlawan kita dengan berkarya membangun Indonesia menuju peradaban yang modern. Dan janganlah kita sampai melupakan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” agar kita tidak terpecahkan oleh kerasnya peradaban. Memperingati hari Sumpah Pemuda dan Pahlawan juga sangat penting untuk kita agar kita tidak melupakan betapa susahnya pahlawan kita mempersatukan berbagai macam perbedaan menjadi satu yaitu Indonesia.

    BalasHapus
  124. Nama: putri salsabilla
    Kls: x broadcasting 1

    Kesimpulannya Sumpah Pemuda sangat berperan penting bagi bangsa Indonesia,begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka,kita sebagai pemuda bisa meneladani sikap kerja keras dan rasa nasionalisme para tokoh pejuang sumpah pemuda

    BalasHapus
  125. Nama : Alief Randhinka Putra
    Kelas : X BC 1

    Kesimpulan : Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan.
    ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa merupakan ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.
    Ikrar ini atau Sumpah Pemuda yang dibacakan di arena Kongres Pemuda II dan dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah, nantinya, 17 tahun kemudian, melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945.
    Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu".
    Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menyebutkan nilai-nilai Sumpah Pemuda antara lain:
    Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.
    Maka, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri.

    BalasHapus
  126. Nama :Ilham Pahri
    Kelas :X RPL 1

    Kesimpulan:
    Sumpah Pemuda memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Maka, hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri.

    BalasHapus
  127. Nama :Abdul Rahman
    Kelas:X broadcasting 1

    Kesimpulan:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar. Hal ini tampak jelas terutama setelah dilaksanakan Politik Etis di Indonesia. Dibukanya program edukasi telah membuka jalan lahirnya kaum muda terpelajar yang kemudian menggerakkan kesadaran kebangsaan sehingga melahirkan gerakan kebangkitan nasional di Indonesia. Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  128. Nama:Fikri hawari
    Kelas:X BC1

    Kesimpulan:
    Dalam makna yang tertuang pada sumpah pemuda terasa sangat mendalam karena berisikan cita-cita pemuda dan pemudi saat itu untuk mempersatukan seluruh rakyat dalam bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia. Melalui Sumpah Pemuda, segenap pemuda-pemudi diajak untuk saling menjaga tanah air Indonesia dalam hal apapun.

    BalasHapus
  129. Nama : Intan Ramadhania
    Kelas : X Broadcasting 1
    Kesimpulan : kesimpulan nya adalah sumpah pemuda dapat mendorong semangat persatuan kebangsaan, mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan, dan pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia. Dan kaum terpelajar pun mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.

    BalasHapus
  130. Muhamad kevin
    X BC 1
    Sumpah Pemuda merupakan sebuah tonggak sejarah yang paling penting di Indonesia, sebab sebagai tanda bukti otentik dari lahirnya negara kita ini. Setelah bangsa kita ini dijajah oleh para Kolonialisme yang berlangsung selama berabad-abad lamanya.

    BalasHapus
  131. Nama :Ayu Yuliana
    Kelas:X Broadcasting 1

    Kesimpulan:
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam hidup berbangsa. Kesadaran ini makin tampak dengan banyaknya organisasi kaum muda, yang mengarahkan tujuannya untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang merdeka.

    Puncaknya adalah terjadinya peristiwa sumpah pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    Semangat sumpah pemuda:
    1. Mendorong semangat persatuan kebangsaan.
    2. Mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.
    3. Pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan Indonesia.

    Kutipan jati diri keindonesiaan:
    Membangun Jati Diri Keindonesiaan

    “Hasrat untuk meraih kemajuan bangsa Indonesia muncul saat banyak pemuda telah mengecap bangku sekolah, baik dalam atau luar negeri. Selain itu, munculnya surat kabar sudah memupuk kesadaran berbangsa dari seluruh lapisan masyarakat bumiputra. Kesadaran ini makin tampak dengan banyaknya organisasi kaum muda, yang mengarahkan tujuannya untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang merdeka”

    Contoh kutipan yang menegaskan bahwa kaum terpelajar mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus
  132. Nama : Nabilah Harsika
    Kelas : X BC 1
    Kesimpulan :
    Bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyar indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya,bahasa,daerah,suku,kebudayaan,kehidupan sosial,serta cara berpikir. Sebelum adanya dideklarasikannnya sumpah pemuda,perjuangan bangsa indonesia pada zaman dahulu hanya bersifat kedaerahan/terpisah pisah. Dengan ada nya sumpah pemuda,maka perjuangan indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini,jati diri bangsa indonesia sebagai salah satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang bersifat merusak bangsa indonesia sebagai satu kesatuan.
    Penguatan nyata jati diri keindonesia dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri dari 3 bagisan,yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat indonesia yang bertanah air seta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yg tersebar dari sabang hingga merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesian sebagai satu sesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa ditawar meskipun bahasa daerannya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam bahasa nasional kita yaitu bahasa indonesia.

    BalasHapus
  133. Annisa Puri Aprilia22 Maret 2020 pukul 22.28

    Nama : Annisa Puri Aprilia
    Kelas : X Broadcast 1
    Kesimpulan :
    Kesimpulan yang telah saya ambil dari materi di atas adalah Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting yang historis-monumental dalam dinamika perjuangan bangsa menuju cita-cita persatuan Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Makna sumpah pemuda bagi generasi muda adalah untuk mengenang bagaimana semangat para pemuda dalam memperjuangkan bangsa Indonesia. Puncaknya terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda bersatu dalam berjuang untuk tumpah darah Indonesia. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan factor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa.

    BalasHapus
  134. Nama:leony putri azhari
    Kelas:rpl 1
    Kesimpulan:
    sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesia adalah perjuangan bangsa indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau terpisah pisah, jati diri bangsa indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah terpengaruh oleh dunia luar yg sifatnya merusak bangsa indonesia.

    BalasHapus
  135. Nama:Defira Aryanti
    Kelas:X BC 1
    Kesimpulan:begitu besar kerja keras dan pengorbanan para pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya.

    BalasHapus
  136. Nama: pitria
    Kelas: X Broadcasting 1

    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Setelah berhasil menggelorakan Sumpah Pemuda, hampir setiap momen perubahan dan pembaharuan di Indonesia tidak pernah lepas dari peran pemuda.

    Semangat sumpah pemuda.
    1. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia

    BalasHapus
  137. Nama : Hilda Al Kayis
    Kelas : X Broadcasting1
    Kesimpulan :
    Peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan. Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri. Serta harus menumbuhkan rasa nasionalisme & patriotisme untuk kemajuan bangsa.

    BalasHapus
  138. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  139. Nama : Amirah Nur Aini
    Kelas : X Broadcasting 01


    Kesimpulan : Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.karena itu kita harus menjadi pelajar yang pintar dan cermat. Agar nantinya akan ada yang melanjutkan kita dan mencontoh perbuatan kita yang baik. Tidak seperti tauran,maupun penyalahgunaan narkoba. Dengan ada nya sumpah pemuda,para pemuda telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia, penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme.

    BalasHapus
  140. Nama:Nurfaris dirja
    Kelas:X BC1

    KESIMPULAN:Pemuda indonesia Harus mempunyai Jiwa Patriotisme,sebagai rasa nasionalisme yang baik. Begitu juga pemuda indonesia harus mempertahankan Negara indonesia.

    BalasHapus
  141. Nama: nazma Syahrani
    Kelas:XRPL1

    KESIMPULAN>> para pemuda Indonesia harus mempunyai kesadaran dan sikap nasionalisme untuk mempertahan kan negara Indonesia, sebab negara Indonesia memiliki pemuda yg bertanggung jawab terhadap negaranya.

    BalasHapus
  142. Nama : Intan Nuraini
    Kelas : X Broadcasting 1



    Kesimpulan :
    Dulu,kaum muda terpelajar mempunyai peranan penting untuk mencapai kemajuan bangsa indonesia.dia berjuang dengn belajar demi bangsa indonesia.setelah di bukanya program edukasi,kaum muda terpelajar menggerakan kesardaran bangsa sehingga kaum muda terpelajar melahirkan gerakan peristiwa sumpah pemuda yang meneguhman 3 pilar jati diri keindonesiaan.yaitu tanah air,bangsa dan bahasa indonesia yang di tetap kan pada tanggal 28 oktober 1928.Sumpah pemuda di buat bertujuan untuk mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa indonesia dan melaksanakan cita cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda pemuda indonesia,agar tetep mempertahankan kan kedaulatan bangsa indonesia.kita sebagai pelajar harus mengenang jasa dan menghargai perjuangan para pahlawan tersebut.

    BalasHapus
  143. Nama:Harry Nugraha
    Kelas :X RPL 1
    KESIMPULAN:jangan kita siasiakan perjuangan segenap pemimpin terdahulu yang telah berjuang demi mempertahankan negara ini mari kita bersatu layaknya pemuda yang betumpah darah Indonesia yang berbangsa Indonesia serta menjunjung tinggi bahasa Indonesia.mungkin jika terdengar 28 oktober th 1928 itu hanyalah sekedar ucapan belaka tetapi banyak makna loyalitas, yang mempersatukan bangsa maka dari itu sebagai pemuda mari kita contoh pemuda2 terdahulu yang berkorban harta,tenaga,jiwa dan pikiran
    Terimakasih

    BalasHapus
  144. Nama:iip dany budi utomo
    Kelas:X broadcasting 1

    mendorong semangat persatuan kebangsaan

    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan

    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia

    BalasHapus
  145. Nama : Vinadhiya rihhadatul
    kelas: X broadcasting 2
    Hasil belajar:

    Dalam periode pergerakan kebangsaan ini telah terjadi peristiwa yang sangat penting dan monumental, yakni peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini dapat dikatakan sebagai klimaks dari sebuah perjuangan untuk mempersatukan seluruh bangsa menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  146. Nama : Ananda Rafli Juliansyah
    Kelas: X RPL 1

    Kesimpulan :
    Kita sebagai kaum muda yang terpelajar seharusnya paham akan perjuangan yang dilakukan oleh pahlaaN bangsa yang telah lalu, menyikapi hal ini pemuda Indonesia harusnya mengisi kemerdekaan dengan cara : (mendapat prestasi untuk membanggakan nama indonesia),(lebih berguna untuk masyarakat,bangsa dan negara),(Tidak mencoreng nama baik diri di masyarakat),(Menjaga nama baik bangsa di mata dunia).
    Dengan adanya sumpah pemuda sebagai pelopor bangsa untuk bersatu padu seharusnya semakin dijunjung tinggi dengan melakukan : (toleransi antar agama),(menyikapi setiap permasalahan dengan musyawarah),(tidak menyebarkan ujaran kebencian).
    Dengan hal-hal tersebut Indonesia akan semakin paham akan persatuan di bidang politik,sosial-budaya,dsb.
    sehingga membuat sadar setiap lapisan masyarakat,seharusnya kita bersatu demi kemajuan bangsa bukan untuk mempermasalahkan perbedaan yang merupakan ciri khas bangsa kita

    sekian dari saya,
    Terima Kasih

    BalasHapus
  147. Nama : Amalia Puspita P.N
    Kelas : X RPL 1
    Kesimpulan :
    Politik etis melahirkan kaum-kaum yang terpelajar seperti kita saat ini,kita sebagai kaum terpelajar saat ini harus menjadikan sumpah pemuda sebagai pedoman hidup kita yang dimana pemuda harus menjunjung tinggi bahasa indonesia sebagai persatuan bangsa dan mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan

    BalasHapus
  148. Nama:Muhammad Ibnu
    Kelas:X.Broadcasting 2
    Sumpah pemuda merupakan suatu proses pergerakan nasional untuk menentukan jati diri Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 1928, proses penentuan jati diri itu menjadi sumpah pemuda.

    Sumpah pemuda adalah momen penting di mana para pemuda Indonesia menyatakan jati diri mempunyai bangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia. Kemudian, bertanah air satu, tanah air Indonesia. Dan terakhir, berbahasa satu, bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  149. Nama:Gracia Dewi Maharani
    Kelas: X RPL 1

    Sumpah pemuda dengan ikrarnya yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita persatuan negara Indonesia. sumpah pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna.

    Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

    Dan kita sebagai kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar.

    BalasHapus
  150. nama :syintia widya n.
    kelas:x-rpl 1

    kesimpulan/hasil belajar:

    Politik etis yang mencakup bidang pendidikan, irigasi, dan emigrasi memberikan pengaruh terhadap bangsa Indonesia terutama bidang pendidikan. Berbagai organisasi pemuda berusaha mewujudkan cita-cita persatuan. Melalui kongres pemuda II yang melahirkan sumpah pemuda dgn ikrarnya satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yang mengembangkan semangat persatuan. Sumpah pemuda mengandung nilai persatuan, jati diri kita dan semangat kebangsaan. Sebagai kaum pelajar peran kita sangat penting dan berpengaruh dalam maju dan mundurnya suatu bangsa. Kita harus mempunyai jiwa nasionalime yang tinggi.

    BalasHapus
  151. Nama: Rosalinda
    Kelas : x broadcasting 1
    Kesimpulan saya setelah belajar materi ini yaitu bisa
    1. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia
    Dan jati diri bangsa Indonesia
    Kualitas yang menggambarkan suatu jatidiri bersifat unik, khas, yang mencerminkan pribadi individu dimaksud. Jatidiri akan mempribadi dan menjadi prinsip  dalam diri individu yang akan selalu nampak dengan konsisten dalam sikap dan perilaku individu dalam menghadapi setiap permasalahan.

    BalasHapus
  152. Nama : Sunny Chandra
    Kelas: X RPL 1
    -Sumpah pemuda
    Hasil dan Rumusan pembelajaran
    Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

    Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

    Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

    -Jati diri bangsa Indonesia
    Yang dimaksud jati diri bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang didalam masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama, berisi konsep, prinsip, dan nilai dasar yang diangkat menjadi dasar negara sebagai landasan statis, ideologi nasional, dan sebagai landasan dinamis bagi bangsa yang bersangkutan dalam menghadapi segala permasalahan menuju cita-citanya.

    BalasHapus
  153. nama: chika yuliani
    kelas: x broadcasting 1
    kesimpulan: Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesadaran demi mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Maka dari itu kaum terpelajar harus bisa memahami dan memiliki pengetahuan tentang sejarah sumpah pemuda.Dan nilai persatuan dan kesatuan sebagai nilai dasar dari Sumpah Pemuda yang harus terus di gelorakan untuk memperkukuh jati diri keIndonesiaan.

    BalasHapus
  154. Nama : Dina Novia putri
    kelas : 10 bc 1
    kesimpulan nya: Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  155. nama : Fitri Handayani
    kelas:X rpl 1

    kesimpulan/hasil belajar:

    Politik etis yang mencakup bidang pendidikan, irigasi, dan emigrasi memberikan pengaruh terhadap bangsa Indonesia terutama bidang pendidikan. Berbagai organisasi pemuda berusaha mewujudkan cita-cita persatuan. Melalui kongres pemuda II yang melahirkan sumpah pemuda dgn ikrarnya satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yang mengembangkan semangat persatuan. Sumpah pemuda mengandung nilai persatuan, jati diri kita dan semangat kebangsaan. Sebagai kaum pelajar peran kita sangat penting dan berpengaruh dalam maju dan mundurnya suatu bangsa. Kita harus mempunyai jiwa nasionalime yang tingg

    BalasHapus
  156. Nama :lala amelia
    Kls :x rpl 2


    Menurut saya kesimpulannya adalah pertama sumpah pemuda adanya sumpah pemuda untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia serta yang kedua adalah demi menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air.

    BalasHapus
  157. nama : sofi dwiyanti
    kelas : x broadcasting 1

    kesimpulan : Sumpah pemuda itu muncul untuk menentukan jati diri Indonesia itu. Jati diri Indonesia itu, identitas Indonesia yaitu mereka menentukan pada tanggal 28 Oktober yang disebut dengan sumpah pemuda. Oleh karena itu, kita peringati sumpah pemuda ini tanpa berhura-hura. Marilah kita bersatu padu, mari kita kompak, mari kita bangun bangsa Indonesia ini demi generasi yang lebih baik ke depannya

    BalasHapus
  158. Nama:Dimas Arya saputara
    Kelas:X rpl2

    Menurut saya kesimpulan nya adalah
    Pertama sumpah pemuda adalah suatu tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia dan untuk memajukan bangsa Indonesia serta yang kedua adalah demi menguatkan dan menyejahterakan hubungan antara para pemuda bangsa Indonesia di tanah air RI

    BalasHapus
  159. Nama:Muhamad Ariffin
    Kelas:rpl 2
    KESIMPULANNYA:
    sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesia adalah perjuangan bangsa indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau terpisah pisah, jati diri bangsa indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah terpengaruh oleh dunia luar yg sifatnya merusak bangsa indonesia.👍

    BalasHapus
  160. Nama; Claudia Safitri
    Kelas; X.Rpl2
    Kesimpulan; Dahulu para kaum muda sangat dibutuhkan bangsa, untuk mencapai kemerdekaan, dan juga kaum muda berperan penting bagi bangsa Indonesia untuk terus memajukan bangsa ini. Tidak dulu, sekarangpun kaum muda sangatlah penting untuk menjadi generasi penerus para pahlawan.

    BalasHapus
  161. Nama:Andra Ramdan Wahyudin
    Kelas:XPRL 2
    Kesimpulan nya adalah,
    1. mendorong semangat persatuan kebangsaan
    2. mendorong semangat perjuangan utk mencapai kemerdakaan
    3. pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia.

    BalasHapus
  162. Nama:Nurfadilla
    Kelas:X rpl 2

    Kesimpulan:Kita harus membangkit kan pemuda indonesia agar negara kita akan lebih baik dan membangkitkan jiwa nasionalisme bagi kamu generasi muda saat ini

    BalasHapus
  163. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  164. Nama:Fani tria wahyuni
    Kls:x,rpl²
    Kesimpulan yang saya ambil dari pembelajaran nya adalah pahlawan untuk mewujudkan cita-cita merdeka. Untuk itu kita sebagai generasi pemuda-pemudi indonesia seharusnya mencontoh sikap kerja keras dan nasionalisme para pahlawan. Dimulai dari hal terkecil, Sebagai seorang pelajar kita harus belajar tekun untuk membuat negara Indonesia lebih maju kedepannya.

    BalasHapus
  165. Nama : yurico bagus dwi amggoro
    Kelas: X/RPL2
    Yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia

    BalasHapus
  166. Nama:sherly septiani
    Kelas:X rpl 2
    sumpah pemuda ini merupakan peristiwa yang sangat penting karena telah menyatukan seluruh pemuda pemudi dari Sabang sampai Merauke untuk 1 tujuan,dan karna adanya sumpah pemuda dapat mempersatukan para pemuda dari berbagai daerah di indonesia

    BalasHapus
  167. Nama: Aini Putri Azizah
    Kelas: X. Broadcasting 1
    Kesimpulan:

    politik etis dibentuk karena bertujuan untuk mensejahterakan rakyat melalui tiga bidang. Pada bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum pemuda agar terpelajar dan bisa menghasilkan ide ide atau gagasan untuk kemajuan bangsa indonesia. Setelah itu ada perkembangan pers/media cetak yang bisa membantu mengembangkan pergerakan bangsa tetapi para pemuda maupun wanita masih belum bisa menciptakan persatuan akhirnya ikrar sumpah pemuda yang bisa memberikan nilai nilai dan jati diri atau semangat terhadap bangsa ini. Dimana ikrar itu berisikan,
    bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  168. Nama : Haura Amaliyah
    Kelas : X RPL 2

    Kesimpulan : Kaum muda terpelajar mempunyai peranan penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Sumpah Pemuda juga menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Ketiga hal ini, menegaskan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  169. Nama: Muhammad afdan alghifari
    Kelas : x.rpl.2
    Kesimpulan :
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.puncaknya adalah pada saat pembacaan sumpah pemuda. Dan sekarang kaum pemuda kebanyakan malas malasan. Dulu kaum pemuda sangat di butuhkan untuk mencapai kemerdekaan. sekarang pun juga sama, pemuda sangat di butuhkan untuk mengisi kemerdekaan itu dan sebagai generasi pembaharuan bangsa untuk lebih maju.
    Terimakasih

    BalasHapus
  170. M.FARID.ARDIANSYAH (kelas:x rpl2)23 Maret 2020 pukul 02.17

    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar

    BalasHapus
  171. Nama :Adryan Awaludin
    Kelas:x rpl 2

    Kesimpulan :kita harus Menjadikan pemuda pemudi indonesia untuk mengingat jasa para pahlawan yang rela berkorban
    agar pemuda pemudi indonesia bisa menjunjung tinggi bangsa dan negara

    BalasHapus
  172. Nama :Adryan Awaludin
    Kelas:x rpl 2

    Kesimpulan :kita harus Menjadikan pemuda pemudi indonesia untuk mengingat jasa para pahlawan yang rela berkorban
    agar pemuda pemudi indonesia bisa menjunjung tinggi bangsa dan negara

    BalasHapus
  173. NAMA : VANYA HALIM
    KELAS : X RPL 2


    Belajar sejarah tentang Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat penting, agar kita mendapat pengetahuan dan pemahaman, bahwa tegaknya kehidupan bangsa Indonesia harus dilandasi persatuan dan kesatuan. Sumpah Pemuda memiliki nilai yang sangat bermanfaat untuk kaum muda agar bisa menerapkan nya di kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  174. NAMA: MUHAMAD RAFI NAUFAL
    KLS : 10 RPL 2
    KESIMPULAN: warga indonesia harus memiliki jiwa rasa cinta tanah air,dan mengakui bahwa kita warga indonesia dan juga kita harus membangkitkan pemuda indonesia agar negara kita akan lebih baik

    BalasHapus
  175. Nama:Raihan Eko Mulawarman
    Kelas:X Rpl 2

    Kesimpulan:
    Sebagai pelajar mempunyai peran penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa
    Serta mendorong persatuan dan kesatuan bangsa dan selalu menjunjung tinggi jati diri bangsa dengan cara
    Mencintai tanah air
    Melestarikan kebudayaan dan masih banyak lagi

    BalasHapus
  176. Nama : Silfia nopi yanti
    Kelas : X rpl 2

    kesimpulan : sebagai warga negara Indonesia, dan kita sebagai pelajar, harus mampu mendorong semangat persatuan kebangsaan, mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdakaan, pertumbuhan bahasa indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan indonesia, dan untuk meraih kemajuan bangsa Indonesia dan mengarahkan tujuannya untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang merdeka

    BalasHapus
  177. NAMA : AHMAD MURSITO
    KELAS : X RPL 2

    Kesimpulan:

    Sumpah pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia. Karena sumpah pemuda hendaknya bisa dijadikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini, supaya bangsa Indonesia tidak di jajah lagi oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  178. Nama: Husnul Khotimah
    Kelas: X RPL 2
    Kesimpulan:
    Sumpah pemuda dapat di artikan sebagai membangun jiwa persatuan dan kesatuan pada pemuda pemudi Indonesia,untuk memperjuangkan dan membela Indonesia.
    Kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa.Puncaknya adalah terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda yang telah meneguhkan tiga pilar jati diri keindonesiaan: tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  179. Andi Radita Dafa
    X.bc 1
    Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  180. Wina yuliana
    X. rpl 2

    Kesimpulannya :


    #Kesimpulan
    Bedasarkan Hasil Penulisan Ini, Kami Dapat Menyimpulkan Beberapa Hal Mengenai Memaknai Sumpah Pemuda Yang Bedasarkan Sebagai Berikut :
    1.
    Pemuda merupakan sumber potensi yang dapat menciptakan keadaan yang lebih baik bagi suatu Bangsa.
    2.
    Pemuda sangatlah berpengaruh dalam maju mundurnya suatu bangsa, menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepadanilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
    3.Perbedaan Pemuda Pada Zaman Sekarang Dengan Pemuda Zaman DahuluAdalah Pemuda pada Zaman Sekarang Banyak Yang
    tidak peduli terhadap masalah-masalah di lingkungan masyarakat, Mudah Terpengaruh Dengan Hal-Hal ang !egati", Dan Tidak Bisa Meman"aatkan Teknologi-Teknologi ang #udah #emakin $anggih. #edangkan Pemuda pada %aman Dahulu lebih berpikir secara rasional dan jauh ke depan. Dalam arti, mereka tidak asal dalam berpikir maupun bertindak, tetapi mereka merumuskannya secara matang dan mengkajinya kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan muncul dari berbagai aspek.
    4.
    De"inisi pemuda dapat dikaitkan dengan kondisi "isik atau phisikis yang identik dengan semangat dan usia.
    Defnisi kata Pemuda enurut
    Princeton adalah sebagai waktu hidup antara masa kanak-kanak dan kedewasaan& kematangan dini& negara-negara dari keberadaan atau tidak dewasa atau tidak berpengalaman& kesegaran dan 'italitas karakteristikorang muda.

    BalasHapus
  181. Nama : angellyka
    Kelas: x bc1

    Dengan adanya peristiwa sumpah pemuda seharusnya generasi milenial mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dengan bersaing di era global seperti sekarang ini supaya bangsa Indonesia tidak dijajah lagi oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  182. Nama:amaliyah Syahidah
    Kelas:10 Rpl 2
    Sumpah pemuda merupakan wujud persatuan dan kesatuan kaum pelajar ditengah penjajahan dan penindasan kolonial belanda.kaum pelajar pemuda pemudi indonesia berperan aktif dalam berbagai penumpasan perlawanan mengusir penjajah dan gerakan separatis dari dalam negeri.di awali abad 20 an politik etis dan pers membawa kemajuan dan bangkitnya rasa nasionalisme terhadap bangsa sehingga terbentuklah kongres pemuda 1 dimana pemahaman satu nusa satu bangsa dan satu bahasa menjadi cita cita bangsa kongres pemuda 2 banyak melahirkan perhimpunan atau organisasi pemuda dari berbagai wilayah di nusantara sehingga menguatkan jadi diri ke Indonesiaan untuk kemajuan peradaban persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia pada tanggal 20 oktober 1928 terbentuklah sumpah pemuda yang mencetuskan semangat satu nusa satu bangsa satu bahasa kita Indonesia.

    BalasHapus
  183. Nama : Neng Silvi Aprilianti
    Kelas : X Broadcasting 1

    Kesimpulan :
    • Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Sumpah pemuda menjadikan pemuda pemudi indonesia untuk mengingat jasa para pahlawan yang rela berkorban
    agar pemuda pemudi indonesia bisa menjunjung tinggi bangsa dan negara. Peristiwa sumpah pemuda juga adalah peristiwa yang sangat penting dalam sejarah bangsa indonesia.
    Sumpah pemuda juga dapat mendorong semangat persatuan kebangsaan,dan mendorong semangat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Kita sebagai pemuda indonesia harus menjaga semangat persatuan bangsa indonesia. Sumpah pemuda juga membangkitkan nilai rasa nasionalisme.

    BalasHapus
  184. Nama:Bulan Februarini
    Kelas:X rpl2

    Kesimpulan:
    Sumpah Pemuda sebagai klimaks agenda dalam Kongres Pemuda II, 28-10-1928 dengan ikrarnya satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting yang historis-monumental dalam dinamika perjuangan bangsa menuju cita-cita persatuan Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama

    Pada perkembangan fase kebangkitan nasional, mulai berkembang berbagai organisasi pergerakan yang mengusung ideologi kemajuan dan kebangsaan bahkan juga politik untuk pembebasan rakyat dari penjajahan. Berbagai organisasi yang berkembang di era kebangkitan nasional baik yang bercorak keagamaan atau yang sekuler, bercorak kedaerahan ataupun yang bersifat nasional, yang kooperatif ataupun yang non-kooperatif, yang pemuda maupun yang wanita, tampaknya belum mampu menciptakan persatuan yang kokoh untuk sama-sama melawan penjajah. Mereka masih memikirkan bagaimana organisasinya berkembang. Hal ini menjadi pemikiran serius dari kalangan pemuda untuk mewujudkan gerakan persatuan dan kesatuan di antara berbagai organisasi

    BalasHapus
  185. Nama:Indra prawira
    Kelas:X rpl2

    Kesimpulan:
    Sumpah Pemuda sebagai klimaks agenda dalam Kongres Pemuda II, 28-10-1928 dengan ikrarnya satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting yang historis-monumental dalam dinamika perjuangan bangsa menuju cita-cita persatuan Indonesia. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama

    Pada perkembangan fase kebangkitan nasional, mulai berkembang berbagai organisasi pergerakan yang mengusung ideologi kemajuan dan kebangsaan bahkan juga politik untuk pembebasan rakyat dari penjajahan. Berbagai organisasi yang berkembang di era kebangkitan nasional baik yang bercorak keagamaan atau yang sekuler, bercorak kedaerahan ataupun yang bersifat nasional, yang kooperatif ataupun yang non-kooperatif, yang pemuda maupun yang wanita, tampaknya belum mampu menciptakan persatuan yang kokoh untuk sama-sama melawan penjajah. Mereka masih memikirkan bagaimana organisasinya berkembang. Hal ini menjadi pemikiran serius dari kalangan pemuda untuk mewujudkan gerakan persatuan dan kesatuan di antara berbagai organisasi

    BalasHapus
  186. Nama: Ayunisa abdita utami
    Kelas: X Rpl 2
    kesimpulan : sumpah pemuda bermakna untuk mempersatuakan segala pembedaann yang ada. Hal ini merupakan proses penguatan jati diri bangsa indonesia.
    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri indonesia adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.
    Sumpah Pemuda merupakan momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.
    PENGUATAN JATI DIRI KEINDONESIAAN
    1. Politik untuk Kesejahteraan dan Kejayaan
    2. Pemuda yang Berpolitik
    3. Nasionalisme yang Revolusioner
    4. Volksraad: Wahana Perjuangan

    BalasHapus
  187. Nama : Serly Aulia Rahma
    Kelas : X RPL 2
    Kesimpulan : Sarana komunikasi dan transportasi adalah hal penting yang menghubungkan para kaum terpelajar untuk membentuk suatu ideologi kebangsaan. Berkembangnya pers atau media cetak telah menggerakkan ide-ide kemajuan, sehingga lebih memacu berkembangnya ideologi dan pergerakan kebangsaan. Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan.

    BalasHapus
  188. Nama :HARIS TISWANSYAH
    Kelas :X RPL 2
    Kesimpulan:Sumpah Pemuda sangat besar pengaruhnya bagi bangsa Indonesia. Rasa persatuan dan kesatuan semakin tebal yang semakin meluas tidak hanya dikalangan pemuda saja tetapi juga dikalangan masyarakat luas. Sifat kedaerahan yang sebelumnya sangat kuat menjadi berganti dengan sifat Nasionalisme yang mengakar pada semangat persatuan untuk terwujudnya bangssa Indonesia yang merdeka dari belenggu penjajahan.
    Saran :Sebaiknya generasi penerus lebih bisa menyaring segala bentuk jajahan yang bisa merusak bangsa ini. Salah satu caranya yaitu apabila pemuda dan masyarakat luas merasa kurang dengan kinerja petinggi negeri ini maka ikutilah cara sejarah yang sudah tercetak ampuh. Dengan mengadakan kongres penolakan dan menunjukan kegiatan yang positif dari kongres tersebut. Atau dengan cara negosiasi secara mufakat agar bangsa ini tidak dikenal sebagai bangsa yang agresif.

    BalasHapus
  189. Nama:Muhammad Haikal
    Kelas: X RPL 2

    Sumpah pemuda dengan ikrarnya yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, merupakan peristiwa dan sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju cita-cita persatuan negara Indonesia. sumpah pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna.

    Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

    Dan kita sebagai kaum muda terpelajar mempunyai peranan yang cukup penting bagi kesadaran untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan berbangsa. Dalam catatan sejarah dapat diingat bagaimana peran para pemuda dan kaum terpelajar.

    BalasHapus
  190. Nama;M Haical Amir R
    KLS;X TKJ 1
    roklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan ole
    h Ir. Soekarno dan
    Drs. Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 me
    rupakan suatu bukti
    perwujudan dari tekad dan kehendak Bangsa Indonesia
    yang ingin terlepas dari
    belenggu penjajahan oleh pihak asing serta menandai
    lahirnya sebuah bangsa baru
    yang merdeka dan berdaulat. Pernyataan Proklamasi K
    emerdekaan tersebut disambut
    dengan penuh suka cita oleh seluruh lapisan masyara
    kat Indonesia tidak terkecuali
    masyarakat Cimahi.
    Negara Indonesia yang berbentuk Republik telah diak
    ui secara politik dan
    hukum internasional. Namun, Proklamasi Kemerdekaan
    bukanlah akhir dari
    perjuangan panjang yang dilakukan, dalam arti terbe
    bas dari segala bentuk
    penjajahan yang dilakukan bangsa asing, khususnya B
    elanda karena ingin kembali
    menancapkan kekuasaannya di Indonesia. Upaya Beland
    a tersebut dilakukan dengan
    memboncengi Tentara Sekutu yang ditugaskan untuk me
    lakukan pemulangan dan
    pemulihan Indonesia dari pihak Jepang.

    BalasHapus

Posting Komentar